#AskRuparupacom: Menata Dapur Minimalis

Tanya:

Malam Bung Glenn,
Perkenalkan saya Harjanto dari Semarang. Saya sedang merenovasi rumah, luas tanah hanya 100 meter, dan pertanyaan saya, bagaimana bisa membuat dapur yang kecil tapi fungsional dengan storage yang banyak? Karena kebetulan istri saya hobi memasak, tapi dapur memang hanya kecil saja.

Terima kasih.

Harjanto – Semarang

Jawab:

Hai Pak Harjanto?

Terkait dengan pertanyaan Bapak untuk membuat dapur minimalis menjadi lebih fungsional memang perlu perencanaan sistem penyimpanan yang baik. Terlebih jika Istri Anda memang hobi memasak dan tentunya membutuhkan cukup banyak ruang penyimpanan untuk peralatan memasak dan bumbu-bumbu masakan.


Maksimalkan ruang penyimpanan pada dapur minimalis dengan railing rack


Untuk menyediakan ruang penyimpanan yang cukup banyak, Anda dapat menggunakan internal storage yang dimasukkan ke dalam lemari dapur, sehingga lebih tertata rapi. Tambahkan juga rak dengan railing pada sisi dalam. Sistem railing akan lebih baik daripada hanya menggunakan ambalan, karena akan susah mengambil barang yang terletak di bagian dalam, dan tidak dapat memaksimalkan bagian atas rak.

Dengan adanya tambahan ambalan dengan railing, maka Anda dapat memaksimalkan volume pada laci tersebut. Anda dapat mempelajari sistem rak pada pantry counter, untuk memudahkan dan memastikan semua rongga pada lemari dan laci dapur Anda tepat guna dan berfungsi maksimal. Maksimalkan area vertikal pada dinding, seperti penempatan rak piring, gantungan, tempat penyimpanan pisau, dan lainnya. Jangan lupa ajak Istri Anda untuk berdiskusi terkait hal ini, agar pemasangan sistem rak dapat sesuai dengan kebutuhan.

magnet penyimpanan pisau
Penyimpanan pisau magnet di dinding agar lebih mudah dan aman

Meskipun memiliki ruang penyimpanan yang cukup, namun sebaiknya Anda juga memilih barang-barang yang sungguh dibutuhkan. Misalnya, jika jumlah penghuni rumah tidak terlalu banyak, maka Anda juga tidak perlu membeli kulkas berukuran besar. Atau untuk kompor, tidak perlu yang 4 tungku, tapi 2 tungku saja.

Estetika & Fungsi Dapur

Dari sisi estetika dan fungsi dapur, penggunaan kompor tanam jauh lebih baik dibandingkan kompor biasa. Dengan kompor tanam maka tampiran kompor akan lebih menyatu dan cantik. Namun tentunya jika ada kemungkinan untuk pindah-pindah rumah memang sedikit lebih sulit jika menggunakan kompor tanam. Selain kompor tanam, kompor induksi juga bisa dijadikan pilihan karena modelnya yang lebih ramping dan elegan.

Anda juga dapat mengurangi barang yang ada di dapur dengan mengganti air kemasan galon dengan filter air. Dengan filter air maka Anda tidak perlu lagi menambahkan dispenser, sehingga memberikan ruang lebih pada dapur Anda. Selain itu, Anda juga dapat menghemat pembelian air kemasan galon dalam jangka waktu panjang. Mungkin memerlukan ekstra budget saat pertama pemasangan, namun jika dihitung dalam jangka waktu panjang, menggunakan filter air tentunya akan lebih ekonomis.

Selain memaksimalkan ruang penyimpanan, pada dapur minimalis juga perlu beberapa sentuhan untuk memberikan ilusi ruangan agar tampak lebih besar.Β  Beberapa cara untuk memberi kesan rumah mungil agar tampak lebih luas pernah saya bahas dalam artikel sebelumnya, dan dapat Anda baca disini.

Demikian yang dapat saya tambahkan untuk mendesain dapur berukuran mungil. Semoga membantu.


Ask The Experts Glenn Hajadi

Glenn siap membantu Anda!

Glenn Hajadi, meraih gelar Master of Architecture di Barcelona Institute of Architecture di Barcelona, Spanyol dan Bachelors Degree di The Ohio State University di Columbus, Ohio, AS. Berpengalaman sebagai arsitek dan desain interior di Amerika, Cina dan Eropa. Di tahun 2009 ia mendirikan Highstreet Studio bersama dengan Rama Budhisurya. Hingga saat ini menjabat sebagai founder sekaligus Arsitek Prinsipal di Highstreet Studio.

Apakah Anda memiliki rencana untuk membangun rumah? Ingin melakukan make over rumah atau kantor Anda? Tanyakan kepada arsitek dan desain interior Glenn Hajadi.

Lihat Profil Glenn Kumpulan artikel Glenn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here