#AskRuparupacom: Menambahkan Breakout Room di Kantor

0
416
desain ruang kantor modern

#AskRuparupacom: Menambahkan Breakout Room di Kantor

Tanya:

Hai Glenn, saya ingin menambahkan breakout room pada salah satu sudut ruangan di kantor saya agar suasana lebih santai. Karena sebagian waktu kami habiskan di kantor, kantor sudah seperti rumah kedua. Bagaimana menambahkan breakout room, tanpa melakukan renovasi besar-besaran?
Radhitya – Jakarta

Jawab:

Hai Radhitya,

Memang banyak perkantoran modern yang mengganti konsep boardroom menjadi breakout room. Ruang meeting yang semula tertutup dengan meja dan kursi, berganti dengan ruang terbuka yang memungkinkan orang untuk berbaur dalam ruangan. Ruang meeting pada kantor modern lebih menyerupai living room, dengan sofa dan kursi-kursi santai.

Sebutan ‘breakout room’ memang digunakan untuk memberikan sugesti kepada karyawan bahwa mereka sedang bersantai dan beristirahat, padahal kenyataannya mereka sedang terbawa pada suasana ‘meeting’ yang lebih produktif. Di sinilah mer

jual bean bag
Tambahkan bean bag atau sofa santai

eka bebas bertukar pikiran, brainstorming, hingga akhirnya menghasilkan ide-ide yang unik dan menarik.

Bisa saja jika Anda ingin menambahkan breakout room tanpa melakukan renovasi besar-besaran. Anda bisa memanfaatkan area pantry yang sedikit diperluas dengan tambahan kursi, meja bar dan sofa. Daripada menggunakan meja makan berukuran besar, Anda dapat memanfaatkan beberapa meja setinggi 1 meter dengan kapasitas hingga 4 orang. Meja setinggi 1 meter akan lebih nyaman digunakan untuk berdiskusi dalam posisi berdiri maupun duduk santai.

Buat ruangan menjadi lebih nyaman dengan berbagai furnitur dan desain interior yang mendukung, seperti menambahkan aneka tanaman, artwork, serta dinding yang dicat dengan warna terang. Atau Anda juga dapat mengkombinasikan warna terang pada dinding dengan beberapa warna yang mengundang kreatifitas seperti kuning, hijau, merah atau tambahkan warna identitas perusahaan. Jangan lupa untuk menambahkan outlet listrik, untuk memenuhi kebutuhan kerja saat ini yang banyak menggunakan laptop dan handphone.

Untuk meningkatkan produktifitas, cobalah untuk memaksimalkan pencahayaan Alami. Jika memungkinkan, tambahkan jendela berukuran besar sehingga cahaya matahari dapat masuk ke dalan ruangan. Menurut penelitian, natural sunlight terbukti dapat meningkatkan energi dan memperbaiki mood seseorang. Di sisi lain, Anda juga dapat menghemat penggunaan listrik di kantor bukan?

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan beberapa permainan seperti dart board, meja pingpong, meja soccer, atau bean bags. Saat ini banyak kantor kantor didesain dengan konsep modern dan santai, terutama yang berhubungan dengan media digital. Konsep ini memang dimanfaatkan untuk mengaburkan jarak antara santai dan kerja, sehingga dapat lebih nyaman dan mampu menghasilkan ide-ide baru.

Demikian masukan dari saya, bagaimana apakah sudah siap melakukan perubahan di kantor Anda?


Ask The Experts Glenn Hajadi

Glenn siap membantu Anda!

Glenn Hajadi, meraih gelar Master of Architecture di Barcelona Institute of Architecture di Barcelona, Spanyol dan Bachelors Degree di The Ohio State University di Columbus, Ohio, AS. Berpengalaman sebagai arsitek dan desain interior di Amerika, Cina dan Eropa. Di tahun 2009 ia mendirikan Highstreet Studio bersama dengan Rama Budhisurya. Hingga saat ini menjabat sebagai founder sekaligus Arsitek Prinsipal di Highstreet Studio.

Apakah Anda memiliki rencana untuk membangun rumah? Ingin melakukan make over rumah atau kantor Anda? Tanyakan kepada arsitek dan desain interior Glenn Hajadi.

Lihat Profil Glenn Kumpulan artikel Glenn