Ditengah kesibukan yang semakin menyita waktu dan ketergantungan dengan peralatan elektronik seperti smartphone, laptop dan komputer, semakin banyak orang yang mengidamkan adanya ruangan yang nyaman dan bebas dari segala macam gangguan. Tak heran jika hal ini menjadi salah satu tren desain interior di 2017 ini. Orang-orang mulai merindukan ruang yang lebih personal tanpa gangguan gadget.

Beberapa orang menyebut ruangan ini serupa dengan kamar meditasi, namun sebagian lain mengatakan ini merupakan cozy nook atau ruang santai. Ruang yang digunakan untuk ‘lari’ dari laju kehidupan sehari-hari, untuk mengembalikan mood seseorang setelah seharian sibuk bekerja dan beraktifitas. Dengan berada dalam ruangan ini diharapkan akan mendapatkan ketenangan dan mengembalikan energi positif di dalam tubuh seseorang.

Bagaimana menciptakan cozy nook di dalam rumah Anda?

Menciptakan cozy nook di rumah sesungguhnya sangat mudah, Anda tidak memerlukan banyak furnitur baru atau merubah denah rumah. Cozy nook ini bisa berupa salah satu sudut rumah yang memang nyaman menurut Anda, bisa saja di ruang keluarga, balkon, taman, bahkan di dalam sudut kamar Anda. Furnitur dan dinding dengan warna lembut dan menenangkan akan sangat membantu menciptakan suasana nyaman bagi penggunanya. Sebuah sofa empuk dengan bantal yang lembut pun sudah cukup untuk menciptakan cozy nook Anda di rumah.

cozy nook di rumah
Tenda Mainan Anak

Jika memungkinkan untuk memiliki sebuah ruangan khusus, Anda dapat menata ruandesaan tersebut sesuai dengan keinginan Anda agar fungsi ‘lari dari rutinitas’ akan lebih maksimal. Tidak perlu banyak furnitur dalam ruangan tersebut, sebuah sofa atau daybed, karpet dengan bantal lembut sudah cukup untuk mengisi ruangan tersebut. Anda juga bisa menambahkan rak buku dengan aneka buku favorit Anda, sebuah CD player untuk memutar lagu, bahkan permainan sederhana seperti UNO atau monopoli. Anda juga bisa menambahkan tenda mainan anak agar si Kecil memiliki tempat nyaman untuk melakukan aktifitas. Hindarkan untuk meletakkan barang elektronik lain untuk memaksimalkan fungsi ruangan tersebut.

Apa fungsi Cozy Nook?

1. Momen untuk melepas gadget

Bagi Anda yang memiliki anak kecil, adanya cozy nook ini juga bisa dijadikan momen bagi Anda dan si Kecil untuk melepas gadget. Ajak si Kecil untuk membaca buku, selain untuk meningkatkan minat membaca, membaca bukti bersama Anda juga dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan bonding dengan si Kecil. Serta mengajarkan si Kecil untuk lebih disiplin, ada waktu untuk bermain gadget dan ada waktu untuk aktifitas bermain yang lebih aktif.

2. Mengakrabkan hubungan dalam keluarga

Dengan adanya cozy nook bagi seluruh keluarga, maka intensitas pertemuan antar anggota keluarga akan meningkat dan lebih berkualitas. Anda dapat menghabiskan waktu untuk bercerita, bermain bersama, bersenda gurau, tanpa terganggu dengan adanya gadget.

Konsep cozy nook ini sama seperti traveling untuk sekedar melepaskan diri dari kesibukan pekerjaan dan sekolah. Namun tentunya dengan biaya yang lebih murah dan waktu yang fleksibel. Dengan menikmati kesendirian beberapa saat, Anda akan merasakan sebuah energi baru yang mengalir dalam diri Anda. Lupakan semua urusan pekerjaan, nikmati saat santai dalam kesendirian atau bersama keluarga.

Sudahkah Anda memiliki cozy nook di rumah?


Ask The Experts Glenn Hajadi

Glenn siap membantu Anda!

Glenn Hajadi, meraih gelar Master of Architecture di Barcelona Institute of Architecture di Barcelona, Spanyol dan Bachelors Degree di The Ohio State University di Columbus, Ohio, AS. Berpengalaman sebagai arsitek dan desain interior di Amerika, Cina dan Eropa. Di tahun 2009 ia mendirikan Highstreet Studio bersama dengan Rama Budhisurya. Hingga saat ini menjabat sebagai founder sekaligus Arsitek Prinsipal di Highstreet Studio.

Apakah Anda memiliki rencana untuk membangun rumah? Ingin melakukan make over rumah atau kantor Anda? Tanyakan kepada arsitek dan desain interior Glenn Hajadi.

Lihat Profil Glenn Kumpulan artikel Glenn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here