#AskRuparupacom: Small Backyard Idea

Tanya:

Halo Pak Glenn,
Salam kenal, saya Ibnu, usia 28 tahun, baru menikah. Saya memiliki pertanyaan tentang taman belakang rumah, bagaimana mendesain taman belakang rumah agar dapat digunakan untuk bersantai mengingat ukurannya yang tidak terlalu besar.
Ibnu – Surabaya

Jawab:

Hai Pak Ibnu, pertama-tama saya ucapkan selamat ya atas pernikahannya, semoga bahagia selalu.

Untuk taman belakang rumah agar dapat digunakan untuk bersantai, sebaiknya memang harus didesain. Saat ini cukup banyak landscape designer, sehingga taman belakang Anda dapat lebih rapi dan terkonsep dengan baik.

Atau jika Anda memiliki passion berkebun, Anda dapat mendesain sendiri taman kecil Anda bersama istri. Saat ini banyak tersedia paket bibit tanaman bunga aneka jenis dan warna dalam satu kemasan. Paket bibit tanaman ini memudahkan Anda jika ingin mulai berkebun dengan praktis dan mudah.

Dalam email Anda, tidak disebutkan seberapa besar lahan yang Anda miliki. Jika memang terlalu sempit, Anda bisa menerapkan taman vertikal yang melekat pada dinding. Pilih tanaman bunga aneka warna, dan gantungkan pot bunga pada dinding, disusun rapi berjajar.

Selain menghemat area, taman vertikal ini juga memungkinkan Anda menggunakan perkerasan pada lantai. Perkerasan ini dapat berupa keramik, sehingga tampak lebih cantik. Dengan lantai keramik, maka perawatannya lebih mudah, tidak becek saat hujan, lebih nyaman dan mudah dibersihkan.

Untuk pemilihan furnitur, pilihlah furnitur yang didesain khusus untuk luar ruang, sehingga lebih tahan terhadap cuaca panas dan hujan. Jika ruangan memungkinkan, tambahakan meja dengan payung besar di tegahnya, untuk menghindari panas matahari langsung saat bersantai di siang hari.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pencahayaan yang cukup. Tambahkan pencahayaan yang cukup sehingga Anda dapat bersantai bersama keluarga dan sahabat di malam hari dengan lebih nyaman. Tambahkan lampu sorot yang mengarah ke deretan tanaman untuk menghasilkan efek romantis. Selain menghasilkan efek romantis, penerangan yang cukup juga dapat mengurangi kehadiran nyamuk di malam hari.

Demikian saran dari saya, semoga dapat menginspirasi dan menghasilkan taman belakang yang cantik dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga.


Ask The Experts Glenn Hajadi

Glenn siap membantu Anda!

Glenn Hajadi, meraih gelar Master of Architecture di Barcelona Institute of Architecture di Barcelona, Spanyol dan Bachelors Degree di The Ohio State University di Columbus, Ohio, AS. Berpengalaman sebagai arsitek dan desain interior di Amerika, Cina dan Eropa. Di tahun 2009 ia mendirikan Highstreet Studio bersama dengan Rama Budhisurya. Hingga saat ini menjabat sebagai founder sekaligus Arsitek Prinsipal di Highstreet Studio.

Apakah Anda memiliki rencana untuk membangun rumah? Ingin melakukan make over rumah atau kantor Anda? Tanyakan kepada arsitek dan desain interior Glenn Hajadi.

Lihat Profil Glenn Kumpulan artikel Glenn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here