8 Fakta Menarik Tentang Shih Tzu, Si Anjing Cantik

0
3114
anjing shih tzu
sumber: pixabay.com

Apakah Anda berencana untuk memelihara anjing? Bagaimana bila mencoba merawat Shih Tzu? Tapi, tunggu dulu. Sebelum memutuskan untuk merawat anjing, sebaiknya  Anda mengenal latar belakang dan karakteristik mereka terlebih dahulu.

Promo Furnifest

Dengan memahami secara mendalam tentang jenis anjing yang ingin Anda pelihara, maka akan membantu Anda lebih mudah saat merawatnya. Nah, artikel kali ini akan membantu Anda dalam mempertimbangkan buat merawat anjing Shih Tzu.

8 Fakta Shih Tzu Si Anjing Cantik

Tanpa berlama-lama lagi, ini dia 8 fakta menarik tentang Shih Tzu yang perlu Anda ketahui:

1. Singa Kecil dari Asia

anjing shih tzu
sumber: pixabay.com

Shih Tzu berasal dari Tibet, dan sedari dulu mereka terkenal dengan julukan singa kecil. Konon pada abad ke-13, kaisar Mongolia juga memelihara anjing Shih Tzu, yang digunakan sebagai penjaga singa agar tetap tenang. Singa kecil ini juga merupakan salah satu dari 14 ras anjing tertua di dunia, lho.

2. Senang Mengekori Sang Majikan

singa kecil
sumber: unsplash.com

Mereka merupakan anjing yang setia dan senang mengikuti sang majikan kemanapun ia pergi. Namun, mereka bukanlah tipe anjing yang aktif berlarian kesana kemari seperti anjing lainnya, yang memiliki banyak energi. 

Shih Tzu senang membuntuti sang majikan dari kamar satu ke kamar lainnya.Saking dekatnya dengan sang majikan, mereka mudah panik ketika ditinggal pergi terlalu lama.

Baca Juga:   15 Cara Menghilangkan Stres dengan Mudah

3. Sering Mengikuti Kompetisi

kompetisi anjing
sumber: pixabay.com

Bila Anda sering menonton kompetisi anjing atau berbagai hewan peliharaan lainnya, mungkin Anda sering menjumpai anjing Shih Tzu. Kecerdasannya membuat mereka mudah fokus ketika sedang berlatih. Tidak heran kalau mereka kerap ikut dalam berbagai kompetisi seperti ini. 

4. Perawatan Shih Tzu yang Mudah

small dog
sumber: unsplash.com

Bagi Anda yang ingin memelihara anjing, tapi memiliki rumah berukuran kecil, atau tinggal di apartemen, Anda bisa menjadikan Shih Tzu sebagai salah satu pilihan. Mereka mudah menyesuaikan diri baik pada tempat dengan ukuran kecil sekalipun.

Selain itu, mereka tidak terlalu aktif seperti anjing-anjing lainnya sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan para tetangga akan merasa terganggu dengan kehadiran mereka di rumah.

5. Ramah Pada Anak-Anak dan Hewan

anjing shih tzu
sumber: unsplash.com

Untuk Anda yang memiliki hewan peliharaan lain, Shih Tzu juga mudah bergaul dan bisa  bersikap ramah pada hewan lainnya. Selain itu, mereka juga mudah bergaul dengan anak-anak maupun orang asing yang baru mereka kenal.

Namun,  bila Anda memiliki anak yang masih terlalu kecil di rumah, maka Anda perlu lebih berhati-hati. Walaupun Shih Tzu ramah pada anak-anak, tetapi anak yang terlalu kecil rentan terhadap cedera yang tidak disengaja. Hal ini disebabkan  karena Shih Tzu paling senang menjadi pusat perhatian sehingga mereka mudah cemburu.

6. Rentan Terhadap Berbagai Masalah Kesehatan

anjing kecil
sumber: unsplash.com

Penyakit seperti alergi, panas, permasalahan gigi, hingga kelebihan berat badan menjadi masalah kesehatan yang sering dialami oleh Shih Tzu. Selain itu, Anda perlu memastikan mereka berada di tempat yang cukup sejuk ketika cuaca sedang terasa panas. Asupan makanan juga menjadi hal yang penting untuk menunjang kesehatan mereka.

Baca Juga:   12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Tidak Mudah Mati

7. Rentan Memakan Kotorannya Sendiri

dogi
sumber: pixabay.com

Ada beberapa jenis anjing yang kerap memakan kotorannya, bahkan memakan kotoran hewan lain. Salah satunya adalah Shih Tzu. Bagi Anda yang memiliki Shih Tzu atau baru merencanakannya, pastikan untuk selalu membersihkan kotoran mereka agar tidak termakan kembali oleh mereka. Selain itu, Anda juga bisa melatihnya agar mereka tidak memiliki kebiasaan seperti ini. 

8. Bulu Shih Tzu Berubah Saat Dewasa

shih tzu dewasa
sumber: pixabay.com

Anak anjing Shih Tzu memiliki bulu yang berbeda saat mereka telah dewasa. Bila usianya telah mencapai 10 hingga 12 bukan, perlahan-lahan bulu akan berubah menjadi lebih panjang, hingga menutupi telinga. Anda bisa melihat perbandingan yang signifikan, dan berikanlah usaha lebih untuk menyikat bulu ketika perubahan sedang terjadi.

Semoga setelah mengetahui fakta dan berbagai karakteristik yang dimiliki anjing Shih Tzu, Anda bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan untuk  merawat mereka dengan lebih baik.

Yuk, lengkapi berbagai kebutuhan untuk anjing kesayangan Anda, seperti aksesoris dan mainan anjing,  yang bisa Anda dapatkan di Ruparupa. Anda juga bisa menikmati berbagai potongan dan promo menarik untuk kategori produk lainnya. Berikut beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda beli untuk anjing peliharaan kesayangan: 

sisir anjing
Pawise Sisir Anjing – jaga kebersihan dan kehalusan rambut anjing kesayangan anda dengan sisir berkualitas yang tidak berbahaya untuk digunakan, dapatkan segera di Ruparupa.
Ferplast Shower Anjing 1.5 Mtr
Ferplast Shower Anjing 1.5 Mtr – mampu membersihkan kotoran pada tubuh anjing dengan lebih mudah, Anda bisa mendapatkannya di Ruparupa.
mainan anjing
Pawise Mainan Anjing Boneka Tali Bentuk Beruang & Kelinci – dapat menjadi sarana yang aman untuk Anda bermain dengan anjing kesayangan, dapatkan segera di Ruparupa.