7 Tips Memelihara Anjing Rottweiler

0
479
anjing rottweiler
sumber: pixabay.com

Berasal dari Jerman, Rottweiler memiliki daya pikat tersendiri yang sangatlah populer. Tidak hanya memiliki perawakan tubuh yang menawan,  anjing pintar nan kuat ini juga populer karena kerap membantu tim kepolisian dalam berbagai kasus penting di berbagai negara, lho.

Promo 12 12 Ruparupa

Meski banyak dipelihara oleh polisi, tetapi Rottweiler juga bisa dipelihara sebagai anjing keluarga. Mereka sebenarnya merupakan anjing yang cukup mudah untuk Anda pelihara walaupun memiliki ukuran yang besar. Namun, sebelum memeliharanya, pastikan Anda mengetahui berberapa cara ini untuk merawatnya dengan benar.

7 Tips Memelihara Anjing Rottweiler

Berikut berbagai tips yang harus Anda ketahui untuk memelihara anjing Rottweiler dengan benar:

1. Adopsi Rottweiler Saat Kecil

anjing rottweiler
sumber: unsplash.com

Merawat anjing ini sadari usianya masih dini merupakan hal yang direkomendasikan.  Tidak hanya lebih mudah dalam membangun kedekatan, Anda juga dapat mudah melatih mereka.

Selain itu, jika Anda memeliharanya sejak masih kecil, tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Anda bisa mengajaknya bermain dan menikmati momen mereka bertumbuh, seperti sedang membesarkan seorang anak.

2. Latih Mereka

anjing rottweiler
sumber: unsplash.com

Pastikan melatih Rottweiler agar mereka menjadi anjing yang baik. Mengingat mereka sangat pintar, energik, dan mudah dilatih, sebaiknya Anda melatih mereka dalam berbagai hal.

Dengan melatihnya, Anda bisa menjadikan mereka sebagai anjing pelindung keluarga yang waspada dan penyayang. Bila mereka kurang pelatihan, kasih sayang, serta kurang bersosialisasi dengan manusia dan hewan lainnya, Rottweiler bisa menjadi anjing yang cukup agresif pada orang yang tidak mereka kenali.

3. Ajak Berolahraga

jogging with dog
sumber: pixabay.com

Anjing ini dilahirkan dengan bentuk tubuh kekar berotot dan stamina yang kuat. Tidak hanya melatih kepintarannya, Anda juga perlu melatih fisik mereka. Berikan aktivitas fisik agar mereka bisa melepaskan rasa bosan dan mengeluarkan energi yang tersimpan selama ini. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah ajak untuk berolahraga bersama, seperti lari pagi atau jalan-jalan sore. 

4. Ajak Mereka Bersosialisasi

bersosialisasi
sumber: pixabay.com

Tidak hanya mengajaknya bersosialisasi dengan manusia, Anda juga perlu mendekatkan mereka dengan anjing lainnya. Dengan mengajaknya bersosialisasi, Anda mengajarkan mereka bagaimana cara bereaksi dan bersikap dengan lingkungan sekitar.

Ajak mereka bersosialisasi sedari dini, untuk mempermudah Anda dalam melatih mereka. Ketika mereka tidak terbiasa dengan dunia luar, mereka akan lebih mudah merasa cemas dan khawatir. Hal terburuknya adalah mereka bisa menjadi tidak terkendali dan agresif.

5. Perhatikan Asupan

dog
sumber: pixabay.com

Rottweiler cukup mudah mengalami kelebihan berat badan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan asupan mereka. Jangan memberikan camilan berlebihan. Bila mereka tidak mendapatkan makanan sehat atau terlalu banyak makan, mereka bisa menjadi lesu dan tidak bersemangat. Jadi, sering-seringlah mengajaknya melakukan kegiatan fisik.

6. Jaga Kebersihan Tubuhnya

rottweiler puppy
sumber: unsplash.com

Ternyata, kulit anjing Rottweiler juga mudah kering. Walaupun bertujuan untuk menjaga kebersihan tubuh mereka, tetapi jangan memandikannya terlalu sering karena bisa membuat kulitnya jadi kering sehingga mereka bisa mudah merasa gatal. Mandikan mereka dalam rentang dua hingga delapan minggu sekali, serta sesuaikan dengan aktivitas yang mereka lakukan.

7. Rajin Mengecek Kesehatannya

anjing rottweiler
sumber: unsplash.com

Lakukan pemeriksaan kesehatan anjing kesayangan Anda secara rutin selama enam bulan hingga satu tahun sekali.  Jangan lupa memberikan vaksin dan berbagai vitamin yang diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh mereka.

Anda juga perlu memperhatikan kesehatan mereka dengan teliti di rumah. Konsultasikan pada dokter bila terjadi perubahan yang mengkhawatirkan pada tubuh maupun perilakunya.

***

Baca Juga:   Earth Hour Indonesia 2017

Bagaimana, cukup mudah bukan? Yuk, lengkapi perawatan untuk anjing kesayangan Anda bersama Ruparupa. Beli berbagai kebutuhan dan aksesoris anjing berkualitas yang Anda perlukan. Jangan lewatkan juga berbagai promo yang bisa Anda nikmati sebelum kehabisan.

shampoo
Melanie Newman Salon Essential 500 Ml Shampoo Anjing Purify – berasal dari Australia, dengan pH seimbang mampu membersihkan kulit dan bulu hewan peliharaan kesayangan Anda tanpa efek samping. Shampoo ini diperkaya dengan Vitamin E, dan dapat membuat bulu menjadi lebih berkilau.
vitamin
Vitamin Anjing 10 Tablet Biotine B – Kandungan vitamin B dapat Anda gunakan untuk mengatasi bulu anjing peliharaan yang rontok, ketombe, bulu rusak, termasuk masalah pigmentasi dan masalah kulit lainnya seperti eksim pada tubuh peliharaan Anda.