Kenali 5 Ras Anjing Polisi Pemberani Dari Unit K-9 Ini

0
4982
anjing polisi
sumber: unsplash.com

Sejak abad pertengahan, ternyata anjing sudah digunakan untuk membantu pekerjaan para polisi, lho. Tidak hanya orang terpilih saja yang bisa menjadi polisi, hal ini juga berlaku untuk anjing polisi.

Hewan yang membantu polisi juga dipilih berdasarkan ras terbaik yang memang memiliki kemampuan lebih untuk melaksanakan tugas-tugas kepolisian. Soalnya, tidak semua anjing dapat melakukannya dan hanya ras tertentu yang bisa masuk ke dalam kategori anjing polisi.

Ruparupa Banner

Kemahiran melacak, membuntuti, dan mendeteksi harus ada pada mereka yang menjadi anjing polisi. Anjing polisi ini juga biasa terkenal dengan sebutan unit K-9, yaitu para anjing yang biasa bertugas dalam rentang waktu 6 hingga 9 tahun.

Anjing polisi bertugas membantu para polisi dan melindunginya, menangkap tersangka, memastikan keamanan pada area sensitif, serta menemukan narkotika hingga bahan peledak. Sebagian lainnya bertugas untuk melakukan pelacakan seperti pada lokasi orang hilang ataupun mendeteksi mayat.

5 Ras Anjing Polisi yang Populer

Berikut ini ras anjing yang paling banyak digunakan oleh kepolisian sebagai unit K-9:

1. Belgian Malinois

anjing polisi
sumber: dogtime.com

Dulunya, Belgian Malinois merupakan anjing penggembala,  yang kerap menggembalakan domba. Namun, mereka juga dijadikan sebagai anjing pelindung keluarga karena mampu melakukan pekerjaan berbeda. Sampai akhirnya, polisi mulai menggunakan mereka untuk melakukan tugas-tugas kepolisian.

Indera penciuman yang tajam, serta kecerdasan yang mereka miliki menjadi alasan mengapa kepolisian memilih mereka. Obat-obat terlarang, bom, hingga senjata tajam mampu terdeteksi oleh Belgian Malinois yang telah terlatih. Karena keahliannya dalam menjaga majikan, kepolisian juga banyak menggunakan mereka untuk menjaga para polisi yang sedang bertugas.

Baca Juga:   Blender Terbaik untuk MPASI

Mereka kerap bertugas di bandara untuk melacak bom dan narkotika menggunakan indera penciuman tajam yang mereka miliki. Mereka merupakan anjing yang sangat setia kepada sang pemilik sehingga  bisa melindungi para polisi dengan waspada.

2. German Shepherd Dogs

German Shepherd Dogs
sumber: unsplash.com

Mirip dengan Belgian Malinois, German Shepherd Dogs juga memiliki kecerdasan yang serupa. Mereka juga kuat, cepat berlatih, patuh, setia, dan mudah marah. Mereka mampu mengejar penjahat, mengendus narkotika dan bahan peledak, serta mengawasi sesuatu. Tidak hanya pada tempat umum seperti bandara, mereka juga kerap bertugas pada acara-acara tertentu untuk menjadi pengawas.

Stamina yang kuat membuatnya menjadi anjing polisi yang hebat dan cerdas. Sudah lebih dari seratus tahun mereka digunakan untuk membantu tugas kepolisian. Namun, sebelumnya mereka juga lebih banyak digunakan dalam dunia kemiliteran.

3.Bloodhounds

Bloodhounds
sumber: pixabay.com

Fokus dan energik, Bloodhounds kerap bertugas sebagai anjing pelacak dan penyelamat dalam kepolisian. Mereka senang bekerja dan tidak akan beristirahat sebelum mencapai akhir jejak. Bloodhounds mampu mengikuti jejak aroma hingga sejauh 130 mil.

Bulu Bloodhounds kerap berwarna hitam dan coklat, merah dan coklat, atau coklat pekat. Beberapa dari mereka memiliki bintik putih, dan sedikit warna putih pada bagian dada, kaki, juga ekor. Kerutan yang mereka miliki akan semakin banyak seiring bertambahnya usia.

Sayangnya, Bloodhounds lebih sering memiliki masalah kesehatan bila kita bandingkan anjing lainnya. Permasalahan pencernaan khususnya kembung, mata, telinga, dan kulit kerap mereka alami. Mereka mudah mengeluarkan liur, sehingga membutuhkan perawatan ekstra untuk membersihkannya.

4. Dutch Shepherd

anjing polisi
sumber: pixabay.com

Memiliki karakter yang sangat protektif, aktif, lincah, juga waspada membuat Dutch Shepherd pas menjadi anjing patroli. Mereka akan menggonggong ketika orang asing dirasa memasuki wilayah mereka. Tidak hanya bertugas sebagai anjing patroli, mereka juga kerap dilatih untuk mendeteksi narkotika dan bom, sama seperti anjing polisi lainnya.

Baca Juga:   11 Olahraga Ringan yang Dapat Dilakukan di Rumah

Biasanya, Dutch Shepherd memiliki rata-rata usia 11 hingga 14 tahun. Dibalik perawakannya yang menyeramkan, mereka ternyata ramah terhadap anak-anak serta senang bergaul dengan hewan lainnya. Ketika dalam ruangan mereka adalah anjing yang tenang, tetapi mereka senang berlarian saat berada di luar ruangan.

5. Labrador Retrievers

Dutch Shepherd
sumber: pixabay.com

Indera penciuman tajam, kemahiran untuk fokus saat bertugas, dan mengikuti perintah adalah keunggulan dari Labrador Retrievers. Mereka populer di Amerika, dan ramah dengan anak-anak. Namun, karena kecerdasan dan ketangguhan yang mereka miliki, membuatnya dapat bergabung dalam dunia kepolisian.

Kaki dan bahunya yang kekar membuat mereka mampu berlari cepat. Stamina kuat yang mereka miliki memungkinkan mereka untuk bekerja dan berlatih dalam waktu lama, mulai dari mengendus bom, narkotika, hingga mencari orang yang terkubur di bawah reruntuhan karena gempa maupun tragedi lainnya.

Mereka memiliki rentang usia 10 hingga 13 tahun. Ketika Labrador dan anjing polisi lainnya terluka atau mati karena menjalankan tugas, biasanya mereka akan diperlakukan selayaknya manusia hingga mendapatkan penghargaan.

Wah, keren banget ya anjing-anjing ini. Apa Anda tertarik memelihara salah satu dari kelima ras tadi? Tidak hanya dari rasnya, anjing juga bisa menjadi semakin pintar bila Anda rajin melatihnya dan memperhatikan asupan makanan mereka.

Yuk, berikan perawatan terbaik untuk anjing kesayangan Anda dengan berbagai makanan bernutrisi, mainan anjing untuk melatihnya, serta kandang yang nyaman. Anda bisa mendapatkan berbagai produk berkualitas tersebut dengan berbagai promo menarik di Ruparupa. Ini dia rekomendasi produk yang bisa Anda coba:

makanan anjing
Pedigree Makanan Anjing Dry Beef & Vegetable 3kg – Yuk, berikan makanan dengan kualitas terbaik untuk peliharaan kesayangan anda, dapatkan segera di Ruparupa.
mainan anjing
Pawise Mainan Anjing Bentuk Tulang Nylon Braided Ukuran S – berikan latihan stimulasi pada hewan peliharaan dengan mainan bentu tulang ini. Yuk, dapatkan di Ruparupa.
kandang anjing
Paws N Tail Kandang Pagar Hewan 63×125 Cm 8 Pcs – mudah dilipat dan berguna untuk di dalam maupun luar ruangan. Pagar pembatas tidak memiliki ujung runcing, sehingga aman untuk peliharaan. Segera dapatkan di Ruparupa.