10 Fakta Anjing Kintamani Asal Bali yang Diakui Dunia

0
401
Anjing kintamani asal Bali
Sumber : dogwallpapers.net

Anjing Kintamani merupakan ras anjing endemik yang berasal dari Indonesia. Tampilannya juga sangat gagah dan menawan layaknya anjing siberian husky dari luar negeri. Tak heran jika anjing ini menjadi salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang. 

Promo 12 12 Ruparupa

10 Fakta Anjing Kintamani

Biar tidak penasaran, simak saja 10 fakta menarik dari anjing kintamani kebanggaan Indonesia ini.

1. Asli dari Bali, Indonesia

Sesuai dengan namanya, ternyata anjing Kintamani ini berasal dari daerah Kintamani di Bali, Indonesia. Kintamani merupakan wilayah pegunungan yang dikelilingi hutan dan gunung vulkanik. Anjing ini tidak dapat ditemukan pada tempat lain yang jauh dari tempat asalnya, lho.

Makanan Anjing

2. Sudah diakui dunia

Anjing asal Indonesia satu ini ternyata juga sudah mendapat pengakuan dari dunia. Pada tanggal 20 Februari 2019, anjing kintamani resmi diakui sebagai anjing trah dunia dari Indonesia oleh Federation Cynologique Internationale (FCI). Anjing ini membutuhkan waktu kurang lebih 20 tahun untuk mendapatkan pengakuan tersebut dengan melibatkan banyak ahli.

3. Hidup di lingkungan sejuk

Anjing ini berasal dari wilayah pegunungan Kintamani sehingga tak heran bila mereka  dapat tahan dengan suhu yang dingin. Mereka juga memiliki bulu yang sangat tebal pada bagian ekor dan lehernya untuk membantu menghangatkan tubuh. 

4. Penjaga yang handal

Tahukah Anda kalau anjing ini dapat menjadi penjaga yang handal? Ya, mereka dapat menyerang anjing atau hewan lain yang masuk ke wilayahnya. Selain itu, mereka juga akan menggali tanah untuk menjadi tempat perlindungannya. Mereka termasuk anjing pemberani sehingga dapat melindungi pemiliknya jika dalam bahaya atau disakiti oleh orang asing.

5. Bulunya tidak mudah rontok

Anjing kintamani memiliki bulu yang tidak mudah rontok sehingga tidak sulit untuk merawatnya. Anda hanya perlu rutin memandikannya secara rutin agar bulunya tetap bersih. Selain itu, jangan lupa untuk sering menyisir bulunya agar tidak kusut.

anjing ras endemik indonesia
Sumber : hubpages.com

6. Sangat setia

Jika Anda ingin memiliki hewan peliharaan yang dapat menjadi sahabat, anjing ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Mereka adalah anjing yang sangat setia kepada pemiliknya. Anda hanya perlu sering-sering mengajaknya bermain. Jangan lupa untuk melatihnya agar mereka dapat menjadi sahabat yang baik.

7. Kintamani betina memiliki kebiasaan unik

Fakta menarik selanjutnya dari anjing ini adalah saat si betina sedang hamil, mereka akan menggali lubang yang cukup dalam. Lubang tersebut akan mereka gunakan sebagai tempat mereka melahirkan dan mengasuh bayi-bayinya. Anjing kintamani betina juga dapat melahirkan hingga 7 ekor anak anjing dalam satu waktu, loh, Ruppers.

black kintamani
Sumber : hubpages.com

8. Memiliki ciri fisik yang unik

Fisik dari jenis anjing ini tergolong unik dan cantik. Mereka memiliki tubuh yang panjang dengan punggung datar. Ekor anjing kintamani juga berdiri tegak membentuk sudut 45 derajat. Uniknya lagi, anjing ini memiliki hidung berwarna hitam atau coklat tua, yang dapat berubah selama pergantian musim atau pun bertambahnya usia.

9. Sangat berhati-hati dan tangkas

Anjing kintamani ternyata juga sangat berwaspada dan mudah menaruh curiga terhadap orang asing, loh. Mereka juga merupakan anjing yang tangkas dan cepat tanggap. Saat mereka curiga terhadap gerak-gerik orang asing, mereka akan segera menggonggong untuk memberikan sinyal. 

10. Dapat hidup hingga 20 tahun

Salah satu keistimewaan dari anjing kintamani adalah mereka mampu hidup lama hingga 20 tahun. Tidak heran bila banyak yang menjadikannya sebagai sahabat karena anjing ini bisa menemani Anda dalam waktu lama.

***

Baca Juga:   12 Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Anjing

Itu dia 10 fakta menarik dari anjing asal Bali ini. Ternyata, Indonesia juga memiliki anjing ras yang tidak kalah keren, ya, Ruppers! Apakah Anda ingin memelihara anjing kintamani ini? Klik di sini untuk menemukan berbagai kebutuhan perawatan anjing yang dapat Anda beli di Ruparupa.com.

Simak juga beberapa rekomendasi produk dari Ruparupa.com berikut ini.

Paws N Tail 2x120 Cm Tali Anjing Army Ukuran M
Paws N Tail 2×120 Cm Tali Anjing Army Ukuran M beli di Ruparupa.com.
Kamu dapat mengajak anjingmu berkeliling dengan tali ini tanpa membuatnya merasa tidak nyaman.

Beli di sini

Kandang Anjing 122x61x8 Cm
Kandang Anjing 122x61x8 Cm beli di Ruparupa.com.
Kandang anjing ini mampu menjaga anjing kamu tetap aman dan nyaman.

Beli di sini