15 Anjing Galak yang Harus Anda Waspadai

0
758
anjing galak
sumber: unsplash.com

Dibalik tubuh menawan para anjing dan kelucuan yang mereka miliki, ternyata ada berberapa ras anjing yang dikenal galak dan perlu Anda waspadai. Ya, memang tidak semua anjing aman dipelihara, terlebih bila Anda belum memiliki pengalaman yang cukup dalam merawat anjing. Yuk, simak artikel ini agar Anda bisa tetap waspada bila bertemu atau hendak memelihara salah satu dari mereka.

Promo 12 12 Ruparupa

15 Anjing Galak yang Harus Anda Waspadai

Berikut ini  beberapa ras anjing yang cukup galak dan wajib Anda waspadai.

1. American Pit Bulls Terrier

anjing galak
sumber: unsplash.com

Berasal dari Amerika, American Pit Bulls Terrier ternyata salah satu anjing paling berbahaya di dunia, bahkan banyak negara yang melarang pemeliharaan anjing ini.

Mereka cukup terbilang kuat, memiliki kepercayaan diri dan tingkat kecerdasan yang tinggi, dan sangat baik ketika bekerja. Namun, gigi taring yang mereka miliki telah membunuh 433 orang di Amerika  dalam kurun waktu 13 tahun, tepatnya dari 2005 hingga 2017. Inilah yang membuat anjing American Pit Bulls Terrier termasuk ras yang berbahaya. 

2. Rottweiler

Rottweiler
sumber: unsplash.com

Banyak yang menganggap Rottweiler tidak cocok menjadi anjing keluarga, terlebih bila Anda masih amatir dalam memelihara anjing. Mereka memiliki temperamen yang buruk sehingga sang pemilik harus memperhatikan dan mendidiknya dengan telaten.

Mereka cocok sebagai anjing penjaga, tetapi Anda harus melatihnya dengan baik. Bila Anda mengabaikannya, tidak melatihnya, dan membuatnya jadi kurang bersosialisasi, mereka bisa sangat berbahaya untuk didekati oleh manusia.

3. German Shepherd

anjing-galak
sumber: unsplash.com

Mereka dinyatakan sebagai anjing populer kedua di Amerika, dan kerap menjadi anjing polisi karena kecerdasan yang mereka miliki. Namun, mereka tergolong sebagai ras anjing yang berbahaya. Gigitannya yang kuat dapat menyebabkan kematian.

Namun, mereka tetap bisa menjadi anjing keluarga, bila Anda melatihnya sedari usia dini. Bila mereka belum terlatih dengan baik, mereka bisa menyerang orang asing yang masuk ke rumah. Kebanyakan kasus kematian oleh German Shepherd disebabkan karena mereka ingin melindungi sang majikan. 

4. American Bulldog

american bulldog
sumber: unsplash.com

Terbilang kuat dan kekar, mereka adalah anjing yang lincah dan sebenarnya ramah. Namun, kadang mereka cukup agresif terhadap anjing lainnya dan suka berkelahi. Selain itu, mereka termasuk anjing yang cukup sulit untuk dilatih.

5. Bullmastiff

bullmastiff
sumber: wetpawsdoggroor

Memiliki ukuran tubuh yang sangat besar dan berotot, Bullmastiff termasuk sebagai salah satu anjing galak di dunia. Bila mereka tidak memperoleh pelatihan dan perhatian yang baik dari sang majikan, Bullmastiff bisa menjadi anjing yang kasar dan berbahaya. Dalam kasus-kasus yang pernah terjadi, mereka kerap menyerang anak-anak dan membuatnya terluka parah.

6. Siberian Husky

siberian huskies
sumber: unsplash.com

Anjing dengan mata biru yang kerap dijuluki anjing serigala ini ternyata masuk ke dalam ras anjing yang cukup galak, lho. Karena mereka adalah anjing pekerja, maka mereka bukan tipe anjing yang suka bersosialisasi.

Bila sang pemilik memberikan perhatian dan pelatihan yang baik, mereka dapat menjadi anjing yang baik dan menyenangkan untuk dipelihara. Namun, bila mereka kurang bersosialisasi dan tidak diperhatikan, mereka akan menjadi anjing yang cukup galak dan berbahaya. 

7. Doberman Pinscher

doberman pinscher
sumber: unsplash.com

Selain cerdas, ternyataDoberman Pinscher adalah anjing sangat setia dan waspada sehingga mereka kerap menjadi anjing penjaga. Mereka juga terkenal dengan keagresifannya, terutama bila bertemu dengan orang asing.

Doberman Pinscher termasuk anjing berbahaya.  Karena ukuran tubuhnya yang besar, membuat mereka memiliki kekuatan yang cukup besar pula. Namun, dengan pelatihan yang tepat, mereka bisa menjadi anjing penjaga yang sangat baik.

8. The Saint Bernard

anjing galak
sumber: unsplash.com

Anjing satu ini berasal dari pegunungan Alpen Italia dan Swiss. Mereka menjadi salah satu anjing terkenal karena kerap menyelamatkan para pendaki yang terdampar di pegunungan salju. Mereka sebenarnya merupakan anjing yang ramah dan protektif, serta sangat memperhatikan teritorialnya.

Anda bisa mengajaknya untuk bersosialisasi dengan anjing dan manusia lainnya sejak usia dini. Dengan begitu, mereka tidak tumbuh sebagai anjing yang terlalu agresif. Karena tubuhnya cukup berat dan tenaganya yang besar, Anda perlu wasapada dengan berbagai perabotan di rumah karena mereka bisa menimbulkan kerusakan yang hebat.

9. The Great Dane

great dane
sumber: unsplash.com

Anjing Great Dane termasuk sebagai salah satu anjing tertinggi di dunia. Anjing satu ini terlahir sebagai anjing pemburu karena dulunya mereka kerap memburu rusa dan babi.

Bila tidak dilatih dengan baik, mereka menjadi sangat berbahaya untuk Anda dekati. Namun, bila mereka dilatih sejak kecil, mereka bisa menjadi anjing keluarga yang cukup hebat. Anjing ini termasuk anjing yang ramah dengan anak-anak, bahkan kerap kali bisa  ditunggangi karena tubuhnya yang besar.

10. Akita

akita
sumber: unsplash.com

Berasal dari pegunungan Jepang, Akita memiliki tubuh gagah yang kuat. Mereka sangat memperhatikan teritorial dan selalu canggung bila berada dekat dengan orang asing. Otot dan tubuhnya yang besar membuat mereka sangat berbahaya. Selain itu, gigitan Akita bisa menyebabkan cedera dan dapat menyebabkan kematian. Namun, mereka bisa menjadi anjing yang ramah, bila dilatih dengan baik.

11. Wolf Hybrid

anjing galak
sumber: unsplash.com

Anjing satu ini merupakan persilangan antara anjing dan serigala. Inilah yang membuat mereka memiliki nama Wolf Hybrid. Sifat genetik dari serigala membuat anjing ini cukup berbahaya dan perlu Anda waspadai.

Umumnya, mereka kerap menyerang manusia dan hewan-hewan kecil. Mereka bisa menyebabkan seseorang terluka parah, bahkan meninggal dunia hanya dengan gigitan yang berikan. 

12. Caucasian Ovcharka

Caucasian Ovcharka
sumber: unsplash.com

Mereka kerap bertugas sebagai anjing pelindung ternak karena keberanian yang mereka miliki. Bila mereka dilatih dengan baik, mereka bisa menjadi anjing yang sangat hebat. Namun, bila mereka dibiarkan begitu saja, Caucasian Ovcharka bisa menjadi sangat ganas dan tidak dapat dikendalikan.

13. Tosa Inu

anjing galak
sumber: wetpawsdoggroor

Tosa Inu merupakan anjing petarung sehingga mereka termasuk anjing yang cukup berbahaya. Saat ini, ras Tosa Inu cukup langka karena banyak negara yang melarang untuk memelihara anjing ini. Kabarnya, serangan dari anjing ini, yang kebanyakan korbannya adalah anak-anak, telah mencapai ribuan kasus sejak dua puluh tahun lalu.

14. Cocker Spaniel

cocker spaniel
sumber: unsplash.com

Sekilas anjing ini terlihat menggemaskan, mungkin Anda juga cukup kaget mengetahui mereka termasuk ke dalam daftar anjing galak. Sebenarnya, mereka bisa menjadi anjing keluarga yang menyenangkan, bila Anda melatihnya dengan baik. Namun, Cocker Spaniel merupakan ras anjing yang sangat emosional. Bila mereka tidak dilatih, mereka dapat melakukan penyerangan fatal pada manusai dengan mudah.

15. Labrador

anjing galak
sumber: unsplash.com

Sebenarnya Labrador merupakan anjing yang cukup baik dan santai. Biasanya, mereka menjadi anjing galak, bila tidak dilatih dan memperoleh perhatian yang benar dari majikannya. Mereka bisa melakukan serangan, terutama pada anak-anak, serta menimbulkan cedera yang serius pada manusia ketika tidak dilatih dengan baik. 

***

Baca Juga:   15 Manfaat Sarang Burung Walet bagi Tubuh

Perawatan yang tepat dan pelatihan yang diberikan dengan baik, dapat mencegah berbagai serangan buruk dari anjing ras galak ini. Jadi, jangan lupa berikan perhatian kepada anjing peliharaan Anda sehingga mereka bisa menjadi hewan yang menyenangkan dan dapat melindungi keluarga dengan baik.

Dapatkan berbagai produk berkualitas untuk anjing kesayangan Anda di Ruparupa. Jangan lewatkan berbagai promo menarik dari berbagai kategori produk yang bisa Anda peroleh. Berikut beberapa rekomendasi produk untuk perawatan anjing yang bisa Anda coba:

shampoo anjing
Vetocanis 300 Ml Sampo Anjing Bulu Panjang – jaga kebersihan dan kehalusan bulu anjing kesayangan Anda dengan shampoo dari Vetocanis.
makanan anjing
Snack Anjing Pra Smoky Bacon 70 Gr – terbuat dari daging ayam dan mampu meningkatkan kesehatan serta imunitas anjing kesayangan Anda.
kalung anjing
Paws N Tail Kalung Anjing Army Ukuran M – kalung anjing dapat Anda atur sesuai keinginan, serta dengan material berkualitas tidak akan menimbulkan iritasi.