6 Perlengkapan Wajib saat Mengajak Bayi Berenang

0
1345
Bayi Berenang

Melatih bayi berenang sejak usia dini memiliki banyak manfaat untuk anak dan Anda sebagai orangtua. Melatih keberanian, membantu pertumbuhan otot, mengasah kemandirian dan yang tak kalah penting adalah mempererat hubungan anak dan orangtua. Berenang juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh bayi asalkan dilakukan dengan perlengkapan yang memadai dan bayi dalam kondisi fit.

Berenang mampu merangsang perkembangan otot dan melatih fungsi jantung

Setelah melihat manfaat berenang bagi bayi, tentunya kita harus memastikan keamanan dan keselamatan saat bayi berenang. Untuk bayi usia 3 hingga 6 bulan, ada baiknya jika Anda mengajak si Kecil untuk berenang di rumah menggunakan kolam renang bayi dan air hangat, agar kebersihan air dan lingkungan lebih terjaga. Setelah bayi berusia diatas 6 bulan, Anda baru dapat mengajak si Kecil untuk berenang di kolam anak.

Barang apa saja yang wajib dibawa saat berenang bersama anak?

1. Baju Renang

kolam renang bayi
Kolam Renang Bayi

Cukup banyak pilihan baju renang yang tersedia di pasaran, namun jangan tergoda dengan modelnya yang unik. Pastikan kenyamanan si Kecil tetap menjadi yang utama. Perhatikan juga ukurannya, jangan terlalu sempit dan jangan terlalu longgar. Karena pertumbuhan anak usia dibawah 1 tahun cenderung sangat cepat, ada baiknya jika Anda tetap menyesuaikan ukuran pakaian renangnya dan disesuaikan dengan pertumbuhannya.

2. Pelampung

Meskipun Anda akan memegangi si Kecil saat berada di dalam kolam, namun keselamatan si Kecil tetap harus jadi urusan nomor 1. Kenakan pelampung anak disesuaikan dengan usia anak. Untuk bayi, kenakan pelampung pada leher anak. Untuk usia 6 bulan ke atas, kenakan pelampung dengan dudukan. Dan untuk usia 2 tahun ke atas, kenakan ban renang anak-anak atau pelampung di tangan.

3. Popok Antiair

pelampung leher anak
Pelampung Leher Bayi

Saat bayi berenang, kenakan popok khusus berenang pada bayi. Popok ini didesain khusus dengan material tahan air sehingga tetap kering dan tidak menggembung saat dikenakan di dalam air. Popok ini juga dapat menampung pipis dan pub si Kecil, sangat bermanfaat saat berenang di kolam renang umum. Pilih popok renang yang terbuat dari material berkualitas sehingga dapat dicuci dan digunakan berkali-kali.

4. Peralatan Mandi

Setelah berenang, bayi harus segera dimandikan. Jangan lupa untuk mencuci kepala dan rambut bayi, terutama saat Anda berenang di kolam umum, yang umumnya menambahkan beberapa bahan kimia untuk menjaga air tetap jernih dan tak berbau. Bilas tubuh bayi hingga bersih dan jangan lupa baluri tubuh anak dengan minyak telon agar lebih hangat.

5. Baju Ganti

Siapkan baju ganti lengkap untuk si Kecil. Sebaiknya kenakan celana panjang, baju lengan panjang dan kaos kaki pada si Kecil setelah berenang. Jangan sampai si Kecil merasa kedinginan setelah berenang. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan diapers cadangan.

6. Makanan Ringan

Popok renang bayi
Popok Renang Bayi

Seperti orang dewasa, bayi pun akan merasa lapar setelah berenang. Karena berenang menghabiskan cukup banyak energi untuk setiap gerakan di dalam air. Oleh sebab itu berikan camilan seusai bayi berenang. Anda bisa memberikan biskuit, puding, atau soup hangat untuk menetralisir suhu tubuh si Kecil.

Apakah Anda sudah memiliki seluruh kebutuhan untuk mengajak berenang si Kecil? Ruparupa.com menyediakan berbagai peralatan renang bagi anak. Lengkapi koleksi peralatan renang anak, dan jadikan waktu berenang Anda dan si Kecil lebih aman dan menyenangkan.

Selamat berenang!