Akhir tahun merupakan saat yang tepat untuk menghabiskan waktu berlibur bersama orang terkasih, seperti traveling. Banyak promosi yang ditawarkan jelan akhir tahun. Lalu, apakah Anda sudah merencanakan liburan akhir tahun ini? Kemana tujuan Anda? Sudah siap dengan segala keperluannya?


Sesuaikan barang bawaan Anda dengan tujuan dan kebutuhan selama traveling


Meskipun ada tipe traveller yang lebih senang melakukan perjalanan tanpa perencanaan detail dan memilih untuk melakukan eksplorasi saat telah tiba di tempat tujuan, namun ada baiknya jika Anda tetap mempersiapkan segala kebutuhan pokok selama perjalanan.

Nah, apa saja 8 barang yang wajib dibawa saat traveling?

1. Tas/ koper/ ransel

tas ransel lipat
Tas ransel lipat untuk eksplorasi tempat wisata

Tentukan tas model apa yang Anda butuhkan selama traveling. Jenis tas ini ditentukan dari tipe, tujuan dan berapa lama waktu perjalanan Anda. Jika Anda berencana untuk backpacker, lebih baik membawa tas ransel dengan ukuran yang disesuaikan. Atau jika Anda memilih untuk menggunakan koper atau tas jinjing, sesuaikan juga dengan banyaknya barang bawaan Anda. Jangan lupa untuk menyisipkan tas lipat untuk digunakan saat ekplorasi tempat wisata.

2. Pakaian

Kenali lokasi tujuan Anda, sesuaikan pakaian yang Anda bawa dengan cuaca disana. Pilih pakaian dengan model dan warna yang dapat di mix & match. Pakaian tidur biasanya dapat digunakan untuk beberapa malam. Untuk pakaian dalam, Anda dapat membeli pakaian dalam disposable untuk mengurangi barang bawaan. Jangan lupa untuk membawa jaket, sweater ataupun syal untuk mengantisipasi cuaca dingin, atau saat bepergian di malam hari. Ingat, jangan membawa pakaian terlalu banyak, yang pada akhirnya tidak sempat digunakan.

3. Keperluan pribadi

perlengkapan traveling
Set organizer agar barang pribadi Anda tetap rapi

Untuk meringankan barang bawaan Anda, Anda dapat memanfaatkan toiletries yang disediakan oleh beberapa hotel. Jika hotel yang Anda tuju tidak menyediakan toiletries, Anda dapat membawa sabun, shampoo dan lainnya dalam ukuran kecil dan ditempatkan pada satu tempat tahan air. Bawa kosmetik dan aksesoris sesuai dengan kebutuhan Anda,  simpan dalam kantong terpisah agar mudah diambil saat dibutuhkan. Untuk para wanita, jangan lupa untuk membawa pembalut wanita, untuk berjaga-jaga jika siklus Anda bergeser. Simpan semua keperluan pribadi dalam sebuah kantong terpisah agar lebih mudah dan praktis.

4. Obat-obatan

Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan pribadi, terlebih jika kamu memiliki penyakit khusus, seperti alergi atau asma. Selain itu lengkapi juga dengan obat antialergi, pereda nyeri, suplemen, P3K, serta minyak angin atau balsam. Meskipun Anda merasa sedang dalam kondisi fit, namun sebaiknya tetap membawa obat-obatan untuk berjaga-jaga.

5. Perangkat elektronik serta charger

power bank terbaik
Powerbank berkualitas dapat melakukan pengisian dengan cepat

Bawa perangkat elektronik yang memang Anda butuhkan selama perhalanan seperti handphone dan kamera untuk mengabadikan perjalanan Anda. Sertakan juga charger, earphone, power bank serta plug converter jika Anda bepergian ke luar negeri. Tidak perlu membawa laptop jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya, nikmati perjalanan Anda dan lupakan semua urusan pekerjaan. Jika memang dibutuhkan untuk mengecek pekerjaan atau hal lainnya, Anda dapat memaksimalkan fungsi smartphone.

6. Dokumen penting

Lengkapi dokumen Anda seperti KTP dan SIM, paspor dan visa jika dibutuhkan, tiket pesawat dan transportasi lain, serta bukti reservasi hotel. Jangan lupa juga untuk membawa salinan dokumen-dokumen tersebut dan simpan pada tempat terpisah. Pastikan Anda membawanya dengan aman, ada baiknya jika membawa tas kecil yang selalu melekat dengan Anda, untuk mempermudah pengawasan.

7. Persiapkan uang tunai, kartu ATM dan kartu kredit

dompet kartu kredit anti RFID
Dompet kartu kredit anti-RFID agar aman dari pencurian data

Bawa mata uang negara tujuan jika Anda bepergian ke luar negeri. Perhitungkan kebutuhan Anda selama perjalanan, pelajari biaya perjalanan di dalam kota, tiket masuk lokasi wisata dan lokasi lain yang ingin Anda kunjungi, dan biaya lain yang mungkin Anda butuhkan selama perjalanan. Jika Anda membawa kartu kredit, ada baiknya jika menyimpannya dalam dompet khusus anti-RFID untuk menghindari pencurian data selama perjalanan.

8. Barang lain-lain

Beberapa barang lain yang dapat Anda persiapkan diantaranya gembok kecil untuk mengunci koper dan tas, botol minum agar lebih hemat, GPS untuk melacak anak, kantong plastik untuk memisahkan pakaian kotor dan kebutuhan lainnya, buku catatan dan alat tulis untuk mencatat pengalaman seru Anda, tisu basah dan tisu kering, serta makanan ringan untuk selama perjalanan.

Jadi apakah sudah siap dengan semua barang-barang yang akan dibawa selama liburan?

Yuk cek lagi persiapan liburan Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here