4 Langkah Mudah Mencuci Sarung Bantal Tidur

0
251

Ruppers, apakah Anda masih ingat kapan terakhir kali mengganti sarung bantal? Meskipun tidak wajib untuk dicuci setiap hari, tetapi Anda harus rutin mencucinya, loh. Pakar kesehatan merekomendasikan untuk mencuci sarung bantal minimal seminggu sekali.

Promo 12 12 Ruparupa

Walau tak terlihat secara kasat mata, tetapi debu, minyak, kotoran, hingga tungau bisa berkembang biak bila sarung bantal tidak rutin dibersihkan. Tentunya, masalah kecil ini  dapat mengganggu kesehatan tubuh, seperti menimbulkan gatal-gatal dan sesak napas.

Cara Tepat Mencuci Sarung Bantal Tidur

Tidak hanya rutin mencuci sarung bantal. Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah teknik mencuci yang tepat. Jika dicuci secara asal-asalan, minyak dan kotoran akan tetap bersarang pada sarung bantal dan dapat meninggalkan noda yang membandel. Lantas, bagaimana cara mencuci sarung bantal yang tepat? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk melihat teknik mencuci dengan benar.

1. Kenali jenis bahan sarung bantal yang digunakan

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah memahami jenis sarung bantal yang Anda miliki terlebih dahulu. Apalagi, tidak semua bahan dapat dicuci ke dalam mesin cuci otomatis. Misalnya, kain beludru atau dikenal juga dengan kain velvet, yang terbuat dari material campuran katun dan bahan sintetis ini. Anda perlu mencucinya dengan tangan untuk menjaga tampilan estetikanya dan tahan lama.

Baca Juga:   Efektivitas Vaksin Sinovac Menurut WHO, Kemenkes & Para Ilmuwan

Sedangkan, untuk kain berbahan katun, sutra, dan bambu dapat dibersihkan dengan aman memakai mesin cuci. Namun, pastikan Anda melakukan pemisahan warna sarung bantal untuk mencegah terjadinya luntur.

Beli Di sini

 

2. Rendam selama 5 menit

Rendam sarung bantal dengan campuran air hangat dan deterjen selama lima menit. Tujuannya adalah untuk mengangkat kotoran dan menghambat pertumbuhan bakteri selama proses pencucian. Pastikan Anda merendam seluruh permukaan hingga terkena air dan deterjen.

Jika Anda menggunakan sarung bantal berwarna putih, maka Anda dapat menambahkan deterjen pemutih di dalamnya. Kemudian, bilas kain hingga bersih sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci.

3. Masukkan ke dalam mesin cuci

Setelah direndam, Anda dapat dengan segera memasukkan sarung ke dalam mesin cuci. Jika Anda berencana mencuci dalam skala besar, maka sebaiknya lakukan secara bertahap agar sarung bantal dapat dibilas sempurna di dalam mesin.

Baca Juga:   Batas Kadar Gula Wanita dan Gejala yang Perlu Diawasi

Ulangi proses pembilasan selama 2 kali hingga seluruh bagian terkena detergen. Jika sudah, Anda dapat menggunakan air bersih untuk membilas sisa detergen.

Beli disini

4. Tahap pengeringan

Ada dua metode pengeringan yang dapat Anda coba. Pertama, cara manual dengan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Sedangkan, metode lainnya adalah dengan menggunakan fitur pengering pada mesin cuci. Kedua metode ini dapat disesuaikan dengan jenis kain sarung bantal Anda.

***

Ternyata, seluruh proses pencucian ini bisa Anda lakukan dengan mudah dan tak memakan waktu yang lama, bukan? Jadi, jangan lagi malas-malasan mencuci sarung bantal kesayangan Anda. Dengan begitu, bantal akan tetap bersih dan wangi sehingga dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Meski begitu, tidak peduli serutin apa Anda membersihkan sarung bantal, pastikan untuk  mengganti sarung bantal yang baru setiap tahunnya. Jadinya, sarung bantal tetap terbebas dari berbagai bakteri.

Nah, jika Anda sedang mencari inspirasi produk bertema warm and cozy untuk menghiasi rumah Anda, yuk, langsung klik di sini. Selamat belanja!