13 Ide Desain Rumah Tropis Modern

0
7324
rumah tropis

Memiliki rumah layaknya seperti di Bali mungkin menjadi impian bagi setiap orang. Cara yang paling baik adalah tentu dengan membuat model rumah tropis modern. Dalam membangun rumah, kita perlu mempertimbangkan beberapa faktor, salah satunya adalah iklim. Sebelum membahas lebih dalam mengenai rumah bernuansa tropis modern, yuk kita liat dulu pengertiannya!

Rumah Tropis Modern

Rumah desain modern tropis adalah gaya arsitektur yang mampu bertahan dengan iklim dan cuaca tropis. Setiap komponen bangunan dirancang sedemikian rupa agar cahaya dapat masuk dan keluar dengan leluasa.

Berhubung iklim di Indonesia adalah tropis, maka pas sekali jika kita merancang rumah dengan desain modern tropis. Yuk simak beberapa ide desain rumah tropis dibawah ini!

Plafon Tinggi

Rumah dengan plafon yang tinggi dapat memperbaiki sistem sirkulasi udara sehingga rumah terasa lebih sejuk dan nyaman.

Selain plafon, rumah dapat didesain dengan void, plafon yang menembus hingga lantai dua. Void dapat memperlancar aliran udara dan membuat ruangan terkesan lega.

rumah plafon tinggi
sumber: travelweekly.com.au

Rumah Tropis Modern dengan Konsep Kayu

Bahan kayu adalah bahan yang efektif untuk meredam dingin. Kita dapat menghemat energi karena tidak perlu menggunakan pendingin ruangan terlalu sering. 

Terlebih lagi, kayu mudah diukir sehingga dapat memberikan kesan artistik dan unik ke rumah.

rumah konsep kayu
sumber: pexels

Taman Rumah Tropis Modern

Keterbatasan lahan seringkali membuat kita lupa untuk menyediakan space khusus untuk taman. Padahal cuaca panas dan kelembaban yang tinggi bisa kita siasati dengan taman tropis. Selain mempercantik ruangan, tanaman dapat membuat rumah terkesan lebih sejuk meskipun di tengah kota.

taman rumah tropis modern
sumber: geograph.org.uk

Pintu dan Jendela Kaca yang Besar

Pintu dan jendela berbahan kaca membuat ruangan terasa lebih terang dan cerah. Sinar matahari yang dapat masuk ke ruangan dengan bebas dan sirkulasi udara juga lebih baik. Selain itu pintu dan jendela kaca membuat rumah terkesan lebih stylish dan modern.

pintu dan jendela kaca besar
sumber: pexels.com

Tanaman Merambat

Tanaman merambat bisa berfungsi untuk menghalangi panas matahari. Selain mempercantik rumah, tanaman merambat bermanfaat untuk memberikan oksigen bagi kita. Selain itu, tanaman merambat bisa menjadi sumber oksigen bagi rumah yang memiliki kolam ikan.

tanaman merambat
sumber: pexels.com

Kolam Renang

Rumah tropis tidak lengkap jika tidak ada kolam renang. Hal ini wajib kalian miliki terlebih lagi jika kalian hobi berenang. Selain untuk olahraga, kalian bisa refreshing tanpa perlu keluar rumah.

Baca Juga:   12 Inspirasi Rumah Kayu Minimalis yang Unik dan Estetik

Melengkapi kolam renang dengan tanaman-tanaman hijau agar mempercantik pemandangan rumah.

kolam renang
sumber: pexels.com

Kolam Ikan

Suara gemericik air yang dihasilkan kolam ikan dapat memberikan kesan sejuk dan fresh ke area rumah. Kolam ikan juga cocok untuk kalian yang stress akibat tugas atau pekerjaan. Melihat gerak gerik ikan bisa mengangkat rasa penat yang kalian rasakan.

kolam ikan
sumber: flickr.com

Cat Warna-Warna Netral pada Rumah Tropis Modern

Warna-warna netral cocok untuk kalian yang ingin melepas stress. Warna-warna netral dapat membuat pikiran kita menjadi tenang dan tenteram. Memadukan warna netral dengan tanaman-tanaman hijau akan menjadi kombinasi yang pas dan menambahkan nilai estetika rumah.

cat warna netral
sumber: pexels.com

Less is More

Dekorasi kamar tropis cenderung minim. Sisakan space di setiap ruangan agar tidak sesak. Pilih warna perabotan-perabotan yang selaras dengan ruangan sehingga menampilkan kesan yang elegan.

dekorasi rumah tropis modern
sumber: pexels.com

Tempat Tidur Gantung (Hammock)

Selain ranjang, hammock dapat menjadi alternatif bagi kita untuk istirahat. Hammock dapat memberikan kesan yang unik dan berbeda pada ruangan. Ayunan hammock juga membuat kita untuk rileks sehingga mempermudah kita untuk tidur.

tempat tidur gantung
sumber: pexels.com

Sentuhan Alami Pada Dekor Rumah Tropis Modern

Tanaman dapat memberikan sentuhan alami pada ruangan, namun perabotan rumah lain juga dapat memberikan efek alami. Kita dapat menghias rumah dengan menggunakan lantai kayu, kursi rotan, dan meja kayu.

dekor rumah tropis modern
sumber: pexels.com

Rumah Tropis Modern dengan Konsep Terbuka

Pada umumnya, rumah tropis modern memiliki ruangan-ruangan yang luas sehingga sirkulasi ruangan lancar dan sejuk. Ruangan yang lebih luas juga memberikan kesan yang elegan ke rumah.

Baca Juga:   Inspirasi Rumah Idaman yang Dijamin Tidak Membosankan
rumah tropis modern konsep terbuka
sumber: pexels.com

Rumah Memiliki Atap yang Miring

Pada umumnya, rumah tropis memiliki atap dengan kemiringan 30 derajat. Daerah iklim tropis memiliki curah hujan yang tinggi. Atap miring memiliki fungsi agar air hujan tidak tergenang di bagian atas rumah dan mengalir langsung ke tanah.

Atap miring rumah tropis
sumber: pexels.com

Itulah 13 ide desain rumah tropis modern yang bisa kalian tiru. Yuk desain rumah tropis impian kalian!

Kalian bisa mulai dari berbelanja perabotan yang dapat mendukung suasana tropis seperti tanaman artifisal dan kursi rotan. Ini beberapa rekomendasi produk yang bisa kalian beli:

Tanaman Artifisial

tanaman artifisial hijau
Tanaman Artifisial

Kalian bisa taruh tanaman di sudut ruangan rumah, seperti di ruang tamu ataupun di dapur. Tanaman dapat memperindah ruangan dan memberi kesan segar pada mata.

Kursi Teras Rotan

kursi teras rotan
Kursi Teras Rotan

Tidak hanya outdoor, kursi teras rotan juga cocok untuk kalian gunakan di dalam ruangan. Warna cokelat pada kursi memberikan efek natural sehingga cocok untuk rumah bernuansa tropis.

Meja Cokelat

Meja Cokelat Walnut

Mempunyai meja lapis kayu memberikan kesan yang simple dan minimalis. Kalian bisa memadukan warna kayu dengan apapun sehingga kalian mudah untuk menciptakan ruangan yang harmonis.

Tunggu apalagi? Dapatkan segera produk-produk tersebut di Ruparupa.com dan kalian menjadi selangkah lebih dekat menuju rumah impian kalian!