12 Tanaman Rambat Hias yang Cantik Untuk Dekorasi

0
880

Tanaman rambat hias merupakan dekorasi yang cocok untuk hunian. Pasalnya tidak memakan banyak tempat dan pola pertumbuhannya yang dimiliki tanaman jenis ini dapat meningkatkan penampilan hunian.

Untuk menanamnya Rupppers bisa menggunakan pergola atau menambahkannya pada dinding atau pagar rumah. Di dunia tumbuhan sendiri terdapat banyak jenis tanaman merambat yang sangat baik untuk dipertimbangkan

12 Tanaman Rambat Hias

Berikut ini kami akan memberitahu list jenis tanaman hias merambat yang mungkin saja menarik hati kamu. Namun untuk menerima yang terbaik dan bermanfaat tentunya bergantung pada tempat tinggal yang dimiliki

Bittersweet

Tanaman Rambat Hias Bittersweet
Source: Pixabay

Jenis tanaman rambat dengan daun meranggas yang satu ini dapat tumbuh dengan cepat merupakan pilihan yang menarik. Memiliki nama lain Celastrus scandens yang bisa mencapai tinggi hingga 2m dan warna hijau kehitaman hingga keunguan yang cantik. Selain itu umumnya memiliki bunga Mei hingga November,  cocok untuk bagi mereka yang memiliki banyak area tanam.

Boston Ivy

Tanaman Rambat Hias ivy boston
Source: Pixabay

Tanaman merambat yang satu ini memiliki nama lain Parthenocissus tricuspidata, dan mampu memberikan keteduhan. Memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, sehingga perlu dipangkas dalam waktu yang singkat untuk menghindari kerusakan tempat rambatan. Sehingga disarankan untuk memangkas daun-daunan beberapa minggu sekali untuk membuatnya tetap rapi dan tersusun cantik.

Bougainvillea

Tanaman rambat hias Bougainvillea
Source: Pixabay

Tanaman rambat hias yang datang dari Amerika Selatan, dan telah menyebar ke daerah lainnya salah satunya Indonesia. Menjadi tanaman yang bisa mencapai 40 kaki yang dapat tumbuh baik pada zona iklim hangat atau cukup mendapatkan sinar matahari. Memiliki varian warna bunga yang cantik yaitu berwarna ungu muda, oranye, putih, dan merah muda . Dapat dikatakan Bougainvillea spectabilis merupakan tanaman modifikasi yang disebut bracts.

Morning Glory

Tanaman hias morning glory
Source: Pixabay

Masuk dalam famili  “Convolvulaceae” dengan nama latin “Ipomoea. dan memiliki varian warna yang lebih dari 1000 spesies, wow! Pertama kali dikenal pada negara China, dimana bijinya dapat digunakan untuk mengobati diare, dan barulah setelah pada abad ke-9 merambah ke negara Jepang berubah menjadi sebagai hiasan. Salah satu tanaman yang memiliki aroma harum yang khas, dan siap menyambut pagi pemiliknya dengan keceriaan dengan warna warna yang indah.

Lee Kwan Yew

tanaman hias rambat lee kwn yew
Source: FaunadanFlora

Dikenal sebagai tanaman lee yang tumbuh secara vertikal dan populer karena menghemat ruang. Berasal dari Burma serta nama yang datang dari nama mantan Perdana Menteri Singapura, yang berhasil menyelenggarakan sebuah proyek pembangunan ramah lingkungan bernama Garden City pada 1967. Memiliki bunga berwarna putih, dan cocok digunakan sebagai dekorasi eksterior. Selain itu dapat digunakan juga sebagai pelindung dari sinar matahari secara langsung.

Air Mata Pengantin

Tanaman hias air mata pengantin
Source: Gardening.id

Tanaman rambat hias yang berikutnya datang dari daerh Meksiko, dan sudah menyebar ke banyak daerah seperti indonesia. Sangat populer karena bentuk daunnya yang untuk berbentuk seperti hati dan segitiga. Memiliki dimensi panjang 2,5 sampai 7,5 cm, serta memiliki warna yang cantik yaitu putih dan merah muda. Cocok diletakan pada pekarangan karena keindahannya.

Flame Of Irian

Flame of Irian
Source: Viva

Tanaman cantik yang datang dari tanah air kita, memiliki nama latin Mucuna Bennetti. Hadir dengan warna merah yang menawan dan memiliki bentuk bunga yang unik dan mengerucut pada ujungnya seperti kuku macan. Mempunyai banyak julukan seperti “Scarlet jade vine” atau “Red red jade vine” atau “New guinea creeper” hingga kuku macan.

Alamanda

Alamanda
Source: Pinterest

Memiliki nama latin Allamanda cathartica, atau sering disebut sebagai bunga terompet emas, buttercup atau bunga lonceng kuning. Sering digunakan sebagai tanaman hiasan karena bentuknya yang menawan. Awalnya tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan selatan hingga Brasil. Memiliki warna yang cantik juga menjadi alasan mengapa jenis ini disukai banyak orang.

Virginia Creeper

Parthenocissus quinquefolia
Source: Pinterest

Memiliki nama latin Parthenocissus quinquefolia atau dikenal sebagai tanaman kayu. Berasal dari Amerika Utara dan mempunyai pertumbuhan yang cepat. Untuk membuatnya tetap rapi dan menjadi dekorasi yang maksimal, pastikan untuk memangkasnya secara teratur

Arum Dalu

Arum Dalu
Source: Greeners.co

Jenis tanaman hias yang sering dijadikan dekorasi, pasalnya memiliki bunga yang cantik dan aroma yang sedap saat malam hari. Itulah mengapa disebut juga sebagai bunga sedap malam. Selain cantik tanaman rambat hias ini memiliki khasiat larvasida yaitu dapat digunakan untuk membunuh larva nyamuk. Dapat mencapai ketinggian hingga 4 meter, serta memiliki daun lanset 6-20 cm dan lebar 2–4.5 sentimeter. Daunnya sendiri berwarna gelap, dan mengkilap

Terulak

Terulak
Source: Pixabay

Memiliki nama latin Ipomoea alba , yang dimana memiliki bunga cantik berwarna putih saat malam hari dan memberikan aroma harum yang menyegarkan. Sebagian orang menyebutnya sebagai bunga terulak. Berasal dari Amerika dan cocok untuk tanaman pagar. Umumnya menghasilkan biji-bijian, dan jauh lebih subur jika tidak terkena matahari secara langsung.

Star Jasmine

Star Jasmine
Source: Pixabay

Tumbuhan yang sangat cantik, dan cocok diletakan pada daerah area dekat pintu. Dimana penghuni rumah dapat merasakan aroma harum yang semerbak. Memiliki daun yang mengkilap, akan tetapi akan berubah di saat-saat tertentu. Hadir dengan bentuk yang cantik, dan bunga berwarna putih. Namun sayangnya masih jarang ditemukan di Indonesia.

Itulah 12 tanaman rambat hias yang dapat digunakan untuk dekorasi hunian Ruppers. Nah, untuk melengkapi hobi berkebun kamu, jangan lupa untuk mempercayakannya pada Ruparupa yang merupakan platform belanja online yang menjual produk-produk berkualitas.

Untuk Melengkapi Ruppers saat bertanam pastikan untuk memiliki peralatan yang berkualitas seperti Rak Tanaman,Tanaman & Rumput, Aksesoris Taman serta perlengkapan lainnya seperti Peralatan & Kebutuhan Taman.

Jangan lewatkan juga beragam penawaran menarik seperti potongan harga, cashback, potongan hingga metode pembayaran yang beragam seperti dompet digital, maupun cicilan melalui bank dari 3,6,hingga 12 bulan. Semua pembayaran ini bisa disesuaikan dengan keinginan kamu.