Tips Membeli Rumah Pertama untuk Milenial. Harus Cermat agar Bisa Beli Isinya Juga!

0
2257
tips membeli rumah pertama

Membeli rumah pertama merupakan salah satu komitmen besar dalam kehidupan. Banyak yang berpendapat bahwa prosesnya cukup menakutkan. Namun, jika perencanaannya matang dan strategis, semua prosesnya bisa berjalan dengan lancar. Sambil mempersiapkannya, pelajari tipsnya juga, yuk!

Ada cukup banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli hunian impian, terlebih bila itu pertama kalinya. Sebut saja dana, cara beli rumah, desain hunian, lokasi, hingga perabot untuk mengisinya.

Ruparupa Banner

Jika dipikirkan dan dilakukan sekaligus, tentu akan rumit. Maka itu, lakukan dengan perlahan serta bertahap, ya. Simak dulu tipsnya dari ruparupa dan Rumah123 berikut ini.

Tahapan dan Tips Membeli Rumah Pertama dengan Cermat

1. Mencari Rumah Idaman yang Sesuai Kebutuhan

Kehadiran platform jual beli properti seperti rumah123.com dan sosial media, kian mempermudah masyarakat yang ingin membeli rumah.

Kamu bisa mendapatkan beragam pilihan hunian sesuai dengan kriteria yang diinginkan baik dari lokasi, rentang harga, desain rumah, status tanah, bahkan sampai jumlah ruangan. 

Perlu diingat, dalam proses ini, jangan hanya mengedepankan keinginan di atas kebutuhan bila budget terbatas. Kamu harus memasukkan harga rumah sebagai faktor penentu. Semakin lengkap kriteria dan fasilitasnya, tentu harganya pun akan semakin mahal. 

Pada tahap ini, kamu benar-benar harus mengedepankan rasionalitas dan bijak dalam memilih. Jangan sampai memilih rumah yang di luar kemampuanmu. Bila memaksakan diri, bisa saja terjadi gagal bayar sehingga rumah tersebut akan disita oleh bank.

Baca Juga:   Tips Memilih Kanopi Minimalis Untuk Hunian Anda

2. Menentukan Cara Bayar

Setelah mendapatkan beberapa kandidat rumah yang sesuai dengan budget dan kebutuhan, kamu perlu menentukan cara pembayaran. Ada beberapa pilihan pembayaran yang umum dipilih dalam jual beli rumah yaitu, tunai, tunai bertahap, dan kredit. 

Cara pembayaran kredit dengan KPR disebut-sebut paling banyak dipilih sebagai opsi pembiayaan untuk membeli rumah pertama, lho.

Pasalnya, pihak penyedia KPR umumnya memberikan jangka waktu mencicil yang cukup panjang sehingga proses pembayaran bisa terasa lebih ringan.

membeli rumah pertama
Sumber: istock

Untuk mengetahui KPR yang paling sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa melakukan simulasi pembiayaan dengan menggunakan acuan suku bunga dari bank. Beda bank, beda pula suku bunga dan proses yang ditawarkan. 

Coba melakukan simulasi hingga cari KPR di Rumah123.com dari berbagai bank, baik konvensional maupun syariah. Di halaman tersebut, kamu bisa mendapatkan bank terbaik yang memberikan jangka waktu KPR sesuai kebutuhan. Pengajuannya pun mudah dan cepat. 

Di sisi lain, apabila tabunganmu sudah banyak untuk membeli sejumlah harga rumah, cara pembayaran tunai atau tunai bertahap bisa dijadikan pilihan.

Pasalnya, jika kamu membeli rumah secara tunai, harga rumah yang dibayarkan tidak akan melambung tinggi akibat bunga cicilan.

Baca Juga:   10 Trik Bangun Interior Minimalis untuk Hunian Impian Anda

3. Mempelajari dan Menentukan Kemampuan Bayar

Apabila membeli rumah pertama dengan KPR menjadi pilihan, pastikan kamu sudah memiliki ancang-ancang dalam menyiapkan beberapa pos dana.

Adapun biaya yang harus disiapkan di awal antara lain ialah uang muka rumah (mencapai 20 persen dari harga rumah), biaya administrasi KPR, biaya notaris hingga pajak pembelian. 

Selebihnya, kamu perlu mengetahui kemampuan mencicilmu baik di masa cicilan bunga fixed dan setelah masuk ke masa floating. Cicilan di masa bunga fixed akan lebih kecil dibandingkan masa floating. Pastikan bahwa nominal cicilanmu tidak lebih dari 40 persen gaji, ya!

4. Membuat Anggaran Dana untuk Kebutuhan Lain

membeli rumah pertama
Sumber: istock

Setelah mengetahui kemampuan bayar, siapkan juga anggaran dana untuk kebutuhan rumah lainnya, ya. Enggak mungkin dong kamu tinggal di rumah pertama yang kosong melompong tanpa perabot?

Bila danamu belum cukup, lebih baik prioritaskan dulu barang-barang yang akan sangat digunakan sehari-hari. Contohnya seperti kulkas, kasur, kompor untuk memasak, hingga alat makan dan minum.

Semoga tips membeli rumah pertama ini dapat bermanfaat dan bisa kamu praktikkan sendiri, ya! 

Pastikan untuk mencari rumah idaman kamu di rumah123.com, ya! Tinggal buka situsnya atau unduh aplikasi rumah123.com yang tersedia di Google Play Store maupun App Store.