Siapa sih yang nggak pingin punya taman cantik di halaman rumah? Bayangin aja sore-sore duduk santai sambil menyeruput kopi, ditemani pemandangan hijau dan lagu indie di taman sendiri. Sebuah relaksasi sempurna tiada tara! Tidak usah bingung kalau kamu memiliki lahan sempit, taman minimalis dapat menjadi solusi tepat untukmu.

Mendesain sebuah taman di lahan sempit memang menantang, tetapi ini juga bisa menjadi keunggulan dibanding taman besar biasa. Karena lahannya kecil, upaya dan biaya perawatannya pun ikut minim. Selain itu, kamu juga dapat berkonsentrasi penuh pada detail tema dan aksen yang kamu berikan untuk taman kecilmu.

Masih pusing mau bikin taman seperti apa dan bagaimana? Langsung aja ikuti lebih dari 20 ide taman minimalis paling menawan dari tim Ruparupa!

1. Manfaatkan Sisa Space Samping Rumah

Di area rumah minimalis yang berdiri di atas lahan sempit, kamu harus pintar-pintar memanfaatkan sisa space. Coba kamu tengok halaman kecil di samping dapur atau samping kamar tidurmu. Nah, sisa space ini bisa banget kamu sulap jadi taman mungil nan cantik.

2. Buat Taman Minimalis di Balkon

Masih tentang pemanfaatan space, kamu juga bisa membuat taman di balkon lantai dua atau lantai tiga rumahmu. Memang salah satu karakteristik rumah minimalis adalah arsitekturnya yang tidak melebar, melainkan bertumpuk. Jadi daripada balkon lantai atas dibiarkan menganggur, mending dijadikan taman saja.

Karena berada di lantai atas, tidak mungkin kamu tiba-tiba menanam tumbuhan di lantai. Oleh karena itu, tanaman hias dalam pot adalah pilihan tanaman paling tepat. Kamu bisa meletakkan pot-pot tanaman ini mengelilingi balkon dan juga menggantungkannya di langit-langit.

3. Gunakan Model Area Rumput Terbuka

Agar area taman yang sempit tampak lebih luas dan lega, kamu bisa mendesain taman seperti yang satu ini. Kuncinya adalah kamu harus menempatkan rumput teki atau rumput gajah saja tanpa tumbuhan apapun di bagian tengah taman.

Area rumput ini akan menjadi focal point atau titik fokus yang tepat untuk membuat taman tampak lebih lapang. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan tumbuhan lain di sekeliling area rumput untuk menambah kecantikan tamanmu.

4. Siasati dengan Penempatan Pot Semen Minimalis

Menanam tumbuhan langsung pada tanah halaman terkadang dapat menimbulkan kesan berantakan dan mempersempit ruang. Maka dari itu, cobalah menempatkan tanaman secara berderet pada pot semen minimalis untuk menyesuaikan bentuk ruang yang tersedia sehingga membuat taman tampak lebih ringkas.

5. Taman Imut di Sudut Teras

Tidak ada alasan lahan terlalu sempit untuk sebuah taman minimalis. Kamu bisa memilih salah satu sudut teras rumahmu dan mengubahnya menjadi sebuah taman dengan bunga warna warni. Meskipun kecil, tetapi taman ini tetap menambah kesegaran dan estetika rumahmu.

6. Taman Minimalis di Tangga Teras

Tidak jarang bagian utama rumah dijadikan lebih tinggi daripada bagian teras atau halamannya. Ini biasanya dilakukan untuk menghindari hal-hal seperti kebanjiran. Nah, menanam tumbuhan di area tangga dan menambahkan rerumputan di sela-selanya juga bisa menjadi alternatif taman minimalismu

7. Padukan dengan Kerikil & Bebatuan

Alih-alih mempercantik halaman rumah, penempatan tanaman yang berlebihan akan memberikan kesan berantakan. Karena itulah, kamu harus pintar-pintar mengatur komposisi taman agar tampak pas dengan lahan yang tersedia. Memadukan tanaman dengan bebatuan dapat menjadikan taman lebih rapi dan tidak monoton.

8. Tambahkan Elemen Air

Di tengah hiruk pikuk kehidupan perkotaan, suara gemercik air yang alami mampu membangkitkan ketenangan jiwa dan pikiran. Karena itulah, menambahkan sebuah kolam dan air mancur kecil akan memberikan makna lebih dalam taman minimalismu.

9. Jadikan Taman Fungsional

Konsep dasar minimalisme adalah menjunjung kesederhaan dan mengedepankan fungsi. Sebuah taman dengan grass bed adalah contoh model taman minimalis fungsional. Tidak perlu lagi menginstal sofa, kamu bisa bersantai di kasur alami yang terbuat dari rumput.

10. Roof Gardening

Masih ingat karakteristik rumah minimalis? Ya, atapnya bukan berbentuk segitiga melainkan datar. Nah, atap datar ini bisa kamu fungsikan untuk roof gardening alias taman di atas atap. Nikmati pagi dan soremu dengan bersantai di atap terbuka ditemani segarnya tumbuhan hijau.

11. Taman Minimalis Bergaya Oriental

Taman minimalis satu ini bisa menjadi ide taman yang cukup unik. Dipadukan dengan unsur bambu dan kendi batu, Anda dapat merasakan layaknya mengikuti upacara minum teh di Jepang.

12. Menyatu dengan Empat Elemen Alam

Ide taman minimalis ini mengedepankan empat utama bumi, yaitu air, api, udara, dan tanah. Ini bisa ditunjukkan dari pemilihan warna furniture teras dan penempatan taman di ruangan terbuka. Dijamin Anda akan sepenuhnya merasa menyatu dengan alam.

13. Taman Minimalis dengan Pencahayaan Apik

Selain mempercantik visual taman di malam hari, pencahayaan yang tepat juga dapat menyiasati lahan taman yang sempit agar tampak lebih lapang dan lega. Gunakan lampu downlight LED untuk mendapatkan cahaya buatan terbaik bagi tamanmu.

14. Keep It Simple

Sederhana namun bermakna, itulah inti dari minimalisme. Konsep taman yang super simpel ini boleh banget menjadi pelengkap terindah pada teras ataupun halaman belakang rumah minimalismu.

15. Taman Minimalis Vertikal

Benar-benar tidak punya sisa lahan datar untuk taman minimalismu?Tenang saja, kamu mencontoh ide taman vertikal yang satu ini. Dengan efisiensi ruang maksimal, taman minimalis vertikal tidak kalah cantik dari taman biasa, lho!

16. Taman Minimalis dengan Perabot Vertikal

Siapa bilang hanya tanaman saja yang bisa ditempatkan secara vertikal? Untuk kamu pecinta ide-ide anti-mainstream, kamu bisa meniru cara penempatan sofa vertikal yang menempel pada dinding. Ide ini sangat berguna bagi kamu yang memiliki lahan sangat terbatas tapi masih ingin duduk santai di sofa empuk dikelilingi taman cantik.

17. Piknik di Tengah Ragam Pot Unik

Kalau kamu merasa kesulitan merawat lahan dengan tanah gembur, kamu bisa mencoba alternatif yang satu ini. Tempatkanlah semua tanaman pada beragam pot unik dan susunlah secara merapat. Dengan begitu, taman akan tampak sangat rindang dan cocok sekali digunakan sebagai tempat piknik.

18. Pohon Berbuah Pot dan Bunga

Nah, ide yang satu ini adalah konsep taman vertikal lainnya yang akan membuat taman minimalis vertikalmu tampak sangat unik. Konsepnya adalah memanfaatkan semacam ‘rak’ berbentuk pohon dengan beberapa ring untuk menempatkan pot. Sekali tanam, dapat pohon yang bisa berbuah pot dan bunga. Unik sekali, kan?

19. Taman Wall Painting 3D

Untuk kamu anak-anak artsy, sebuah taman estetik dapat lahir dari tangan kreatifmu. Bayangkan saja dinding belakang rumah sebagai sebuah kanvas kosong, lalu mulailah melukis taman sesuai imajinasimu. Terakhir, berilah tanaman di beberapa bagian untuk menampilkan taman 3D yang super artistik.

20. Putih bersih futuristik

Untuk mempertahankan konsep putih bersih, taman minimalis satu ini hanya menggunakan beberapa petak tanah sebagai area bertanam. Minimalisme dan warna putih bersih menjadi kombo sempurna untuk menunjukkan halaman rumah yang sederhana, elegan, dan modern.

21. Taman Minimalis dalam Rumah

Sudah ratusan purnama mencoba membuat taman di halaman tetapi tidak bisa karena lahan depan rumah terlalu sempit? Tidak ada salahnya kamu mulai mencoba membuat taman minimalis yang cantik dan segar di dalam rumahmu. Taman dalam rumah harus dekat dengan kaca agar tanaman memperoleh cukup cahaya.

22. Gunakan Space Sisa Bawah Tangga

Jika space bawah tangga dalam Harry Potter diubah menjadi sebuah kamar, space bawah tangga rumahmu juga tidak boleh kalah menarik. Kamu bisa mengubahnya menjadi sebuah taman minimalis yang akan mempercantik interior rumahmu.

23. Cermin Persegi untuk Ilusi Taman Lebih Luas

Taman tetangga tampak lebih luas dari tamanmu? Bukan, ini bukan karena rumput tetangga lebih hijau, tetapi karena taman tetangga menggunakan cermin untuk memberi ilusi taman yang lebih luas. Cobalah memasang cermin berbentuk persegi panjang pada dinding taman. Dijamin tamanmu pun juga akan tampak 2x lebih lengang dan terang.

Dengan lebih dari 20 ide kreasi taman minimalis di atas, pastinya kamu sudah tidak bingung lagi ingin membuat taman seperti apa. Lahan sempit tak lagi masalah, semua dapat ditangani dengan cara yang tepat. Hasilnya? Keasrian lahir di tengah keterbatasan. Yuk, mulai bergerak untuk mewujudkan taman impianmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here