Bukan Sekedar Hiasan, Ini 12 Manfaat Tanaman Hias yang Jarang Diketahui

0
144955

Apa yang muncul di benakmu ketika ditanya tentang fungsi tanaman hias? “Ya namanya tanaman hias, tentu digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik rumah.” Kira-kira kalimat seperti itulah yang mungkin ada di dalam pikiran Anda.

Sebenarnya, jawaban ini tidak salah. Namun, tanaman hias tidak hanya berfungsi untuk menambah estetika dan tampilan ruangan. Ternyata, masih ada serangkaian manfaat lain dari tanaman hias yang jarang sekali kita ketahui.

Ruparupa Banner

Lalu, apa saja sebenarnya apa saja manfaat dari tanaman hias? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menghilangkan Partikel Beracun dari Udara

Bunga Krisan

Tidak hanya menyegarkan mata, tanaman hias juga mampu menyegarkan pernapasan. Terbukti dari penelitian NASA yang mengungkapkan bahwa tanaman seperti, english ivy, bunga krisan, peace lily, dan berbagai spesies tanaman hias lainnya, terbukti ampuh menghilangkan partikel polutan dari udara.

tanaman english ivy

Jenis tanaman ini ternyata mampu menyaring dan menghilangkan kandungan benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan amonia dari udara, bahan kimia yang dapat menganggu kesehatan. Biasanya, bahan ini dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pernapasan, dan alergi.

peace lily

2. Mengurangi Debu dalam Ruangan

Pada musim kemarau yang kering, debu cenderung lebih mudah bertebaran. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan tanaman indoor, yang dapat melepaskan 95-97% air yang dikandungnya ke udara.

Kadar air ini akan menciptakan kelembaban yang mampu menangkap dan menyerap debu dalam ruangan. Selain itu, komposisi air dari tanaman hias juga bisa menyeimbangkan tingkat kelembaban udara, terutama di tengah teriknya musim kemarau.

Jadi, bisa dibilang bahwa tanaman hias adalah air purifier dan air humidifier yang alami dan ekonomis.

3. Mengusir Nyamuk

Tanaman geranium

Di daerah beriklim tropis seperti Indonesia, nyamuk tentunya sudah menjadi ‘teman’ sehari-hari kita. Kita pun kerap memakai semprotan nyamuk  untuk membasmi hewan kecil yang menyebalkan satu ini.

Sayangnya, kebanyakan semprot nyamuk masih mengandung bahan kimia berbahaya yang kurang baik untuk kesehatan keluarga.

tanaman selasih

Nah, daripada menggunakan semprotan nyamuk, Anda bisa memakai tanaman untuk mengusirnya. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa Anda pilih, seperti selasih dan geranium, yang dibenci nyamuk. Jadinya, rumah Anda akan terbebas dari gangguan serangga penghisap darah ini.

Baca Juga:   6 Manfaat Bunga Lotus Untuk Kesehatan

4. Menurunkan Tingkat Kebisingan

rubber plants

Jarang yang tahu kalau tanaman dapat membiasakan gelombang suara ke dalam ruangan. Tentunya, ini merupakan hal baru untuk Anda, bukan? Ya, betul tanaman hias dapat membantu memberikan ketenangan, terutama jika Anda tinggal dekat dengan jalan raya.

weeping fig

Nah, Anda bisa memilih tanaman indoor seperti rubber plants dan weeping fig. Kedua jenis tanaman ini dapat menurunkan tingkat kebisingan dengan cara menyerap gelombang suara. Jadinya, Anda bisa lebih merasakan ketenangan dari hiruk pikuk kota di luar sana saat berada di dalam rumah.

5. Menetralisir Bau Tak Sedap

lidah mertua

Suka merasakan bau tak sedap ketika berada di dalam rumah, entah itu bau dari makanan busuk, dari kamar mandi, ataupun dari hewan peliharaan? Bila ya, daripada menggunakan pengharum ruangan berbahan kimia, jauh lebih baik jika Anda memanfaatkan parfum alami dari tanaman.

bunga mawar

Anda bisa memilih tanaman hias, seperti lidah mertua, bunga mawar, dan peace lily untuk menjaga udara tetap segar dan wangi. Tanaman ini sama efektifnya dengan penyegar ruangan, tetapi tidak menggunakan bahan kimia apa pun.

6. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

lavender

Anda sering mengalami susah tidur? Bila ya, hindari terlalu sering mengonsumsi obat tidur, ya! Selain menyebabkan ketergantungan, konsumsi obat berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Bunga melati

Anda bisa menggunakan tanaman, seperti lavender dan bunga melati, untuk diletakkan di dalam kamar.  Tanaman ini ternyata dapat mengurangi kecemasan, stres, dan rasa sakit yang biasa mengganggu tidur. 

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tanaman hias seperti devil’s ivy ternyata telah terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Menurut studi, bangunan kantor Parharpur yang memiliki lebih dari 1.200 tanaman devil’s ivy adalah bangunan paling sehat di India. Dibanding pekerja di bangunan lain, karyawan kantor Parharpur menunjukkan tingkat penyakit harian (asma, iritasi mata, sakit kepala, masalah pernapasan) yang jauh lebih rendah.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Oregon State University, tanaman dalam ruangan ini  dapat membantu meningkatkan kelembaban absolut dan mencegah risiko penyebaran virus flu.

8. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Bunga orchid

Kadar karbondioksida atau CO2 yang berlebih dalam ruangan dapat membuat Anda lebih mudah lelah, letih, dan lesu. Kondisi ini tentu bisa mengganggu kelancaran aktivitas dan menurunkan tingkat produktivitas Anda sehari-hari.

Baca Juga:   Inspirasi Model Pot Bunga Plastik

Dengan adanya tanaman hias di dalam ruangan, maka CO2 akan terserap dan tergantikan oleh O2 yang dibutuhkan tubuh. Jadinya, Anda bisa lebh muda kembali fokus melanjutkan aktivitas.

dragon tree

Menurut sebuah studi oleh The Royal College of Agriculture di Cirencester, Inggris, siswa yang menghadiri kelas dengan tanaman indoor, menunjukkan hampir 70% dari hasil belajar mereka terlihat lebih baik.

Hal ini tentunya bisa menjadi bukti bahwa keberadaan tanaman di dalam ruangan dapat secara efektif meningkatkan fokus belajar siswa. Anda bisa memilih tanaman hias, seperti dragon tree dan bunga orchid, untuk diletakkan di dalam ruangan.

9. Meredakan Flu dan Batuk

eucalyptus

Flu dan batuk bisa disembuhkan dengan tanaman hias jenis eucalyptus. Tanaman Eucalyptus dapat berfungsi sebagai dekongestan alami yang memiliki efek melegakan.

Dengan menghirup aroma eucalyptus, maka batuk berdahak, pilek, dan hidung mampet pun akan kembali lega. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kombinasi khusus antara eucalyptus, ekstrak jeruk nipis, dan pinus,  bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi bronkitis.

10. Menjaga Kesehatan Mental

Bentuk tanaman hidup yang begitu cantik ditambah warna hijaunya yang alami, serta bau segar langsung dari alam, tentu akan memancarkan getaran positif bagi kehidupan kita.

Tidak heran bila ketika kita melihat dan menghirup aroma tanaman di atas meja kerja, ternyata dapat memberikan ketenangan, serta menjaga kesehatan mental kita dari pekerjaan sehari-hari.

11. Mengurangi Stress

Liday Buaya
Lidah Buaya

Sejak dulu, tanaman memang memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah tanaman lidah buaya.  Selain sering digunakan untuk menjaga kelembapan kulit, ternyata lidah buaya mampu menjadi air purifier alami.

Tanaman berduri berwarna hijau ini dapat membantu membersihkan udara dari formaldehida dan benzena. Tak hanya itu, Anda juga bisa meletakkanya di dalam ruangan, untuk menambah estetika dan mengurangi stres akibat tumpukan pekerjaan.

12. Memberikan Kesan Classy

Tanaman Hias

 

Tidak hanya bisa  memberikan efek positif untuk kesehatan dan kebahagiaan penghuninya, tanaman hias juga bisa memberikan efek elegan pada ruangan.

Salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan adalah sirih gading. Nah, supaya terlihat lebih menawan pada ruangan di rumah, Anda bisa meletakannya dalam gelas kaca dan berisi air.

***

Ada banyak sekali manfaat dari tanaman hias, bukan? Jadi, pilih tanaman favorit dan mulailah mengisi rumah dengan benda ajaib dari alam ini. Tubuh, hati, jiwa, dan pikiranmu akan sangat berterima kasih!