10 Tips Menghemat Air Agar Tagihan Tidak Bengkak

0
2204
Sumber: Unsplash.com

Kamu mungkin sering dikejutkan dengan tagihan air yang membengkak pada akhir bulan. Untuk itulah, kali ini kami punya beberapa cara menghemat air yang bisa kamu ikuti setiap hari.

Namun, sebelum kita bahas satu per satu, coba ingat-ingat lagi kebiasaan kamu menggunakan air.

Ruparupa Banner

Mungkin secara tidak sadar kamu sering membuat air terbuang sia-sia. Misalnya, lupa mematikan keran air. Selain membuat tagihan bengkak, penggunaan air berlebihan juga tidak baik untuk lingkungan.

Apa yang Bisa Dilakukan Untuk Menghemat Air?

Selain mematikan keran, ada berikut ini cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk menghemat air di rumah.

1. Matikan Keran Saat Gosok Gigi

Kalau kamu masih sering gosok gigi dengan keran yang menyala, tidak heran tagihan air di rumah kamu membengkak.

Pasalnya, setiap satu menit, kurang lebih 6 liter air keran bisa terbuang percuma bila terus dinyalakan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu memulai kebiasaan mematikan air saat sedang gosok gigi, lalu nyalakanj kembali saat kumur atau saat dibutuhkan.

Meskipun terdengar sepele, tapi kamu bisa menghemat 200 galon per bulan dengan hanya mematikan keran saat menggosok gigi, lho.

2. Memeriksa Kebocoran

Pastikan kamu memeriksa pipa dan area kamar mandi lain yang rawan bocor secara rutin. Jika ternyata ada kebocoran, lebih baik tidak menunda untuk memperbaikinya.

Pipa atau keran yang bocor bisa menghabiskan 90 liter air dengan percuma setiap harinya. Kamu pasti tidak mau hal tersebut terjadi, bukan? Maka dari itu, siapkan beberapa menit untuk memeriksa kebocoran di rumah secara berkala.

3. Hindari Mandi Terlalu Lama

Jika kamu sedang dalam rangka menghemat air, maka salah satu cara jitunya adalah dengan menetapkan durasi di kamar mandi.

Baca Juga:   7 Tips Belanja Hemat Tanpa Menghabiskan Gaji

Semakin lama berada di kamar mandi, maka semakin banyak air yang terbuang. Maka dari itu, batasi maksimal waktu mandi. Usahakan juga mandi dengan shower agar tidak boros air seperti kalau pakai gayung.

4. Siram Tanaman Seperlunya

Nah, kamu juga bisa menghemat air dengan menyiram tanaman seperlunya saja. Biasanya, penyiraman dilakukan di bawah pukul 10 atau di atas pukul 4 sore. Hal tersebut dilakukan supaya tidak mengganggu waktu fotosintesis tanaman.

Makanya, saat membeli tanaman, pelajari terlebih dahulu tentang kebutuhan airnya. Pastikan tanaman tidak kelebihan atau kekurangan air.

Kalau sampai kelebihan air, tidak hanya membuang air dengan percuma, tetapi tanaman juga kemungkinan mengalami busuk akar dan akhirnya mati.

Tips lain adalah membeli tanaman hias artifisial, yaitu tanaman palsu yang menyerupai tanaman aslinya. Jadi, tidak membutuhkan perawatan khusus.

Kamu bisa memilih tanaman artifisial seperti di bawah ini. Dijamin bisa buat suasana rumah kamu segar tanpa ribet.

Tanaman Artifisial Monstera Adansonii 11x11x38 Cm Ly7 – Hijau.

Beli di sini

Tanaman Artifisial Monstera 13x13x62 Cm – Hijau.

Beli di sini

5. Mencuci Dengan Mesin Cuci Saat Cucian Sudah Banyak

Mencuci pakaian yang sudah menumpuk bisa menghemat lebih banyak air, lho. Jadi, sebaiknya, sebelum mencuci pakaian dengan mesin cuci, kamu bisa mengumpulkan beberapa pakaian kotor dulu.

Selain menghemat air,  cara ini juga bisa menghemat listrik di rumah. Namun, bukannya kamu boleh menumpuk pakaian kotor hingga berlebihan, ya. Jika kamu tinggal sendiri, maka kamu bisa mencuci pakaian 2-3 hari sekali.

Nah, berikut ini kami juga punya rekomendasi mesin cuci yang bisa bikin kamu lebih hemat.

cara menghemat air
Samsung Mesin Cuci Front Loading 9 Kg Ww90t504dtt/se – Putih

Beli di sini

cara menghemat air
Samsung Mesin Cuci Front Loading 9.5 Kg Ww95t654dlx/s – Hitam

Beli di sini

6. Masak air secukupnya

Terlalu sering memasak air juga bisa membuat tagihan air jadi membengkak. Untuk itu, kamu bisa mengakalinya dengan memakai dispenser di rumah. Selain lebih hemat, cara ini juga lebih praktis untuk mendapatkan air panas.

Baca Juga:   5 Kesalahan Saat Belanja yang Bikin Gaji Cepat Habis

7. Meminimalisir Mandi Dengan Bath tub

Bahkan, mandi dengan gayung pun lebih baik daripada dengan bath tub. Namun, kalau kamu mau lebih hemat lagi, pakai shower, yang hanya menghabiskan sekitar 15-30 liter air setiap digunakan.

Sementara itu,  bath tub membutuhkan sekitar 300 liter air setiap mandi. Dijiamin, tagihan air kamu pasti langsung kempes.

cara menghemat air
Kris Set Shower Mandi Sliding Rail Chizue Ta1015ss.

Beli di sini

cara menghemat air
Tatay Set Shower Rail Elegance

Beli di sini

8. Menggunakan Pressure Washer Untuk Mencuci Mobil

Mencuci mobil adalah salah satu kegiatan yang akan menghbiskan banyak air. Maka dari itu, gunakan pressure water.

Dengan menggunakan selang tersebut, kamu bisa menghemat air hingga 80%, lho. Selain menghemat air, mencuci mobil dengan pressure water juga bisa menghemat waktu.

9. Mencuci Buah dan Sayur Dalam Wadah

Tentu saja ketika makan buah atau sayur pasti kita harus mencucinya terlebih dahulu.  Nah, tipsnya agar bisa menghemat air adalah dengan mencuci buah dan sayuran di dalam wadah daripada memakai air mengalir.

Cara ini bisa mengurangi penggunaan air berlebihan. Kamu hanya perlu menampung air di dalam wadah, seperti mangkok, atau wadah cuci seperti di bawah ini, lalu cuci buah dan sayur di sana.

Krischef Wadah Cuci Buah 20 Cm

Beli di sini

 

Krischef Wadah Cuci Buah 24 Cm

Beli di sini

 

10. Pantau Penggunaan Air

Cara terakhir untuk memastikan air di rumah tidak terbuang sia-sia adalah dengan mengecek secara rutin kebocoran di rumah. Pastikan kamu memantau kondisi pipa, atap, serta saluran air lainnya.

Menghemat air ternyata tidak sesusah itu, ‘kan?Pastikan kamu terbiasa untuk membatasi penggunaan air. Selain bikin tagihan tidak mahal, cara ini juga bisa membantu menjaga lingkungan, lho.