5 Cara Mudah Mengatasi Wastafel Mampet di Rumah

0
3133

Masalah wastafel mampet pasti sering terjadi di setiap rumah. Penyebabnya tak lain karenaendapan kotoran yang menumpuk di pipa pembuangan. Namun, kini tak perlu bingung lagi, cukup ikuti  cara ampuh mengatasi wastafel mampet berikut ini.

Cara Mengatasi Saluran Air yang Mampet

Endapan odol, sabun, sisa makanan, hingga rambut yang ikut terbuang melalui lubang pembuangan wastafel, bisa menjadi penyebap utama saluran air mampet.

Selain itu, endapan ini akan membentuk gumpalan, yang perlahan mengeluarkan bau yang tak sedap.

Namun, jangan khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan mudah. Cukup siapkan beberapa peralatan praktis dan menggunakan bahan alami yang pasti tersedia di rumah. Apa saja itu? Simak berikut ini.

1. Gunakan plunger

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan alat penyedot yang satu ini. Ya, plunger atau alat penyedot toilet.

Alat ini dapat dengan ampuh mengatasi wastafel mampet. Caranya, isi wastafel dengan air hingga setengah penuh, kemudian gunakan alat ini pada lubang wastafel untuk menyedot kotoran. Secara perlahan, air akan meluap dan kotorannya pun terbawa.

Ulangi teknik ini selama beberapa kali hingga wastafel tidak mampet lagi. Meski membutuhkan tenaga, tetapi cara ini dijamin pasti akan ampuh mengatasi wastafel yang mampet.

Baca Juga:   Bukan Lagi Minimalis, Ini Dia Tren Kamar Mandi Terbaru
cara mengatasi wastafel mampet dengan plunger
Plunger toilet rilisan Korky menggunakan kualitas karet dengan daya tarik yang kuat

Beli di sini

 

2. Gunakan cairan cuka

Jika toilet di rumah masih mampet, maka Anda bisa mencoba meneteskan cairan cuka ke dalam lubang aliran air pada wastafel.

Diamkan cairan selama kurang lebih 20 hingga 30 menit. Kemudian, siram saluran pipa wastafel dengan air panas dan segera gunakan plunger untuk menarik kotoran yang menyumbat.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan sedikit garam pada cairan cuka di atas. Kedua bahan ini dapat menjadi kombinasi yang sempurna untuk menghilangkan sumbatan pada saluran wastafel.

3. Gunakan cairan sabun cuci piring dan air panas

Umumnya, sumbatan ini juga bisa disebabkan oleh lemak atau minyak yang telah menumpuk di saluran pembuangan.

Cara mengatasinya pun sangat mudah, Anda cukup menuangkan campuran sabun pencuci piring dan air mendidih ke saluran pembuangan air, lalu diamkan selama beberapa menit, baru dibilas.

Untuk mencegah masalah ini terulang kembali, Anda bisa rutin melakukan teknik ini minimal seminggu sekali.

Membersihkan hunian

4. Gunakan campuran garam dan soda kue

Baking soda dan garam rupanya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami pembersih saluran wastafel, loh.

Caranya juga tidak sulit kok, cukup mencampurkan kedua bahan di satu gelas air. Kemudian, tuang cairan ke wastafel yang tersumbat. Lalu, tunggu sekitar 4-5 jam dan bilas dengan air mendidih.

Baca Juga:   3 Perbedaan Utama Handuk Mandi dan Handuk Wajah

5. Gunakan cairan khusus pembersih pipa

Cara terakhir adalah dengan memakai produk pembersih berbahan kimia yang ramah bagi saluran pipa di rumah Anda.

Cukup menuangkan cairan ke dalam saluran yang tersumbat, diamkan beberapa saat, kemudian segera siram dengan air panas.

Bahan kimia akan bekerja untuk menghancurkan timbunan lemak dan kotoran yang menyangkut di dinding pipa. Tentunya, cara ini juga bisa membunuh kuman penyebab bau tak sedap dari dalam wastafel.

Jika setelah tuangan pertama wastafel masih tersumbat, maka Anda dapat mengulangi pemakaian sesuai aturan yang tertera pada kemasan. Hal ini ditujukan untuk menghindari berbagai dampak buruk yang ditimbulkan dari zat tersebut.

cara mengatasi wastafel mampet dengan pembersih pipa.
Atmos pembersih pipa terbuat dari bahan alami yang aman digunakan untuk melancarkan dan menghilangkan bau tidak sedap dari saluran pipa yang tersumbat

Beli di sini

Nah, itu dia 5 cara ampuh mengatasi wastafel mampet yang dapat dengan mudah Anda praktikkan di rumah. Pastikan juga Anda memilih wastafel berkualitas agar bisa awet dan tahan lama.

Anda bisa menemukan berbagai berbagai peralatan kebutuhan kamar mandi, furnitur, serta dekorasi rumah berkualitas premium hanya di  Ruparupa.com.

Tentu saja, situs belanja satu ini juga memiliki banyak penawaran promo menarik, mulai dari cicilan 0% hingga potongan harga up to 50% off di setiap bulannya. Selamat belanja!