Perbedaan Fungsi Selang Berdasarkan Ukuran Selang Air dan Tips Perawatan

0
379
ukuran selang air

Ukuran selang air bermacam-macam, ada banyak kegiatan sehari-hari yang memerlukan keberadaan selang di dalamnya. Sebut saja berkebun, mencuci mobil, atau sekedar untuk mengalirkan air ke akuarium maupun mesin cuci. Untuk dapat memperoleh hasil yang maksimal, maka harus sesuai antara fungsi dan juga ukuran selang air.

Dari segi ukuran, selang air tersedia mulai dari ukuran ½ inchi hingga 8 inchi. Setiap ukuran tersebut difungsikan dengan tujuan yang berbeda serta disesuaikan dengan diameter kran sebagai tempat pemasangannya. Semakin besar ukuran selang air, tentu akan menghasilkan debit air yang lebih besar pula. Dari situ dapat kita klasifikasikan selang air dari ukuran agar dapat menyesuaikan dengan kegunaannya.

Perbedaan Fungsi Selang Berdasarkan Ukuran Selang Air

1. Selang Taman

selang air taman
Krisbow Selang Taman 1/2inci X 1mtr

Untuk kegiatan Anda berkebun atau menyiram tanaman, tentu tidak memerlukan debit air terlalu besar. Oleh sebab itu, Anda dapat mempergunakan selang dengan ukuran yang tidak terlalu besar, bisa ¾ atau 1 inchi. Jangan lupa juga menyesuaikan dengan diameter kran yang tersedia.

Selain ukuran selang air, Anda juga harus memperhitungkan luas kebun atau taman yang ada. Hal ini bertujuan untuk menentukan panjang selang yang Anda butuhkan. Tentu saja agar lebih memudahkan Anda dalam kegiatan berkebun dan menyiram tanaman.

2. Selang Pembungkus Kabel, Pengairan Taman dan Kerajinan

selang air taman
Yardsmith Selang Taman Flat Soaker 15 Mtr

Biasanya, selang yang digunakan untuk pembungkus kabel atau kerajinan tangan tetapi juga tetap bisa untuk aktivitas pengairan ini terbuat dari material karet atau PVC. Umumnya selang ini terdiri dari ukuran ⅝ inchi hingga 1 inchi dan bagian luar selang biasanya berwarna. Untuk ragam ketebalan dan elastisitasnya, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:   6 Fakta Anjing Doberman, Si Anjing Penjaga Terbaik

3. Selang Spiral Untuk Pembuangan

selang udara
Krisbow Selang Udara Spiral Kompresor 1/8inci X 3mtr Hs-B4-1

Selang air spiral digunakan khusus bagi pembuangan air. Biasanya terbuat dari kombinasi bahan PVC yang lunak juga keras. Selang jenis ini memiliki warna fisik semi transparan agar Anda lebih mudah melihat pergerakan air. Meski bagian luar berbentuk spiral, pada dinding bagian dalam selang merupakan permukaan yang mulus sehingga air dapat mengalir dengan lancar. Ukuran selang air spiral yang beredar di pasaran mulai dari 1 inchi hingga 8 inchi.

4. Selang Saluran Air Akuarium

selang saluran air akuarium
Boyu Selang Penyedot Air Akuarium By-28

Bagi Anda yang suka dengan Aqua scape ataupun akuarium biasa, tentu membutuhkan selang untuk sirkulasi airnya. Pada umumnya ukuran selang air yang digunakan yaitu 5/16 inchi. Dari segi material, selang untuk akuarium biasanya berbahan dasar karet. Selain lebih elastis juga lebih awet karena tidak mudah terjadi retakan.

Tips Perawatan Selang Air Agar Awet dan Tahan Lama

Selang air merupakan kebutuhan tersier yang hampir selalu ada di setiap rumah. Meski begitu untuk frekuensi pembelian tentu dalam jangka waktu yang terbilang panjang. Oleh sebab itu agar awet dan tahan lama, Anda harus mengetahui cara yang tepat dalam merawat dan menyimpan selang.

1. Gulung dengan Benar

selang air taman
Krisbow Selang Taman Anti Torsion 5/8 Inci X 20 Mtr

Usai dipergunakan, tentu Anda akan menggulung selang air. Pastikan pada saat proses penggulungan tidak ada selang yang melintir karena dapat menyebabkan keretakan dan berakhir pada kebocoran. Hal ini biasa terjadi pada selang taman. Sebagai solusinya Anda dapat membeli selang taman yang sudah sekaligus dengan alat gulungannya.

Baca Juga:   13 Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Efektif

Disarankan untuk memilih selang dengan bahan karet karena lebih elastis dan minim resiko retakan ketika proses penggulungan. Untuk memperoleh selang dengan berbagai jenis bahan dan ukuran, Anda dapat membelinya di ruparupa.com. Di sana tersedia berbagai jenis selang beserta asesorisnya dengan harga bersahabat dan kualitas tanpa cacat.

2. Simpan di Tempat yang Tepat

selang taman anti torsion
Krisbow Selang Taman Anti Torsion 1/2 Inci X 20 Mtr

Usai digulung dengan rapi, pastikan Anda menyimpan selang dengan cara dan di tempat yang tepat. Simpan di tempat penyimpanan yang suhunya normal. Sebab pada kondisi suhu rendah, ukuran selang air dapat menciut pada beberapa jenis bahan selang tertentu.

Pastikan juga untuk tidak menumpuk barang-barang diatas selang. Hal ini dapat menjadi penyebab selang air bocor.

3. Bersihkan Selang Secara Berkala

selang air dengan alat penggulung
Krisbow Selang Air Dengan Alat Penggulung 1/2inci X 30m – Biru

Seringkali Anda lupa mengeringkan selang usai digunakan. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya lumut di sepanjang dinding selang bagian dalam. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda harus membersihkan secara berkala dengan cara mengeringkan di bawah sinar matahari usai digunakan, memasukkan potongan spons atau kerikil lalu aliri air bertekanan tinggi dan bisa juga dengan bantuan potongan bambu untuk menggosok lumut di bagian dalam selang.

Usai memahami ukuran selang air yang ada di pasaran, kini Anda tentu dapat memilih selang air dengan tepat sesuai fungsi juga kebutuhan. Jangan lupa untuk mencoba tips yang kami berikan dalam merawat dan menyimpan selang, agar selang air Anda awet dan juga tahan lama.

editor: Sharon Suryaatmadja