Yuk Bikin Mie Homemade Aneka Warna

0
1113
Mie Homemade

Siapa yang tidak suka dengan mie? Mie merupakan salah satu makanan favorit seluruh keluarga Indonesia. Mie dapat diolah dengan mudah, mulai dari mie ayam, mie goreng, mie rebus, ifu mie, mie kangkung, dan lain-lain. Berbagai macam makanan olahan mie dapat ditemukan dengan mudah di setiap tempat, mulai dari kaki lima hingga cafe berkelas.

Untuk meningkatkan nilai gizi dan penampilannya, banyak yang memodifikasi mie dengan mencampurkan sari dari berbagai jenis sayur. Sayur sawi untuk membuat mie dengan warna hijau, wortel untuk warna oranye, jagung untuk warna kuning, beet untuk warna ungu, dan sayur lainnya. Selain tampilannya yang menarik dengan aneka warna, mie dengan sari sayuran ini juga memiliki nilai gizi lebih.

Namun mie yang dijual di pasaran umumnya terkontaminasi dengan bahan pengawet agar tahan lebih lama. Sebenarnya membuat mie sendiri bukanlah hal yang susah, hanya 4 bahan yang dibutuhkan untuk membuat mie mentah sendiri dengan aneka pilihan sayur. Penasaran bagaimana cara membuat mie homemade? Yuk kita intip resepnya.

Bahan-bahan Mie Homemade:

  • 500 gr Tepung Terigu Protein Tinggi
  • 2 butir Telur
  • 100 cc Air yang diganti dengan sari sayuran
  • 1 sdt Garam
  • Tepung sagu secukupnya

Cara pengolahan Mie Homemade:giocoso manual blender

1. Buat sari sayuran

Sebelum mulai menguleni adonan mie ini, buat terlebih dahulu sari sayuran menggunakan Manual Juicer Giocoso. Kupas, cuci bersih dan potong-potong sayuran yang diinginkan, misalnya wortel, jagung, beet atau sawi. Lalu gunakan Manual Juicer Giocoso untuk mendapatkan sari sayuran.

2. Uleni adonan dalam wadah

Tuang tepung terigu protein tinggi dan garam ke dalam baskom, aduk hingga merata. Lalu tambahkan 2 butir telur, dan aduk hingga telur merata. Tuang sari sayuran yang telah dibuat menggunakan Giocoso Manual Juicer tadi sedikit-demi sedikit ke dalam adonan. Aduk hingga kalis dan seluruh permukaan adonan halus.

3. Giling adonan

Masukkan adonan ke dalam gilingan mi, mulai dari nomer cetakan yang paling besar, dan terus berpindah ke nomor kecil hingga mencapai ketebalan yang diinginkan sambil sesekali ditaburi tepung sagu agar tidak lengket. Lalu cetak mie sesuai selera, bisa berbentuk pipih maupun bulat. Buat gulungan sebesar kepalan tangan atau sekitar 200 gr, bubuhkan tepung sagu agar tidak saling melekat, dan mie mentah ini siap digunakan.

4. Simpan mie mentah

Masukkan mie mentah ini ke dalam plastik atau wadah kedap udara agar tidak cepat kering. Lalu simpan mie mentah ini ke dalam lemari pendingin agar dapat digunakan sewaktu-waktu. Mie mentah ini dapat bertahan hingga 1 minggu di dalam lemari pendingin.

Tips & tricks:

  • Gunakan sayuran berkualitas untuk mendapatkan warna dan aroma sayur yang lebih menarik
  • Keluarkan mie mentah dari lemari pendingin sebelum diolah
  • Pastikan air untuk merebus mie telah mendidih sebelum mie dimasukkan
  • Tambahkan minyak sayur ke dalam air rebusan