Home Made Selai untuk Parcel Lebaran

0
488
resep membuat selai

Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Jika Anda berkunjung ke supermarket, Anda akan mulai disambut dengan berbagai macam sirup, kurma, biskuit kaleng, hingga Parcel Lebaran. Nah berbicara tentang parcel lebaran, ada banyak jenis Parcel Lebaran, salah satunya Parcel yang berisi makanan dan cemilan. Anda bisa membuat Parcel Lebaran lebih berkesan dengan menambahkan Selai buatan Anda sendiri ke dalam paket parcel Lebaran.

Ada banyak macam selai yang ditawarkan, mulai dari cokelat, kacang, hingga selai aneka buah. Di antara varian rasa buah dan kacang-kacangan yang biasa digunakan untuk membuat selai, ternyata ada fakta yang harus Anda ketahui tentang kandungan dan proses membuat selai.

Dalam sebuah stoples selai, mengandung hanya 45% buah dan berisi 55% gula + bahan pengawet.

Dalam proses pembuatan selai, jumlah gula dan bahan pengawet yang digunakan umumnya lebih banyak 55%. Sedangkan bahan mentah buah atau kacangnya hanya sekitar 45%. Padahal selain rasa yang lezat, tentunya Anda ingin menjaga kesehatan keluarga agar terhindar dari berbagai jenis zat pengawet yang terdapat dalam selai instan. Agar terhindar dari konsumsi bahan pengawet dalam selai instan, Anda bisa memilih untuk membuat selai di rumah. Membuat selai ternyata tidaklah sulit, berikut cara mudah membuat selai di rumah yang bisa Anda ikuti.

Cara Membuat Selai Buah

cara membuat selai
Buat selai dari buah raspberry segar

Hal pertama yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan selai yang baik adalah memilih buah yang mengandung pektin. Pektin memilki manfaat untuk mengentalkan sehingga selai menjadi berbentuk gel dan akan bereaksi dengan adanya asam dan gula. Di   antara buah-buahan yang mengandung pektin adalah nanas, stroberi, raspberry, pepaya, jambu biji, apel, sirsak, dan masih banyak lagi.

Kemudian setelah Anda memilih buah yang ingin Anda olah menjadi selai, campurkanlah buah yang sudah masak dengan yang masih mengkal. Tujuannya adalah agar buah yang masak bisa mempertahankan rasa asli dan aroma buah, sementara buah yang mengkal akan memberikan pektin yang banyak bagi selai yang akan Anda olah. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti berbagai resep selai buah ataupun selai kacang pilihan Anda.

Yuk, mari mencoba resep membuat selai nanas berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 500 gr Nanas
  • 100 gr Gula
  • 1/8 sdt Garam
  • 3 cm Kayu manis batangan

Cara Membuat Home Made Selai Nanas:

membuat home made selai
Parutan Serbaguna

1. Parut nanas

Kupas nanas hingga bersih dan seluruh mata terbuang. Potong bagian tengah atau jantung nanas, lalu cuci bersih dan terakhir cuci dengan air matang yang telah diberi sedikit garam. Parut buah nanas menggunakan parutan.

2. Masak nanas dan bahan lainnya

Tuang nanas parut di dalam panci dan masak nanas dengan api sedang sampai air nanasnya menyusut. Setelah air nanas dalam panci menyusut,  masukkan gula dan kayu manis, lalu masak hingga selai kental. Jangan lupa tambahkan sedikit garam, agar rasa selai nanasnya makin lezat.

membuat home made selai3. Tes kekentalan selai

Tes kekentalan selai dengan menjatuhkan sedikit selai dari sendok. Jika selai terlihat mengental dan jatuh perlahan atau putus-putus artinya proses pemasakan selai sudah selesai.

Mudah bukan? Selain selai nanas, Anda juga bisa membuat selai buah lain dengan cara yang sama. Dalam proses memasak, yang harus diperhatikan adalah masaklah semua bahan selai dengan menggunakan api yang sedang agar mendapatkan hasil yang terbaik.

simpan selai dalam stoples kaca
Simpan selai dalam stoples kaca

Agar tampilan selai lebih cantik, masukkan selai ke dalam toples unik yang telah disteril. Pastikan tutup toples unik ini telah tertutup rapat agar tidak terkontaminasi bakteri di udara. Lalu tulis rasa selai pada kemasan. Anda juga bisa menggantungkan ucapan Selamat Idul Fitri agar selai yang Anda buat jadi hadiah yang lebih personal.

Ayo buat Parcel Lebaran Anda jadi lebih berkesan dengan memberikan selai dan kue-kue buatan Anda sendiri. Jika Anda membutuhkan perlengkapan membuat kue, lengkapi koleksi perlengkapan baking Anda di Ruparupa.com.

Selamat mencoba!