Tips Keselamatan & Pengaman Ketika Mengendarai Mobil

0
225
keselamatan & pengaman

Jika Anda termasuk orang yang sering mengendarai mobil, pasti Anda menyadari betul bahaya yang mungkin ada saat berkendara. Mengapa demikian? karena semua hal bisa terjadi tiba-tiba dan terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita perkirakan. Oleh karena itu, berbagai himbauan telah dilakukan oleh pihak berwajib seperti menganjurkan untuk tidak menggunakan handphone ketika berkendara serta menggunakan alat keselamatan & pengaman.

Ketika Anda membeli mobil ataupun sekedar menaikinya saja, pasti setiap mobil sudah lengkap dengan sabuk pengaman yang berfungsi melindungi pengguna mobil dari segala benturan dari yang tabrakan atau rem mendadak.

Tips Memilih Peralatan Mobil untuk Keselamatan & Pengaman

Untuk itu, Anda memerlukan beberapa tips untuk memilih sabuk pengaman yang tepat dan masih lulus standar nasional. Berikut beberapa tipsnya.

1. Memilih Dengan Gesper Yang Kuat

seat belt untuk keselamatan
G-Speed Sarung Seat Belt – Cokelat

Sabuk pengaman pada umumnya dilengkapi dengan gesper yang membuat tali sabuk pengaman terbentang di badan Anda. Memilih gesper yang kuat juga menjadi poin penting ketika Anda ingin membeli sabuk pengaman baru. Gesper yang kuat bisa menahan tali sabuk pengaman untuk terbentang dengan tegang dan membuat Anda tertahan jika terjadi dorongan akibat benturan atau rem mendadak sekalipun. Poin ini bisa membantu Anda agar terhindar dari benturan dengan dashboard mobil dan menjaga keselamatan Anda dan juga penumpang lainnya.

2. Pilih Bahan Dasar Yang Nyaman

pengaman
Hypersonic Seat Belt Stopper

Sekarang ini sudah ada berbagai bahan dasar yang digunakan untuk membuat sabuk pengaman. Dengan begitu Anda bisa memilih bahan dasar mana yang cocok dengan selera dan budget Anda. Semakin bagus bahan dasar maka semakin mahal pula harganya. Apalagi jika bahan sabuk pengaman membuat Anda tidak nyaman ketika memakainya.

Ada beberapa orang yang merasa tidak nyaman jika sabuk pengaman menekan terlalu keras lada bagian perut, hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda walaupun kini sudah ada inovasi sarung sabuk pengaman yang bisa Anda jadikan solusi untuk mengatasi rasa ketidaknyamanan tersebut.

3. Memilih Sabuk Pengaman Yang Lulus Standar Keamanan

belt pengaman
Set Sarung Seat Belt Momo 2 Pcs

Akibat persaingan dagang yang terjadi di pasaran, sekarang ini mulai banyak oknum tidak bertanggung yang hanya sekedar menjual barang tanpa memperhatikan kualitas dan keamanan barang. Demi mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, terkadang oknum tersebut merugikan pembelinya.

Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika memilih barang. Dalam memilih sabuk pengaman pun juga harus berhati-hatilah dan teliti dalam memilih. Carilah produk sabuk pengaman yang kuat dan lulus standar keamanan yang sudah ditetapkan, serta yang terpenting adalah bagian gesper yang diibaratkan sebagai pengunci dari sabuk pengaman harus dalam kondisi baik tanpa cacat sedikitpun. Carilah gesper sabuk pengaman dengan kualitas terbaik.

4. Memilih Gesper Tanpa Suara

seat belt
G-Speed Sarung Seat Belt Motif Carbon Fiber

Untuk tips yang satu ini bersifat opsional. Karena beberapa orang ada yang merasa risih jika mendengar suara gesper ketika mengunci. Terlebih kita akan sering membuka dan memakai sabuk pengaman, hal ini membuat suara gesper terkunci akan lebih sering terdengar. Apalagi jika Anda memiliki anak bayi yang cukup sensitif dengan suara. Memilih gesper anti suara bisa menjadi salah satu solusi untuk permasalahan Anda menghadapi kebisingan yang terjadi. Gesper anti suara ini sudah tersedia di berbagai toko aksesoris mobil dan juga situs jual beli online. Yang pastinya Anda harus teliti dalam memilih barang agar tidak kecewa dengan kualitasnya setelah membeli. Pastikan kekuatan gesper pada saat terkunci.

5. Kids Safety Seat Belt

safety belt
Motobox Rompi Safety Belt Motor Untuk Anak – Abu-Abu

Jika Anda memiliki anak dibawah umur atau masih sering merasa risih jika sedang memakai sabuk pengaman, Anda bisa memilih sabuk pengaman khusus untuk anak-anak yang lebih nyaman jika digunakan. Anak-anak yang biasanya akan rewel ketika di perjalanan bisa teratasi. Sabuk pengaman ini di lengkapi dengan pelindung yang membuat tali sabuk pengaman menjadi lebih empuk. Jika Anda menginginkan tambahan untuk sabuk pengaman ini, Anda bisa menambahkan bantal yang di rekatkan pada tali sehingga anak bisa tidur dengan nyaman selama perjalanan.

Mengajarkan anak menggunakan sabuk pengaman sedari kecil juga menjadi tugas penting bagi para orang tua. Carilah solusi dari berbagai permasalahan dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang bisa membuat suasana perjalanan menjadi lebih nyaman. Hal ini juga berpengaruh saat kamu memodifikasi mobil, tetaplah mengikuti standar keamanan yang sudah ada untuk kepentingan keselamatan bersama.

6. Menggunakan Alat Keselamatan Lain

pengaman
Coido Set Peralatan Darurat Mobil

Alat seperti peralatan darurat penting untuk keselamatan & pengamanan. Cobalah alat seperti Coido yang terdiri atas berbagai alat keselamatan & pengamanan yang praktis dibawa dalam satu koper.

Dapatkan berbagai seat belt dan alat keselamatan & pengaman lain hanya di Ruparupa ya! Ruparupa menyediakan berbagai peralatan keselamatan mobil yang compact dan terjangkau lho.

Editor: Sharon Suryaatmadja

Editor: Cindy Halida