“Go checking out your shoes before their eyes rise to scan the rest of your look.”
Nasehat di atas sepertinya tidak terlalu berlebihan mengingat sepatu memang memiliki peran yang penting. Tak sekedar menjadi alas pelindung kaki, sepatu juga menjadi salah satu bagian terpenting yang bisa melengkapi dan mempercantik penampilan Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu memastikan sepatu Anda dalam kondisi bersih sebelum bepergian dan memastikannya kembali setelah bepergian.

Berikut beberapa tips merawat sepatu yang bisa Anda ikuti:

Hindari Penggunaan Sepatu yang Sama Terus-menerus

Alasan mengapa seringkali sepatu yang Anda miliki menjadi cepat rusak adalah karena Anda sering menggunakan sepatu yang sama selama berhari-hari tanpa memberinya waktu untuk beristirahat. Mungkin karena itu adalah sepatu favorit Anda, tetapi   sepatu butuh waktu untuk sirkulasi udara selama 24 jam sebelum digunakan kembali. Tak heran, sepatu yang Anda cintai jadi cepat rapuh dan mudah sobek. Jika Anda harus pergi keluar kota, jangan lupa untuk membawa sepatu cadangan. Hindari penggunaan kantong plastik untuk membawa sepatu Anda saat berpergian, karena sirkulasi udara di dalam plastik tidak baik dan hanya akan membuat sepatu jadi lebih lembab. Sebaiknya, gunakan tas khusus sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik serta praktis dibawa kemana saja.

Bersihkan Sepatu Sebelum dan Sesudah Menggunakan

Salah satu tips merawat sepatu yang sederhana namun jarang dilakukan ada membersihkan sepatu secara rutin/ Sebelum Anda berpergian, cek kembali kondisi sepatu yang akan dipakai. Gunakan lap bersih untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada sepatu. Lakukan hal yang sama setelah digunakan berpergian. Perhatikan juga cara membersihkan sepatu Anda sesuai dengan bahan sepatu yang Anda miliki. Untuk sepatu dari bahan suede, misalnya, harus dibersihkan dengan cara menyikat dengan sikat yang lembut dengan pembersih khusus. Agar terhindar dari jamur, jangan lupa letakkan silica gel atau kapur barus dalam kotak untuk menyerap kelembaban. Setelah sepatu selesai dibersihkan, cukup diangin-anginkan selama beberapa menit agar benar-benar kering kemudian simpan di kotak penyimpanan.

Jaga Aroma Sepatu

Aroma sepatu yang berbau tidak sedap bisa membuat Anda dan orang-orang di sekitar Anda terganggu. Sepatu yang berbau tak sedap disebabkan oleh kondisi lembab (dari kaki yang berkeringat atau rembesan air hujan) yang memicu tumbuhnya bakteri penyebab bau tak sedap. Oleh karena itu, sepatu yang bau juga butuh perawatan dengan pembersih khusus kemudian diangin-anginkan agar kering.

Perhatikan Tempat Penyimpanan Sepatu

Setelah dibersihkan dan diangin-anginkan, sepatu perlu disimpan di tempat penyimpanan sepatu yang tepat. Selain dapat menjaga kebersihan sepatu dan lingkungan sekitar, menempatkan sepatu di tempat yang tepat juga akan mempermudah Anda mengatur dan menata koleksi sepatu Anda dengan rapi. Jangan biasakan menumpuk sepatu tanpa kotak. Penggunaan kotak sepatu dapat menjaga sepatu dari kotoran dan debu, serta dapat menjaga bentuknya. Pilih tempat penyimpanan sepatu dalam bentuk rak yang dapat menyimpan banyak sepatu dengan beragam jenisnya, termasuk dari jenis flat shoes, high heels, hingga boots. Untuk kemudahan dan kerapihan, Anda juga dapat memilih lemari sepatu yang memiliki kantong untuk menyimpan kaos kaki, tali sepatu dan alat-alat untuk menyemir sepatu.

Dengan memiliki tempat penyimpanan sepatu yang tepat, koleksi sepatu Anda jadi lebih terawat, rapi dan terorganisir. Yuk, lihat-lihat beragam rak dan tempat penyimpanan sepatu yang cocok untuk Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here