6 Tips Merawat Landak Mini yang Benar untuk Pemula Agar Tetap Sehat

0
752
Cara merawat landak mini yang tepat
Sumber: unsplash.com

Landak mini umumnya bisa memakan hampir segala jenis makanan dan lebih mudah untuk dipelihara. Namun, tetap saja merawat landak mini juga harus telaten agar hewan pemalu ini tetap sehat dan tidak stres

Hewan kecil berduri ini cocok dipelihara untuk kamu yang sibuk beraktivitas sepanjang hari. Pasalnya, landak mini merupakan hewan yang aktif di malam hari. Jadi, kamu masih bisa mengajaknya bermain dan tidak perlu khawatir mereka akan kesepian. 

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Merawat Landak Mini yang Tepat?

Tidak perlu bingung bila kamu baru pertama kali memelihara hewan yang satu ini. Soalnya, kami telah merangkum panduan merawat landak mini yang bisa kamu lakukan.

1. Pilih Kandang yang Sesuai 

Agar landak mini dapat bergerak lebih leluasa, pilih kandang yang berukuran cukup besar. Biasanya, kandang untuk landak mini mirip dengan kandang hamster, yakni berukuran sekitar 30cm. 

Pastikan kandang tersebut memiliki ruang yang cukup untuk diletakkan tempat makan, tempat minum, dan running wheel. Dengan adanya running wheel di dalam kadang akan membuat landak tidak mudah stress dan mencegah obesitas. 

2. Sediakan Serbuk Kayu di dalam Kandang

Serbuk kayu tidak hanya berfungsi untuk meredakan bau pada kandang, tetapi juga sebagai alas tidur landak mini. Biasanya, landak suka bersembunyi di bawah serbuk kayu saat tidur. 

Namun, pastikan kamu mengganti serbuk kayu jika sudah mulai basah dan lembab. Hal ini untuk mencegah tumbuhnya jamur pada tubuh landak mini dan bau menyengat pada kadang.

serbuk kayu untuk landak mini
Vitakraft Serbuk Kayu Hamster 15 Ltr

Cek di sini

3. Berikan Makanan Kering yang Tepat

Landak mini dapat memakan hampir segala jenis makanan, dari buah, jamur, hingga binatang kecil seperti jangkrik dan ulat.

Selain itu, kamu bisa memberikan makanan kering untuk kucing sebagai alternatif. Pilih makanan kering kucing dengan tinggi protein dan rendah lemak. Jadinya, landak tidak mudah mengalami obesitas dan menerima asupan gizi yang seimbang. 

makanan landak mini
Sumber: unsplash.com
tips memelihara landak mini
Royal Canin Protein Exigent Dry Makanan Kucing Dewasa 400 Gr

Cek di sini

merawat landak mini yang tepat
Happy Cat 4 Kg Makanan Kucing Young Kitten Farm Poultry

Cek di sini

4. Berinteraksi dengan Landak Mini Secara Rutin

Landak mini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Biasanya, hewan ini akan menggulungkan badannya ketika diangkat untuk memproteksi diri.

Meskipun begitu, berinteraksi dengan landak mini tidak terlalu sulit. Sebelum mengangkatnya dengan tangan, kamu perlu membiarkannya mengendus telapak tanganmu terlebih dahulu. 

Baca Juga:   6 Jenis Nutrisi Ini Wajib Ada Dalam Makanan Kucing

Sebab, landak mini memiliki penglihatan yang buruk, tetapi punya indra penciumannya yang tajam. Ini akan membuat mereka lebih mudah berinteraksi dengan bau pemiliknya. 

cara berinteraksi dengan landak mini
Sumber: unsplash.com

5. Mandikan Landak Mini Secara Rutin

Hewan kecil ini memang gampang bau. Pasalnya, hewan ini sering tidur dan membuang urin di tempat yang sama. Ini yang membuatnya sering terpijak dan menempel pada kulit. 

Agar landak tetap bersih dan sehat, kamu bisa memandikannya rutin seminggu sekali. Gunakan bersuhu normal dan sikat bagian punggung landak dengan sikat gigi dan sabun bayi. Pastikan menyikatnya dengan perlahan dan satu arah agar duri tidak lepas. 

6. Berikan Vitamin Hewan 

Siapa bilang vitamin hanya untuk hewan besar? Faktanya, hewan bertubuh kecil juga membutuhkan asupan vitamin. Kamu bisa memberikan vitamin khusus landak mini yang biasanya tinggal dicampurkan pada minuman dan makanan. 

Nah, itu dia beberapa tips merawat landak mini yang wajib kamu ketahui sebagai pemula.

Temukan perlengkapan hewan peliharaan hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Situs belanja online ruparupa.com menjual berbagai kebutuhan hewan peliharaan dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Pet Kingdom, ACE, Informa, dan lain sebagainya.