16 Jenis Kaktus yang Bikin Rumah Jadi Estetik

0
1352
Jenis kaktus wajib anda punya
Sumber : https://www.pinterest.com/

Siapa yang tidak suka dengan tanaman kaktus? Bentuknya yang unik dengan ciri khas ada durinya ini, selalu menarik perhatian. Apalagi, jenis kaktus sangat beragam, mulai dari ukuran besar hingga yang paling kecil.

Selain tampilannya yang cantik, tanaman eksotis ini punya perawatan yang cukup mudah. Mereka bisa tumbuh di daerah dengan sedikit air.

Ruparupa Banner

Macam-macam Kaktus yang Paling Populer

Apakah Anda juga suka dengan tanaman hias satu ini? Bila ya, kenali beberapa jenis kaktus berikut, yuk.

1. Cereus Tetragonus

jenis kaktus fairy castle cactus
Sumber : https://www.moneyinc.com/

Jenis kaktus asal Amerika ini bisa mencapai tinggi sampai 2 meter, lho. Tidak heran kalau banyak orang menggunakan kaktus cereus tetragonus atau yang dikenal sebagai kaktus candi untuk pagar di pekarangan rumahnya.

Namun, kaktus candi tidak langsung tumbuh tinggi. Ukuran awal kaktus ini justru sangat kecil sehingga sering disebut sebagai fairy castle cactus.

2. Old Man Cactus

Old man cactus
Sumber : https://www.planetdesert.com/

Old man cactus, si pemilik nama asli Cephalocereus Senilis ini, merupakan kaktus dengan ciri khas daun tipis lebat berwarna putih.

Kaktus ini kadang mendapat julukan kaktus uban. Meski begitu kaktus uban punya perawatan yang sangat mudah. Anda hanya perlu semprotkan air seminggu sekali untuk menghilangkan debu.

3. Ariocarpus

Ariocarpus
Sumber : https://www.worldofsucculents.com/

Kaktus primadona Ariocarpus merupakan tanaman asal Texas yang sulit ditemukan. Bentuk kaktus ini cukup unik karena terdiri dari daun-daun berbentuk segitiga, yang tersusun spiral seperti mahkota.

Meski tidak berduri, kaktus ini punya bunga yang cantik, loh. Ada berwarna putih, pink, bahkan kuning.

4. Astrophytum Asteria

Astrophytum asteria
Sumber : https://www.pinterest.com/

Satu lagi kaktus yang tidak memiliki duri, tetapi punya bunga kuning yang sangat indah di atasnya, bernama Astrophytum Asteria. 

Anda pun tidak perlu menyiramnya setiap hari karena ia tahan akan kekeringan. Perawatan kaktus ini hanya perlu memanfaatkan sinar matahari dan pupuk. Jadi, Anda bisa meletakkannya di dekat jendela, lho.

Baca Juga:   6 Manfaat Bunga Lotus Untuk Kesehatan

Namun, ukuran kaktus Astrophytum Asteria tidak bisa besar. Ia hanya dapat bertumbuh mencapai ukuran diameter 6,5cm.

5. Melocactus Azureus

jenis kaktus kaktus melon
Sumber : https://www.shopaltmanplants.com/

Jenis kaktus yang paling populer di Brazil ini, memiliki julukan sebagai kaktus melon karena bentuknya yang bulat. Keunikan lain dari kaktus ini adalah duri panjang berwarna cokelat bata, seperti gambar di atas.

6. Kaktus Lilin

kaktus lilin
Sumber : https://www.plantstory.com/

Keluarga Cactaceae ini bisa memiliki 3-14 tulang rusuk, loh. Merawat kaktus lilin cukup mudah karena ia lebih memilih terkena sinar matahari penuh. Jadi, Anda tidak perlu menyiramnya terlalu sering.

Kaktus lilin juga punya bunga unik, yang hanya mekar pada bulan Juli hingga Oktober.

7. Echinocactus Grusonii

Kaktus bulan
Sumber : https://www.maison.20minutes.fr/

Kaktus dengan panggilan golden barrel ini memiliki bentuk seperti bulan, yang tertutupi oleh duri berwarna kuning. Selain itu, golden barrel juga punya mahkota berwarna kuning terang.

Perawatan Echinocactus Grusonii hanya membutuhkan penyiraman sebanyak 1 kali dalam 3 bulan.

8. Pilosocereus Pachycladus

Pilosocereus Pachycladus
Sumber : https://www.planetdesert.com/

Pilosocereus Pachycladus merupakan jenis kaktus yang memiliki daya tarik pada warnanya. Ciri khas dari kaktus ini adalah warna hijau kebiruan yang cantik. Jadi, cocok Anda gunakan sebagai hiasan di rumah.

9. Mammillaria Fraileana

jenis kaktus Mammillaria Fraileana
Sumber : https://www.cactofilia.com/

Kaktus mini satu ini memiliki bunga besar berwarna pink dan putih yang menutupi seluruh bagian atas batang.

Sedangkan batang utama Mammillaria Fraileana, ditutupi oleh duri coklat kemerahan yang ramai. Anda bisa memakai kaktus ini sebagai dekorasi rumah.

10. Gymnocalycium Mihanovichii

Gymnocalycium Mihanovichii
Sumber: https://www.pinterest.jp/

Merupakan salah satu spesies moon catus, jenis kaktus ini punya ciri khas berwarna terang, mulai dari warna kuning kemerahan, merah keunguan, bahkan merah muda.

Namun, ukuran maksimal dari batang kaktus ini hanya mencapai 5 cm. Jadi, cocok untuk Anda letakkan di dekat jendela rumah.

11. Opuntia Microdasys

Opuntia Microdasys
Sumber : https://www.thespruce.com/

Kaktus ini memiliki julukan angel wings cactus karena punya batang panjang dan lebar, yang menyerupai sayap. Kaktus Opuntia Microdasys juga bisa tumbuh lebat dan punya tinggi mencapai 60 cm. Jadinya, bisa membuat pekarangan rumah terlihat lebih cantik.

Baca Juga:   23 Jenis Tanaman Aglaonema dan Cara Merawatnya

12. Schlumbergera

Schlumbergera
Sumber : https://www.worldofsucculents.com/

Mendapat julukan christmas cactus, jenis tanaman satu ini memiliki bunga, yang hanya mekar menjelang akhir tahun. Bunga kaktus berwarna merah muda dan merah terang, membuatnya menjadi tanaman khas saat Hari Natal.

Berbeda dari kaktus kebanyakan, tanaman satu ini suka dengan kelembaban sehingga perlu Anda siram setiap harinya.

13. Parodia

Parodia
Sumber : https;//www.worldofsucculents.com/

Kaktus berbentuk menyerupai bola ini bisa tumbuh hingga 15 cm. Namun, ia tidak terlalu suka dengan panas terik. Jadi, Anda harus meletakkannya di tempat yang teduh.

Keunikan dari kaktus Parodia adalah bunga besar berwarna kuning atau orange, yang terdapat di bagian atasnya.

14. Mammillaria Elongata

Mammillaria Elongata
Sumber : https://www.cactuspro.com/

Mammilaria Elongate memiliki bentuk silinder, menyerupai jari, dan diselimuti oleh duri-duri tipis. Tanaman asal Brazil ini punya bunga berwarna putih atau kuning.

15. Astrophytum Myriostigma

Jenis kaktus Astrophytum Myriostigma
Sumber : https://www.pinterest.com/

Jenis kaktus satu ini mendapat julusan bishop’s cap cactus karena batangnya yang terdiri dari 5-6 ruas sehingga membentuk bintang. Tidak hanya itu, kaktus ini juga punya bunga berwarna putih kekuningan.

16. Feather cactus

Feather cactus
Sumber : https://www.worldofsucculents.com/

Pemilik nama asli Mammillaria Plumosa ini, punya ribuan duri bak bulu putih, yang menutupi hampir seluruh permukaan batang. Selain itu, kaktus ini terlihat sangat indah karena punya bunga putih kecil, yang tumbuh pada bagian atas.

***

Itu dia beberapa jenis kaktus yang bisa menjadi pilihan untuk dekorasi rumah.

Bagi para pencinta tanaman berduri cantik ini, kami punya beberapa rekomendasi kaktus, yang bisa Anda temukan hanya di Ruparupa.com

Pot tanaman
Clover 14 Cm Pot Bunga Persegi – Hitam – Temukan hanya di ruparupa.com

Beli di sini

Kaktus artifisial
Arthome 20 Cm Tanaman Artifisial Kaktus Dengan Pot Keramik – Beli di ruparupa.com

Beli di sini

kaktus artifisial
Arthome 12cm Tanaman Artifisial Cactus – Merah – Beli di ruparupa.com

Beli di sini

Ruparupa.com merupakan situs belanja online terlengkap, yang menyediakan berbagai kebutuhan bercocok tanam, mulai dari pot, sekop, bahkan pupuk dari brand terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE Hardware, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi. Yuk, belanja sekarang!