Tips Menjaga Rumah Aman dari Pencuri

0
148
tips menjaga rumah aman dari pencuri

Hampir setiap hari televisi menayangkan berita tentang maraknya kejahatan ataupun tindakan kriminal. Kejahatan memang tidak mengenal siapa korbannya, dan kejahatan dapat pula dipicu berbagai hal. Kondisi ekonomi yang seringkali membuat orang menjadi gelap mata hingga nekad melakukan tindak kejahatan, namun tak jarang juga kejahatan terjadi karena adanya kesempatan. Misalnya seorang pencuri tiba-tiba melihat rumah yang tidak dikunci dan tidak berpenghuni karena dia melihat ada kesempatan untuk masuk ke dalam rumah, akhirnya terjadilah pencurian di rumah itu.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk menjaga rumah aman dari pencuri?

Berikut kami berikan tips menjaga rumah aman dari pencuri yang bisa Anda coba terapkan di rumah.

  1. Akses utama yang biasa digunakan oleh pencuri adalah pintu dan jendela
    Pastikan pintu dan jendela di rumah Anda dalam keadaan terkunci sebelum Anda meninggalkan rumah atau sebelum tidur.
  2. Tambahkan teralis pada setiap jendela yang ada di rumah
    Pilih bahan yang kuat sehingga tidak mudah dibengkokkan atau dipotong. Gunakan besi teralis yang rapat yang lebih kecil dari ukuran tubuh manusia.
  3. Apabila Anda sering pulang malam hari, gunakan perangkat lampu otomatis yang akan menyala saat hari mulai gelap
    Dengan kondisi lampu yang menyala, pencuri akan mengira rumah dalam kondisi berpenghuni lalu mengurungkan niatnya untuk mencuri.
  4. Selalu waspada dengan tamu yang tidak dikenal
    Kewaspadaan akan hal ini diperlukan sebab ada kemungkinan mereka menyamar sebagai petugas atau salesman untuk mendapatkan gambaran kondisi rumah Anda sebelum beraksi.
  5. Gunakan perangkat CCTV
    Pasang CCTV di beberapa area tertentu yang bisa Anda lihat dari smartphone Anda. Ini memudahkan Anda untuk memonitor kondisi rumah.
  6. Pasang kunci ganda di rumah Anda
    Selain menggunakan kunci gembok rumah, Anda bisa menambahkan selot atau gerendel untuk mempersulit pencuri masuk ke dalam rumah Anda. Anda juga bisa menggunakan gembok alarm yang akan berbunyi saat ada orang yang berupaya menerobos masuk rumah Anda. Semakin terkena guncangan/dibuka paksa maka gembok alarm ini akan berbunyi semakin keras yang bisa membangunkan Anda ataupun tetangga sebelah rumah. Kelebihan dari gembok alarm ini adalah memiliki sistem kunci yang tidak dapat diduplikasi, menghasilkan bunyi yang bisa membangunkan Anda atau memancing perhatian tetangga/petugas keamanan dan tahan terhadap cuaca.

Demikianlah tips menjaga rumah aman dari pencuri yang bisa Anda terapkan di rumah Anda.

Tertarik mencoba gembok alarm untuk melindungi rumah Anda? Segera pilih berbagai jenis gembok alarm yang bisa menjadi pilihan Anda.

Tetap waspada ya!