Tips Memilih Oli & Pelumas untuk Kendaraan

0
2007
oli & Pelumas

Merawat kendaraan baik roda dua ataupun roda empat memang harus secara rutin terutama memperhatikan oli & pelumas. Terlebih perawatan ini menyangkut keselamatan pengendara ketika menggunakannya di jalan raya. Kendaraan yang terawat dengan baik bisa Anda gunakan senyaman mungkin dan tentunya aman dari kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi. Memilih oli tidak bisa sembarangan karena harus sesuai dengan tipe mesin yang kendaraan Anda miliki.

Para montir yang ada di bengkel biasanya akan merekomendasikan jenis oli yang cocok dan terbaik untuk kendaraan. Tetapi sebagai pemilik kendaraan juga harus tahu oli & pelumas seperti apa yang Anda butuhkan untuk membuat kendaraan terawat dari segi mesin. Beberapa tips dalam memilih dua komponen ini bisa Anda gunakan seperti berikut.

Ruparupa Banner

Tips Memilih Oli & Pelumas Terbaik

1. Lihat Kekentalan Oli

pelumas
Liquid Wrench Pelumas Pro 311 Gr

Hampir semua oli mesin memiliki fungsi yang sama untuk kendaraan. Tetapi pelumas tidak bisa berfungsi maksimal jika kandungannya tidak sesuai dengan mesin yang ada pada kendaaraan Anda. Perbedaan oli bisa Anda lihat dari kekentalan yang cairan miliki. Tingkat kekentalan ini ditunjukkan dengan nomor SAE atau society of Automotive Engineer. Jika oli semakin encer maka memberi dampak baik untuk mesin mobil Anda. Perhatikan tingkat kekentalan atau Viscosity-grade yang oli miliki.

2. Baca Manual Book Kendaraan

oli mesin
Motul Oli Mesin Motor Gp Power 10 W 40 1 Ltr

Tips paling mudah dalam memilih oli & pelumas adalah dengan membaca manual book dari kendaraan Anda. Nantinya di dalam buku panduan tersebut, Anda bisa melihat bagaimana spesifikasi mesin dan jenis oli yang tepat. Memilih oli yang cocok bisa dengan melihat mesin dan kualitasnya bukan hanya dari segi merk yang populer. Baca manual book dari kendaraan Anda dan perhatikan setiap informasi yang ada agar pemilihan oli tidak sembarangan.

Baca Juga:   Tips Memilih Busi Kendaraan Bermotor Untuk Kinerja Kendaraan Yang Optimal

3. Ketahui Ciri Oli Palsu

lubricating oil
Liquid Wrench Lubricating Oil 311 Gr

Sekarang ini banyak sekali oli palsu yang beredar dan tentu mengkhawatirkan. Apalagi oli memiliki fungsi penting dalam berkendara. Penjual oli akan mematok harga murah dibanding standar dan hal ini patut Anda curigai. Ciri oli palsu bisa Anda lihat dari warga, warna pelumas yang biasanya lebih pekat dan bau yang cukup tengik dan kasar. Dari sini bisa Anda lihat seperti adanya kandungan logam. Maka dari itu sebaiknya Anda segera mengganti oli & pelumas yang cocok di bengkel kepercayaan Anda.

4. Perhatikan Bahan Pembuatan Oli

oli mesin mobil
Yacco Oli Mesin Mobil 0w20 1 Ltr

Ketahui bahwa oli kendaraan sekarang ini terbagi menjadi dua jenis bahan. Pertama adalah oli sintetis dan kedua adalah mineral. Oli sintetis berasal dari berbagai bahan kimia dan bersifat aditif. Sementara untuk oli mineral berasal dari ekstraksi minyak bumi. Dari sini Anda bisa tahu manakah jenis oli yang bagus. Oli mineral adalah yang terbaik karena mengalami proses yang alami daripada oli sintesis.

5. Pahami Bagaimana Karakter Mesin

https://res.cloudinary.com/ruparupa-com/image/upload/f_auto,q_auto/l_2.1:c5f05d:8cb583/f_auto,q_auto:eco/v1511463616/Products/10092776_1.jpg
Yacco Oli Mesin Motor 4t 5w40 1 Ltr

Tips berikutnya dalam memilih oli & pelumas terbaik dalah dengan memahami bagaimana karakter mesin kendaraan yang Anda miliki. Cara ini terbilang paling mudah karena bisa dengan cara melihat manual book kendaraan. Cermati bagaimana spesifikasi mesin dan jenis oli yang tepat karena dengan mengetahui karakter mesin maka kita bisa menentukan pelumas seperti apa yang dibutuhkan kendaraan.

Baca Juga:   Amankan Kendaraan sebelum Mudik

Baik oli maupun pelumas memang memegang peranan penting agar kondisi kendaraan terawat baik. Pelumas berfungsi untuk memuluskan gerak mekanis dari komponen mesin. Oli & pelumas bisa mengoptimalkan kemampuan kendaraan kita secara menyeluruh sehingga ketika digunakan bisa berfungsi dengan baik. Memilih pelumas harus mengetahui dan paham bagaimana kualitas yang baik dan penggantiannya juga harus secara rutin untuk merawat mesin.

Salah satu kriteria pelumas yang baik adalah yang memiliki kandungan molybdenum. Fungsinya adalah sebagai friction modifier dengan membentuk lapisan yang ada di atas permukaan metal di dalam mesin. Dan fungsi dari pelumas ini adalah mengurangi gesekan agar kinerja mesin juga bisa lebih optimal serta membuat bahan bakar lebih hemat.

Cara mengecek kandungan ini bisa dengan memperhatikan pada keterangan kemasan pelumas. Biasanya akan dicantumkan secara detal dan terperinci bagaimana bahan baku dan teknologi yang digunakan. Oli & pelumas yang berkualitas berdampak sangat bagus untuk ketahanan mesin kendaraan Anda.

Kualitas pelumas juga bisa diketahui dari wujudnya. Jika warna kuning jernih berarti pelumas tersebut bagus. Tetapi jika Anda ingin pelumas lebih bagus lagi maka warnanya akan lebih jernih dan bening. Bisa juga dipantau dengan melihat Indeks Viskositas (Viscosity Index) yang pada umumnya adalah 80 hingga 100.

Pelumas dengan kualitas baik akan mengadopsi standar API atau American Petrolium Institute. Standar ini memiliki interval penggantain secara berkala dan lebih lama. Misalnya saja seperti 10.000 km atau selama enam bulan sekali seperti yang ada di buku petunjuk.

Untuk menemukan jenis oli & pelumas berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di ruparupa.com. segala bentuk kebutuhan aksesoris otomotif juga bisa Anda temukan dengan harga terjangkau. Pilih oli ataupun pelumas terbaik untuk merawat kendaraan Anda dan menjamin keselamatan saat berkendara. Mengingat dua hal tersebut merupakan komponen penting dan berperan besar untuk merawat mesin kendaraan.

Editor: Sharon Suryaatmadja