7 Cara Mudah Mengganti Ban Mobil Sendiri

0
1795
Sumber: Unsplash.com

Apakah kamu akan berpergian jauh dengan mobil? Bila ya, sebaiknya kamu mempelajari cara mengganti ban mobil untuk mengantisipasti kejadian yang tidak terduga, seperti ban bocor di tengah jalan.

Namun, pastikan kamu telah mempersiapkan alat untuk mengganti ban mobil, seperti ban serep, dongkrak pas, dan kunci pas. Jadinya, kamu bisa siaga saat terjadi hal yang darurat.

Ruparupa Banner

Lalu, Bagaimana Cara Mengganti Ban Mobil?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah mengganti ban mobil ini agar dapat berkendara dengan aman sampai ke tujuan.

1. Tepikan Mobil ke Lokasi yang Aman dan Berikan Tanda

Ketika menyadari bahwa ban mobil kamu kempes, hindari langsung menginjak rem dan mengubah arah secara mendadak. Hal tersebut bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas, terutama ketika kamu melanju di jalan tol.

Lebih baik tetap berjalan secara perlahan dan nyalakan lampu hazard. Tujuannya agar mobil dibelakang kamu tetap bisa hati-hati ketika suatu saat kamu berhenti. Lalu, carilah tempat untuk menepi di bahu jalan.

Pastikan permukaan jalan rata dan lurus agar kamu lebih mudah mengganti ban mobil. Selain itu, hindari berhenti di dekat tikungan karena jarak pandang pengemudi lain lebih terbatas.

Baca Juga:   6 Cara Ampuh Membersihkan Panci Gosong

Setelah  menepi, kamu bisa memasang tanda peringatan supaya pengemudi yang lain lebih hati-hati. Berikut rekomendasi tanda peringatan mobil berhenti yang bisa kamu pasang.

peralatan darurat mobil
Coido Set Peralatan Darurat Mobil

Beli di sini

Segitiga Pengaman Reflective 4 Pcs

Beli di sini

2. Siapkan Peralatan Ganti Ban Mobil

Ada beberapa peralatan yang kamu butuhkan untuk mengganti ban, yaitu dongkrak, kunci pas, dan tentunya ban cadangan. Oleh karena itu, pastikan ketiga barang tersebut selalu tersedia di mobil.

Peralatan tambahan lain yang bisa kamu siapkan adalah senter, sarung tangan, buku manual, tool kit, dan lain-lain. Kamu bisa menyiapkan tool kit dari Ruparupa.com seperti di bawah ini.

Krisbow Flaring Tool Kit

Beli di sini

Krisbow Set 42 Pcs Perkakas Kebutuhan Rumah Lrtkh42

Beli di sini

3. Kendurkan Baut Ban

Nah, sekarang kamu membutuhkan perkakas untuk mengendurkan baut ban. Alat yang kamu butuhkan adalah kunci roda.

Cara untuk mengendurkan baut ban cukup mudah. Kamuhanya perlu putar baut roda berlawanan dengan arah jarum jam. Namun, saat mengendurkan baut mobil,  jangan sampai terlepas, terutam bila dongkrak belum terpasang.

Krisbow Kunci Palang Roda 35.5 Cm

Beli di sini

Maxb Kunci Palang Roda 14 Inci

Beli di sini

4. Angkat Mobil Dengan Dongrak

Setelah itu, kamu perlu mengangkat mobil memakai dongkrak. Caranya, tempatkan dongkrak di bagian bawah mobil. Pastikan dongkrak selalu tegak lurus dengan tanah setiap saat.

Titik pemasangan dongkrak biasanya terletak di sekitar roda mobil, yang memang sudah dirancang khusus oleh perusahaan mobil.

Untuk berjaga-jaga kalau dongkrak tidak sanggup menopang bobot mobil, tempatkan ban cadangan di bawahnya. Pastika kamu memakai dongkrak mobil sampai roda yang mau diganti terangkat dari tanah dan bisa ditarik keluar.

5. Lepaskan Ban Lama

Ketika dongkrak berhasil menopang mobil dan ban lama memiliki ruang untuk ditarik, ambil kunci roda lagi dan kendurkan baut ban hingga benar-benar lepas.

Pastikan kamu menyimpan bautnya di tempat yang aman agar tidak kesulitan mencarinya saat akan dipasang lagi. Lalu, tarik ban yang bermasalah sampai keluar.

6. Pastikan Ban Cadangan Dalam kondisi Baik

Sebelum memasang ban cadangan, pastikan ban dalam kondisi yang baik dan tekanan anginya ideal.

Kalau sudah, masukkan ban pada roda dan kencangkan setiap baut secara bergantian sedikit demi sedikit menggunakan kunci roda. Putar searah jarum jam sampai terasa benar-benar kencang.

7. Lepaskan Dongkrak dan turunkan mobil ke jalan

Sumber: Pexels.com

Setelah semua baut terpasang dengan kencang, turunkan mobil dan lepaskan dongkrak perlahan. Pastikan semua roda sudah rata dengan tanah.

Lalu, periksa kembali satu per satu sampai baut-bautnya benar-benar tidak bisa bergerak lagi. Setelah itu, mobil pun sudah bisa digunakan kembali.

Itu dia langkah-langkah untuk mengganti ban mobil yang bisa kamu ikuti. Nah, kamu bisa menemukan berbagai peralatan otomotif yang mempermudah proses ganti mobil hanya di Ruparupa.com.

Ruparupa.com merupakan situs belanja online yang menyediakan berbagai kebutuhan dan perabot sehari-hari dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Selamat berkendara dengan aman!