Kapan dan Seberapa Sering Idealnya untuk Cuci Mobil?

0
1287
cuci mobil dengan sabun
Sumber: pexels.com

Mencuci mobil adalah salah satu aktivitas yang penting dilakukan agar kendaraan kita tetap bersih dan terawat. Ada orang yang mencucinya secara rutin, tetapi ada juga yang baru mencucinya ketika kondisi mobilnya sudah sangat kotor. Nah, kalau kamu bagaimana?

Waktu Ideal Cuci Mobil

Sebenarnya, mencuci mobil tidak harus setiap hari dan menunggunya sampai kotor. Namun, ada beberapa waktu ideal cuci mobil yang bisa kamu lakukan. Seperti apa? Simak berikut ini. 

1. Pertimbangkan kondisi jalan

Agar lebih mudah mengetahui kapan saat yang tepat buat cuci mobil, kamu bisa mempertimbangkan kondisi jalan yang dilalui kendaraan kamu setiap harinya.

Jika mobil kamu selalu melewati jalanan yang berdebu, kamu dapat mencucinya minimal 2 hari sekali ya, Ruppers.

Banner_Inspo_Cuci Mobil

Tidak harus menggunakan sampo mobil, kamu bisa membersihkannya dengan cukup menyemprotkan air dan mengeringkannya. 

Namun, jika kamu ingin mencucinya menggunakan sampo, kamu bisa melakukannya seminggu sekali saja agar lapisan cat mobilmu tidak terkikis. 

Baca Juga:   Ini Dia Waktu dan Cara Tepat untuk Memandikan Kucing
menyemprot mobil
Sumber: pexels.com

2. Perhatikan cuaca

Selain kondisi jalan, kamu juga harus memperhatikan cuaca. Jika dalam kondisi panas, usahakan untuk mencucinya 1-2 kali dalam seminggu. 

Namun, saat musim penghujan, usahakan untuk langsung mencuci mobil setelah terkena air hujan. Jadinya, mobil kamu tidak timbul flek-flek air yang mengering. 

mencuci mobil dengan sabun
Sumber: pexels.com

3. Saat jarang digunakan

Biasanya, ketika mobil jarang digunakan, pasti akan muncul debu di bagian luar, sedangkan bagian interior mobil, bisa saja mengalami jamuran.

Oleh karena itu, kamu juga harus sering membersihkannya, terutama saat debu masih belum terlalu tebal. Cukup semprotkan dengan air dan keringkan dengan lap. 

Kamu juga dapat mengelap bagian dashboard dan jok mobil agar tidak muncul jamur. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan bagian dalam mobil. 

mengelap interior mobil
Sumber: pexels.com

4. Terkena getah pohon

Saat pergi ke suatu tempat, mungkin kita akan parkir di bawah pohon. Ternyata, hal tersebut dapat membuat getah pohon menempel dan mengotori  mobil kamu, lho.

Nah, kalau sudah begini, kamu harus segera mencucinya agar tidak semakin menghitam dan merusak vernis mobilmu. 

Baca Juga:   20 Perlengkapan Olahraga Ala Gym di Rumah

5. Cuci saat pagi hari

Waktu yang paling tepat untuk mencuci mobil adalah saat pagi hari. Soalnya, udara masih terasa hangat dan sinar matahari juga tidak terlalu menyengat.

Selain itu, air dan sabun tidak akan mudah mengering di mobil ketika kamu mencucinya di pagi hari.

Hal ini tentunya sangat baik untuk menghindari munculnya flek air yang membekas di mobil kamu. 

mencuci mobil
Sumber: unsplash.com

Nah, itu dia 5 waktu yang tepat untuk cuci mobil kamu. Selain waktu, kamu juga harus memperhatikan berbagai alat-alat untuk membersihkan mobil, seperti sabun cuci mobil, spons, hingga lap pengeringnya. 

Perhatikan juga sabun cuci mobil yang kamu gunakan. Pastikan sabun tersebut mempunyai tingkat keasaman atau pH yang seimbang, yaitu 7. Jadinya,  tidak menimbulkan bintik-bintik putih di badan mobil. 

Nah, kamu dapat menemukan peralatan dan perlengkapan cuci mobil berkualitas dari Ruparupa.com dengan klik di sini.

Simak juga beberapa rekomendasi produk pembersih mobil, seperti berikut ini.

Meguiars Gold Class Shampoo Dan Conditioner Mobil 1.9 Ltr
Meguiars Gold Class Shampoo Dan Conditioner Mobil 1.9 Ltr beli di Ruparupa.com.
Shampoo ini dapat membersihkan mobilmu dengan sangat baik dan dilengkapi oleh tingkat keasaman yang sesuai sehingga tidak merusak mobilmu.

Beli di sini

Ace Lap Chamois Sintetis
Ace Lap Chamois Sintetis beli di Ruparupa.com.
Bersihkan mobilmu secara menyeluruh dengan menggunakan lap sintetis satu ini sehingga dapat menghilangkan noda membandel.

Beli di sini

Ace Sikat Pembersih
Ace Sikat Pembersih beli di Ruparupa.com.
Bersihkan bagian dalam mobilmu dengan menggunakan sikat ini. Sikat pembersih dari ACE dapat membersihkan permukaan mobil, khususnya yang berbahan kain.

Beli di sini