7 Tips Memilih Keramik Kamar Mandi

0
1330
Sumber: unsplash.com/@sidekix media

Memilih lantai keramik kamar mandi memiliki tantangan yang terbilang susah-susah gampang. Karena ukuran keramik yang relatif kecil dan kondisi ruangan yang selalu basah membuat kita harus jeli dalam memilih keramik yang tepat. Selain itu, pemilihan warna juga memengaruhi suasana dan mood kamu saat dalam ruangan. Maka sebaiknya kamu memahami kiat-kiat memilih keramik yang tepat agar ketahanan dan ketepatannya sesuai saat diaplikasikan di kamar mandimu.

7 Tips Memilih Keramik Kamar Mandi

Ruparupa Banner

Kamar mandi memiliki keunikan yang sedikit berbeda daripada ruangan lain. Apabila ruangan lain hanya menggunakan keramik pada lantai, tapi tidak pada kamar mandi. Umumnya penempatan keramik pada kamar mandi juga melapisi seluruh permukaan dinding agar tak mudah berjamur dan lebih mudah dibersihkan meski sering terkena siraman air.

Sebelum itu, pastikan kamu sudah memilih kriteria motif kamar mandimu. Terutama apabila kamu ingin menggabungkan beberapa motif dan ukuran keramik. Sebaiknya kamu pertimbangkan kembali pemasangan yang tepat di lantai atau juga dapat digunakan pada tembok dan bak kamar mandi. Meski kelihatan sepele dan jarang diperhatikan, namun ini akan memengaruhi desain kamar mandi secara signifikan. Yuk simak tips memilih keramik kamar mandi untuk mempermudah mewujudkan kamar mandi impianmu.

Sesuaikan dengan ukuran ruangan

kemarik kamar mandi minimalis gelap
Sumber: unsplash.com/@rarchitecture_melbourne

Ukuran sebuah keramik biasanya menyesuaikan ukuran kamar mandi yang tersedia. Jika kamar mandi kecil maka bisa menggunakan keramik berukuran kecil, sedangkan jika  berukuran sedang dan besar maka bisa memilih ukuran yang berbanding lurus dengan kamar mandi. Pada umumnya, lantai kamar mandi memiliki ukuran 20×20 cm, dan dinding keramik menggunakan ukuran 20×25 cm.

Baca Juga:   11 Jenis Tanaman Begonia Untuk Hunian Nyaman

Tipsnya adalah gunakan ukuran keramik yang sesuai agar dapat menghasilkan perpaduan yang senada. Jika memadukan keramik besar pada kamar mandi kecil, maka dikhawatirkan akan terpotong dan terbuang sia-sia. Sebaliknya, kamar mandi besar cukup menggunakan keramik kecil sebagai elemen dekoratif karena semakin besar penggunaan keramik pada ruangan yang luas, maka akan membantu membuat ilusi mata yang luas.

Pilih ketebalan dan tekstur dengan kualitas terbaik

kemarik kamar mandi  minimalis
Sumber: unsplash.com/@sidekix media

Selain memiliki ukuran yang beragam, perlu kamu ketahui bahwa keramik memiliki jenis ketebalan dan tekstur permukaan yang berbeda. Poin ini sangat perlu diperhatikan agar kamu tidak memilih keramik dengan bahan yang terlalu tipis ataupun licin. Dikarenakan lantai kamar mandi cenderung selalu basah dan lembap, terkadang akan membuatnya mudah retak dan berlumut. Jika tekstur keramik memiliki permuakaan yang terlalu glossy dan licin, tentu akan lebih memperbesar kemungkinan membuat kamu terpeleset.

Sebagai solusinya, kamu dapat memilih keramik dengan tekstur kasar sehingga tidak terlalu licin meski terpapar siraman air. Sedangkan untuk kamu yang menginginkan keramik bertekstur kasar, kamu dapat menggunakan anti slip di lantai dan mengeringkan area basah secara berkala. Untuk keamanan maksimal, kamu dapat membangun shower tertutup agar air tidak menciprat permukaan lantai yang lain.

Sesuaikan dengan budget

Jangan lupa untuk menentukan budget sebelum kamu memutuskan memilih keramik. Pasalnya, keramik kamar mandi memiliki tingkatan kualitas yang berbeda. Dengan kamu sudah memiliki nominal budget yang kamu miliki, proses pemilihan keramik pun akan jadi jauh lebih mudah.

Baca Juga:   6 Obat Covid Isolasi Mandiri yang Berbahaya

Ciptakan kreasi yang unik

kemarik kamar mandi putih
Sumber: unsplash.com/@bittersweetmachiatto

Sudah bosan dengan bentuk keramik persegi ataupun persegi panjang? Nah, sudah saatnya kamu memvariasikan keramik tersebut dengan pemasangan miring secara selang seling, ataupun memilih variasi keramik yang unik seperti hexagon. Selain membantu meningkatkan tampilan estetika di kamar mandi, variasi ini juga membantu mengurangi tekstur licin di lantai.

Warna satu tone memberikan hasil yang elegan

keramik kamar mandi granit
Sumber: unsplash.com/@rarchitecture_melbourne

Tips yang satu ini dapat kamu lakukan untuk memeroleh desain kamar mandi yang cantik dan elegan dipandang mata. Permainan warna senada bisa membantu menghasilkan komposisi warna yang apik untuk membantu menetralkan suasana.

Mempertimbangkan perawatan yang sesuai

Kamar mandi merupakan wilayah paling rentan lembab dan diserang oleh lumut. Untuk itu, pastikan kamu memilih penggunaan keramik yang sesuai. Misalnya meletakkan keramik berwarna putih pada wilayah yang jarang terpapar air dan kotoran agar kualitas warnanya tetap terjaga.

Itu dia sejumlah tips memilih keramik kamar mandi idaman yang dapat Ruppers pertimbangkan. Jangan lupa bahwa keramik bukan satu-satunya elemen yang perlu kamu pertimbangi, melainkan juga membutuhkan perawatan khusus agar kualitas tetap terjaga.

Kini ruparupa.com juga menyediakan berbagai keperluan perabot dan alat kebersihan kamar mandi yang dapat mempercantik tampilan kamar mandi kamu. Berikut merupakan sejumlah rekomendasi yang dapat kamu cobain.

Tatay 70×36 Cm Keset Kamar Mandi Anti Slip – Putih
Astonish 750 Ml Pembersih Kamar Mandi
tirai kemarik kamar mandi
Tirai Kamar Mandi 180×180 Cm Motif Kotak – Biru