5 Tips Memilih Kandang Hamster Serta Rekomendasi Terbaiknya

0
2138
memilih kandang hamster
Sumber: Unsplash/Alex Konokh

Bila kamu suka hewan peliharaan yang ukurannya kecil, maka hamster bisa menjadi solusi terbaik. Namun, kita perlu memilih kandang yang tepat buat hamster

Soalnya, kandang yang tidak sesuai bisa memengaruhi kesehatan dan kenyamanan hamster. Memang, ada banyak jenis kandang yang bisa kita temukan di pasaran, tetapi tidak semuanya cocok buat hamster.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Memilih Kandang Hamster?

Melansir dari beberapa sumber, ini dia hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan dulu sebelum memilih kandang hamster.

1. Tentukan Bahan Kandangnya

memilih kandang hamster
Sumber: Unsplash/Jie Wang

Kamu bisa menentukan material kandangnya terlebih dahulu, yaitu besi atau plastik. Dari dua pilihan tersebut, bahan kandang yang kamu pilih harus nyaman dan aman bagi hamster, sehingga hewan tersebut tidak mudah terluka atau terkena masalah kesehatan.

2. Pilih yang Ukurannya Besar

hewan peliharaan
Sumber: Unsplash/Jie Wang

Dalam memilih kandang hamster, pastikan ukurannya besar. Soalnya, hewan ini cukup aktif sehingga membutuhkan ruang untuk bergerak dan bermain agar tidak mudah stres. Semakin besar ukuran kandangnya, maka akan semakin baik.

3. Utamakan yang Mudah Dibersihkan

Pastikan membersihkan kandang hamster setidaknya seminggu sekali. Bukan tanpa alasan, kandang ini akan menjadi tempat buat mereka membuang kotoran dan urin. Kalau tidak dibersihkan dengan rutin, kandangnya akan menjadi sumber penyakit dan bau.

Baca Juga:   8 Rekomendasi Merek Makanan Anjing Terbaik dan Bernutrisi

Kamu akan lebih mudah dalam membersihkan kandang yang berbentuk sangkar besi. Soalnya, jenis kandang tersebut memiliki baki di bagian bawah yang bisa kita lepas untuk  dibersihkan.

4. Pertimbangkan Ventilasi

hewan peliharaan
Sumber: Pixabay/Alicja

Pastikan kamu memilih kandang hamster yang memiliki ventilasi untuk menjamin kualitas udaranya. Selain sehat buat hamster, ventilasi yang cukup juga dapat mengurangi risiko bau di dalam kandang.

5. Utamakan Keamanan Hamster

Karena ukuran tubuhnya yang kecil, hamster dapat menyelinap dengan mudah. Untuk menghindari risiko hamster kabur di tengah malam, kamu harus memilih kandang yang memiliki jeruji dengan jarak sekitar 1 cm.

Rekomendasi Kandang Hamster Terbaik

Setelah mengetahui tips memilihnya, kami ingin memberikan beberapa rekomendasi kandang hamster berkualitas yang ada di situs ruparupa.

1. Kandang Hamster Ala Sirkus

memilih kandang hamster
Ferplast Kandang Hamster Circus Fun

Cek harga

Kandang ini terbuat dari plastik yang berukuran 49,5x34x42,5 cm dengan model sangkar kawat di setiap sisinya. Uniknya, kandang satu ini sudah dilengkapi dengan berbagai mainan buat hamster, seperti kincir, tangga, serta tempat makan dan minum.

Baca Juga:   5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memelihara Anjing

2. Kandang Hamster Portabel

memilih kandang hamster
Iris Kandang Hamster Portable – Biru

Cek harga

Ingin membawa hewan peliharaan untuk bepergian? Kamu bisa memilih kandang hamster portabel. Meskipun ada tutupnya, kandang ini sudah memiliki ventilasi di bagian sisi dan atas, serta erbuat dari plastik dengan ukuran 48.8×25.8×39.2 cm.

3. Kandang Hamster Oval

memilih kandang hamster
Acepet Kandang Hamster Oval Spaceship

Cek harga

Kandang hamster ini berbentuk oval dengan warna cerah sehingga unik dan menggemaskan. Ukurannya sekitar 29x35x26 cm dan sudah memiliki mainan kincir serta tempat makan di dalamnya.

4. Kandang Hamster Besi

memilih kandang hamster
Ferplast Criceti Pirates Kandang Hamster – Hitam

Cek harga

Jika ingin memilih kandang hamster yang mudah buat kamu bersihkan, pilih jenis sangkar kawat. Selain itu, kandang ini juga cukup luas buat hamster karena ukurannya mencapai 46×29.5×23 cm.

Dapatkan kandang hewan berkualitas
HEMAT Hingga 50% klik di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek-merek terbaik milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Selma, Krisbow, dan masih banyak lagi.