6 Tips Memilih Dekorasi Kamar Tidur Anak

0
97
Sumber: unsplash.com/@shirotayuri

Kamar tidur memiliki makna yang lebih dari sekedar tempat beristirahat bagi anak-anak. Melainkan, mereka memandang wilayah ini sebagai zona nyaman mereka untuk bermain, bercertia, hingga berimajinasi. Maka dari itu, berikut merupakan sejumlah tips dekorasi kamar tidur yang dapat kamu aplikasikan untuk menciptakan suasana kamar yang nyaman dan juga cocok dengan karakter si kecil.

6 Tips Memilih Dekorasi Kamar Tidur Anak

Sebagai orang tua pasti memiliki tantangan tersendiri saat ingin menata kamar tidur yang tepat untik si kecil. Karena kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang dapat membantu pembentukan karakter, perkembangan, hingga keamanan anak, baik dari segi penggunaan warna cat tembok, furnitur, hingga ornamen hiasan di dalamnya.

Terdapat banyak aspek yang harus dipertimbangkan setiap orang tua agar dapat menjalankan fungsi kamar tidur anak secara maksimal. Penataan dekorasi yang tepat juga membantu membuat anak menjadi lebih kreatif dalam mengeksplor ruangan serta belajar untuk lebih mandiri. Berikut adalah tips yang dapat kamu aplikasikan.

Keamanan anak merupakan prioritas nomor 1

Dekorasi kamar tidur anak
Sumber: unsplash.com/@stephenandrews

Sebagai orang tua, terkadang kita tidak dapat hadir setiap saat bersama buah hati kita. Terutama ketika si kecil sudah semakin beranjak dewasa dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Pada fase ini, pastikan orang tua lebih aware dengan kondisi ruangan yang ditempati si kecil demi keselamatan dan keamanan anak di dalam ruangan tersebut.

Pertama, orang tua dapat memanfaatkan konsep furnitur klasik dengan bahan kualitas yang tinggi dan mulus. Umumnya, model klasik cenderung memiliki desain yang lebih aman dan tidak berlebihan. Sedangkan dari segi kualitas, perabot jenis klasik akan memiliki daya penggunaan yang lebih lama. Seperti misalnya pada perabotan yang berbahan material kayu, kamu dapat memilih furnitur yang telah diamplas dan sudut tumpul agar tidak membahayakan anak. Tidak jarang perabotan yang berkualitas rendah tidak memerhatikan standar kualitas seperti pemotongan yang tidak sempurna hingga menyebabkan produk tidak stabil dan meningkatkan potensi kecelakaan.

Selanjutnya, kamu dapat menggunakan konsep sederhana tanpa menggunakan dekorasi yang berlebihan. Pastikan kamu meletakkan perabotan yang miliki arus listrik dan berbahan tajam sejauh mungkin dari si kecil.

Layout penyimpanan yang rapi

dekorasi kamar tidur dengan rak susun
Sumber: unsplash.com/@paigecody

Dekorasi kamar tidur yang rapi dan minimalis akan sangat memengaruhi keaktifan anak. Saat mendekorasi desain layout kamar, kamu dapat mengatur tatanan proporsi furnitur yang minim dari perabotan tidak penting yang dapat membatasi ruang gerak anak. Cara ini akan sangat membantu membuat anak lebih leluasa dan ekspresif di kamarnya sendiri.

Jika anak memiliki banyak mainan, maka kamu dapat memilih layout dengan kompartemen laci atak rak meningkat. Kemudian, kamu dapat mulai melatih anak sejak ini untuk bertanggung jawab meletakkan kembali barang-barang bermain mereka ke dalam tempat penyimpanan. Dengan begini kamar akan menjadi lebih rapi dan tidak terdapat barang berserakan yang dapat membahayakan keselamatan anak.

Dapatkan lemari pakaian 5 tingkat hanya di Ruparupa.com

Pilih dekorasi yang mudah diganti

dekorasi kamar tidur bertingkat
Sumber: modsy.com

Penggunaan tema khusus akan sangat memengaruhi mood dan keseharian si kecil. Terutama preferensi dan kepribadian anak yang turut berubah seiring beranjak dewasa. Sebagai solusinya, kamu dapat menggunakan pernak-pernik dekorasi yang dapat dengan mudah dibersihkan atau dilepas jika anak mulai bosan. Seperti misalnya, wallpaper dinding, seprei, tirai jendela, pencahayaan lampu, dan berbagai furnitur bongkar pasang lainnya.

Akan tetapi, jika kamu tidak menginginkan tema khusus, kamu dapat menggunakan konsep polos minimalis dan sederhana sehingga memudahkan untuk mix and match tanpa harus memrombak ulang keseluruhan kamar.

Lengkapi mainan edukasi anak

dekorasi kamar tidur  anak
Sumber: unsplash.com/@shirotayuri

Masa anak-anak merupakan masa yang akan sangat aktif dalam berkegiatan. Pada masa emas ini, pastikan si kecil dapat aktif belajar dengan maksimal. Untuk itu, kamu dapat memilih mainan edukasi untuk menstimulasi kinerja otak anak. Sediakan berbagai mainan edukasi yang tidak lancip ataupun mudah pecah seperti buku, diagram, dan permainan puzzle kartu. Selain material peraboatan, kamu juga perlu menyesuaikan tinggi dan bobot berat mainan dengan anak ya.

Ajak anak untuk ikut andil pemilihan kamar tidur

dekorasi kamar tidur pilih bersama
Sumber: freepik.com/@tirachardz

Kamu dapat mengajak anak untuk turut mengambil keputusan akan dekorasi kamar yang ia inginkan. Meski terkesan sepele, namun sebenarnya ini merupakan salah satu cara yang baik untuk mengajarkan anak terkait rasa kepemilikan dan belajar untuk bertanggung jawab atas ruang pribadinya ini. Selain itu, cara ini juga baik untuk menanamkan pola pikir belajar dalam mengambil keputusannya sendiri.

Penerangan dan sirkulasi udara kamar tidur yang baik

dekorasi kamar tidur minimalis
Sumber: unsplash.com/@screenpost

Terakhir adalah segi sirkulasi udara dan penerangan dalam ruangan. Orang tua wajib memerhatikan pemilihan bohlam lampu yang nyaman dan tidak terlalu terang di mata anak. Pastikan posisi penerangan juga memadai dan tidak mudah dijangkau oleh anak. Selain itu, kamu wajib memiliki ventilasi udara atau jendela yang baik pada kamar tidur anak agar kesehatannya selalu terjaga.

Tips lainnya, kamu dapat memosisikan meja belajar bertepatan dengan jendela kamar, agar anak dapat memeroleh pencahayaan alami dari luar.

Baca juga 15 Desain Kamar Tidur Anak Minimalis

Wah, ternyata membangun kamar tidur anak tidak semudah yang dibayangkan ya. Untuk mempermudah pemilihan, berikut kami lampirkan sejumlah rekomendasi produk dari Ruparupa.com yang dapat Ruppers coba.

Spencer Rak Kabinet Serbaguna 3×3 – Krem
Krishome Lemari Pakaian Anak Dengan Laci 5 Tingkat 56.5x37x110 Cm
Linotela Sprei Katun – Putih