8 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menata Kamar Tidur Anak

0
615

Saat pindah ke rumah baru, kita akan merasa senang dan semangat buat mendekorasi setiap ruangan jadi secantik mungkin. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua ruangan bisa didesain sesuai dengan kemauan kita, seperti menata kamar tidur anak.

Lain halnya dengan orang dewasa, kamar tidur anak perlu ditata dengan mengutamakan sisi keamanan dan kenyamanan. Soalnya, ruangan inilah yang akan dipakai oleh anak buat beraktivitas, dari tidur hingga bermain.

Ruparupa Banner

Lantas, Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Menata Kamar Tidur Anak?

Untuk mengatasi kebingungan kamu, ada beberapa kesalahan yang harus dihindari saat menata kamar tidur anak, seperti berikut. 

1. Tidak Memakai Kasur yang Tepat

Memang, kita menginginkan anak untuk tidur senyaman mungkin. Namun, bukan berarti kamu harus meletakkan jenis kasur berukuran king size di dalam kamarnya. Apalagi, ukuran kasur ini bisa membuat ruangan jadi makin sempit.

Selain itu, hindari memilih tempat tidur dengan dipan tinggi untuk mengurangi risiko cedera saat terjatuh. Pilih tempat tidur setinggi lantai supaya bisa memberi anak kebebasan untuk bergerak, seperti berikut ini.

Baca Juga:   8 Tips Menciptakan Dekorasi Ruangan Khas Musim Gugur, Jadi Hangat dan Nyaman
kamar tidur anak
Informa Sven Tempat Tidur Anak – Abu-abu

Beli di sini

2. Mengisi Ruangan dengan Berbagai Perabot

Ada berbagai barang yang harus kita letakkan di kamar tidur anak, termasuk tempat tidur, lemari, kotak mainan, serta meja dan kursi belajar. Akan tetapi, kita sering lupa bahwa sebenarnya mereka membutuhkan ruang lebih untuk bermain dengan bebas.

Jadi, pilih perabot yang esensial saja untuk menata kamar tidur anak, seperti tempat tidur, laci, dan meja belajar.

kamar tidur anak
Hindari meletakkan berbagai perabot besar di kamar anak

3. Tidak Mengutamakan Keamanan

Untuk menata kamar tidur buat anak kecil, kamu harus memikirkan setiap detail agar memastikan ruangannya jadi seaman mungkin. Misalnya, pasang stop kontak di dinding yang cukup tinggi supaya tidak mudah dijangkau.

kamar tidur anak

4. Menggunakan Satu Lampu 

Pencahayaan adalah kunci utama untuk menata kamar tidur anak supaya suasananya jadi nyaman. Namun, hindari untuk mengandalkan satu lampu gantung saja.

Soalnya, anak membutuhkan tambahan lampu lain, khususnya saat belajar dan tidur. Jadi, tambahkan lampu meja yang bisa mendukung kegiatan tersebut. 

kamar tidur anak
Pasang lampu meja khusus belajar dan lampu gantung untuk mendukung aktivitas anak di dalam kamar

5. Memilih Karpet dari Tampilannya

Tentu, karpet yang cantik bisa membuat kamar tidur anak jadi terlihat menarik. Hanya saja, kamu tidak bisa memilih karpet berdasarkan coraknya saja. Pilih yang sudah memiliki anti-slip supaya anak tidak mudah terjatuh saat berjalan atau berlarian.

kamar tidur anak
Karpet Anti Slip 65×150 Cm 0006a – Krem

Beli di sini

kamar tidur anak
Karpet Anti Slip 65×150 Cm 0032a

Beli di sini

6. Membiarkan Dinding Tidak Terlindungi

Cat dinding menjadi tempat di mana anak akan menuangkan kreativitasnya melalui krayon, pensil, dan alat tulis lainnya. Sayangnya, kita masih sering mengabaikan hal ini dan membiarkan dinding tidak terlindungi.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Menu Makan Buka Puasa Sehat

Agar mudah dibersihkan, kamu bisa menggunakan cat jenis vinil atau tambahkan wallpaper yang bisa dicuci pada bagian dinding kamar.  

kamar tidur anak
Arthome Wallpaper Diy 8 Layer 50 Cm – Biru

Beli di sini

7. Tidak Menata Barang dengan Rapi

Selain pakaian, anak-anak juga memiliki berbagai barang lainnya yang perlu disimpan, seperti buku dan mainan. Namun, sering kali kita mengabaikan seluruh barangnya sehingga kamar jadi berantakan. 

Nah, kamu perlu menata barang-barangnya dengan rapi agar mereka bisa lebih bertanggung jawab dengan kamarnya.

kamar tidur anak
Rapikan seluruh barang supaya bisa mengajarkan anak untuk tertata sejak dini

8. Menggunakan Jenis Perabot yang Terlalu Tinggi

Pilih perabot dengan ketinggian sesuai tubuhnya supaya mereka bisa menjangkau setiap barang dengan mudah. 

Jadinya, mereka bisa mandiri sejak dini dengan mengambil berbagai jenis barang yang ada di jangkauannya, seperti rak anak di bawah ini.

kamar tidur anak
Spencer Rak Kabinet Serbaguna 3×3 – Krem

Beli di sini

Itu dia delapan kesalahan yang masih sering dilakukan dalam menata kamar tidur anak. Dengan menghindarinya, kita jadi bisa membuat ruangan yang nyaman buat mereka.

dapatkan perabot kamar tidur anak
Hemat hingga 50%  klik di sini

Kamu bisa menemukan berbagai perabot berkualitas untuk kamar anak hanya melalui ruparupa.com.

Situs ini juga menawarkan berbagai perlengkapan rumah tangga dan furniture minimalis dari berbagai merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.