20 Desain Ruang Tamu Minimalis yang Nyaman

0
27272
karpet untuk ruang santai
Pasang karpet yang tepat untuk menambah rasa hangat di ruang keluarga

Ruang tamu tentunya menjadi wajah pertama bagi rumah kamu. Bagaimana tidak, jika ada tamu yang berkunjung ke rumah, pastinya kamu akan menjamunya di ruang tamu. Meski memiliki luas terbatas, kita tetap bisa membuat ruang tamu minimalis yang nyaman. 

Biasanya, model ruang tamu minimalis menggunakan perabot yang sederhana dan multifungsi. Jadi, ruangan tampak lebih luas dan terlihat lebih rapi

Ruparupa Banner

Ide 20 Desain Ruang Tamu Minimalis

Nah, kali ini, kami punya beberapa pilihan desain ruang tamu minimalis yang bisa jadi inspirasi buat di rumah kamu. 

Nuansa hijau yang memberi kesan alami

Apakah kamu pencinta warna hijau? Desain ruang tamu satu ini boleh kamu coba. Gunakan cat dinding putih dipadukan dengan warna sofa hijau muda yang memberikan kesan natural.

Letakkan juga beberapa bantal sofa bermotif dan hiasan dinding dengan warna senada, seperti inspirasi di bawha ini. Pasti ruang tamu kamu akan menjadi lebih segar dan nyaman.

Ruang tamu nuansa hijau

 

Nuansa biru pastel yang menenangkan

Tahukah kamu ruang tamu minimalis warna terang bisa memberikan ilusi ruangan yang terlihat lebih luas? Nah, kamu bisa menciptakannya dengan memakai sofa berwarna biru pastel dan menambahkan karpet berwarna netral agar terlihat elegan. 

Biar semakin menghangatkan suasana di dalam ruang tamu, gunakan hiasan warna putih dengan sedikit aksen kayu seperti inspirasi di bawah ini. 

ruang tamu nuansa biru

Nuansa Ochre yang Terang dan Berenergi

Ochre adalah warna yang berenergi, jadi gunakanlah warna ini jika kamu ingin menciptakan suasana semangat di ruang tamu.

Kamu dapat memilih sofa dan gorden dengan warna ochre ini, ditambah dengan beberapa bantal empuk dengan warna yang netral untuk mengimbanginya. Gunakan tanaman hias di sudut ruangan dan bingkai foto pada dindingnya agar suasana semakain menyenangkan.

ruang tamu minimalis ochre
Sumber : Instagram @deko.moden

 

Baca Juga:   Panduan Memilih Warna Lampu untuk Ruangan yang Nyaman dan Estetik

Nuansa coklat dengan tambahan rak besi juga nyaman

Ruang tamu yang dapat memberi kesan hangat tentunya juga membuat nyaman. Warna coklat dapat kamu gunakan untuk sofa dan beberapa perabotan lainnya. Tambahkan juga tanaman hias di sudut ruang tamu dan rak minimalis untuk memberikan kesan elegan. 

nuansa coklat dengan rak besi

 

Nuansa kuning yang menyegarkan 

Kita semua pasti sepakat kalau kuning merupakan warna yang cerah dan menyegarkan, layaknya matahari pagi. Kamu dapat mencoba nuansa kuning ini di ruang tamu minimalis rumahmu.

Gunakanlah sofa warna kuning dipadukan dengan gorden abi-abu dan meja keemasan. Tambahkan beberapa bantal empuk bermotif di atas sofa, seperti ide di bawah ini.  

ruang tamu minimalis kuning

 

Serba pink yang super lucu

Siapa nih yang sangat menyukai warna pink? Warna ini seringkali menjadi pilihan favorit, khususnya bagi para perempuan karena pink dapat menunjukkan sisi feminim dan imut. 

Kamu dapat menggunakan berbagai perabot pink dipadukan dengan hiasan warna netral dan pencahayaan yang hangat. Ruang tamu feminim kamu pasti akan nyaman untuk kumpul bersama teman-temanmu. 

ruang tamu minimalis pink

 

Tema rustic dengan aksen merah muda

Tema rustic juga saat ini sedang cukup populer karena memberikan kesan aesthetic sekaligus nyaman. Kamu dapat menggunakan tema ini di ruang tamu dengan menambahkan sedikit aksen warna merah muda. 

Tema rustic dengan aksen merah muda
Sumber : Instagram @evilia_rosanti

 

Kombinasi putih dan krem memang tidak pernah mengecewakan!

Ruang tamu dengan kombinasi warna putih dan krem ini akan membuatnya terlihat lebih bersih dan luas. Kamu dapat menggunakan perabotan berwarna serba putih dan krim. Tambahkan sedikit aksen kayu dan tanaman hias untuk memunculkan kesan natural. 

ruang tamu putih krim
Sumber : Instagram @evita_laz

 

Ruang sempit tetap terlihat luas dengan konsep open space

Untuk rumah kecil, kamu bisa menggunakan konsep open space yang menggabungkan ruang tamu dengan ruang makan tanpa ada sekat. Hal ini tentunya dapat membuat ruang tamu kamu terlihat lebih luas, walaupun di tempat yang sempit.

ruang tamu open space
Sumber : Instagram @ga.apato

 

Kursi rotan dan selimut dapat menambah kenyamanan 

Punya selimut warna terang di rumah? Letakkan saja di atas  kursi rotan untuk menciptakan kesan aesthtetic. Kamu juga dapat menambahkan tanaman hias di dinding ruangan. 

ruang tamu dengan kursi rotan

 

Tema bohemian dengan aksen tanaman sangat cozy

Tema bohemian juga sering menjadi pilihan bagi orang yang aesthetic. Kamu dapat menggunakan berbagai perabotan yang terbuat dari rotan dan juga pilihlah barang-barang dengan warna netral. Ruang tamu kamu akan menjadi lebih nyaman dengan tema ini.

ruang tamu tema bohemian
Sumber : Instagram @isthysyafiq

 

Cermin bulat dan rak minimalis dapat mempercantik ruang tamu

Kamu dapat membuat ruang tamu lebih enak dipandang dengan menambahkan rak minimalis. Gunakan cermin dinding bulat yang unik untuk menjadi pemantul cahaya di ruang tamu. Jadinya, ruangan terasa lebih lega. 

ruang tamu dengan cermin bulat dan rak
Sumber : Instagram @novita_ken_suwarno

 

Kolase foto dan rak dinding membuat terlihat nyaman

Memajang beberapa kolase foto dan rak dinding di ruang tamu dapat membuat kesan hangat dan nyaman. Selain itu, gunakan perabot dengan warna netral. Misalnya, sofa abu-abu dipadukan dengan rak berwarna cokelat muda, seperti inspirasi berikut ini.

Baca Juga:   10 Tips Kamar 3x4 ala Korea, Nyaman dan Aesthetic!

ruang tamu modern

 

Warna netral dengan aksen kayu untuk mempermanis

Warna-warna netral memang selalu menjadi pilihan yang tepat untuk membuat kesan nyaman. Tambahkan juga aksen kayu dengan memakai rak atau meja, serta memajang tanaman hias di sudut ruangan seperti ide di bawah ini. 

ruang tamu netral

 

Gunakan sofa bermotif untuk menciptakan ruang tamu aesthetic

Sofa bermotif bisa memberikan kesan ceria di dalam ruang tamu. Nah, kamu bisa memadukannya dengan perabot kayu seperti inspirasi di bawah ini. Namun, pastikan memilih warna sofa yang netral supaya lebih mudah dipadupadankan.

desain ruang tamu

 

Nuansa down to earth dengan sekat cokelat

Konsep down to earth juga cukup populer di dunia interior saat ini, termasuk buat ruang tamu. Untuk dapat memisahkan ruang tamu dengan ruang lainnya, tambahkanlah sekat minimalis berwarna cokelat

desain ruang tamu

 

Ruang tamu ala Korea

Tren Korea sudah menjamur di berbagai negara, termasuk Indonesia. Selain drama dan kulinernya, interior ala Korea juga menjadi inspirasi banya orang.

Kamu dapat mengaplikasikannya di ruang tamu di rumah dengan memilih perabot warna putih, krim, atau coklat muda, seperti berikut ini.

Ruang tamu minimalis ala korea
Sumber : Instagram @rumah_yuriko

 

Tanaman di beberapa sudut akan sangat menyegarkan

Kamu dapat mencoba menggunakan perabotan berwarna krim dan mengkombinasikannya dengan tanaman hias di berbagai sudut ruang tamu. Gunakanlah juga tanaman rambat di dinding ruangan untuk menambah kesan segarnya.

Tanaman di beberapa sudut
Sumber : Instagram @rumahazkaa

 

Nuansa oranye yang segar sekaligus hangat

Kombinasikan perabot ruang tamu dengan warna oranye untuk memberikan kesan hangat dan nyaman bagi tamu yang datang. Tambahkan juga dekorasi tanaman hijau yang cantik di sudut ruangan, seperti inspirasi berikut ini. 

ruang tamu minimalis

 

Meja bulat extension dan kerajinan eceng gondok yang unik

Ingin menghemat tempat? Kamu dapat menggunakan meja ruang tamu yang memiliki extension. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan beberapa dekorasi dari eceng gondok yang unik untuk mempercantik ruang tamu kamu.

Meja bulat extension dan kerajinan eceng gondok
Sumber : Instagram @simplehome_id

Nah, jadi dekorasi ruang tamu minimalis mana nih yang menjadi pilihan kamu? Pastikan kamu memilih yang sesuai dengan tema rumah agar terlihat lebih menawan. 

Kamu bisa menemukan berbagai perabot kekinian dan peralatan rumah tangga terlengkap hanya di ruparupa.com. Situs belanja online satu ini menyediakan berbagai produk dari merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Berikut rekomendasi perabot ruang tamu yang dapat kamu beli di ruparupa.com.

Selma Larisa Sofa Tidur Fabric - Abu Abu
Selma Larisa Sofa Tidur Fabric – Abu Abu

Beli di sini

Leonard Sofa Tidur - Cokelat
Leonard Sofa Tidur – Cokelat

Beli di sini

Nordika Meja Tamu - Cokelat
Nordika Meja Tamu – Cokelat

Beli di sini

Maria Meja Tamu - Putih/gold
Maria Meja Tamu – Putih/gold

Beli di sini

Arthome Tanaman Artifisial Rumput Dengan Stand Logam
Arthome Tanaman Artifisial Rumput

Beli di sini

Tanaman Artifisial Aglaonema Commutatum 35 Cm - Hijau
Tanaman Artifisial Aglaonema 35 Cm – Hijau

Beli di sini