6 Tips Membuat MPASI yang Tepat Demi Kesehatan Anak

0
858
Sumber: Freepik

Saat bayi mencapai usia 6 bulan, kebutuhan gizi mereka tidak akan tercukupi jika hanya minum ASI. Apalagi, si kecil mulai membutuhkan banyak nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Untuk itulah, kita pun perlu membuat MPASI.

Selain bisa memberikan nutrisi, MPASI juga berfungsi untuk melatih kemampuan makan si kecil. Jadinya, mereka pun bisa mengenal berbagai tekstur makanan.

Ruparupa Banner

Untuk itulah, membuat makanan MPASI tidaklah sama seperti membuat makanan orang dewasa. Tidak hanya bahan makanan yang perlu diperhatikan, peralatan untuk membuat makanan MPASI pun tidak boleh sembarangan.

Bagaimana Cara Membuat MPASI yang Tepat?

Ketika bayi memasuki usia 6 bulan, maka mereka membutuhkan makanan pendamping, yang bisa sebagai sumber nutrisi pelengkap selain menyusu.

Nah, agar makanan tetap sehat dan disukai bayi, simak beberapa tips membuat MPASI berikut ini.

1. Siapkan daftar menu MPASI

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat daftar menu makanan MPASI yang akan kamu berikan pada si kecil. Sebaiknya, buat menu yang berbeda setiap harinya agar bisa meningkatkan indera perasa si kecil.

Namun, saat memilih menu, pastikan lagi bahwa kandungan nutrisi yang digunakan sudah mengandung nutrisi baik bagi kembang tubuh si kecil.

2. Gunakan peralatan makan dan masak yang bersih

Pastikan untuk selalu menggunakan peralatan makan dan masak yang bersih. Jika perlu, kamu bisa mensterilkan semua perlengkapan pembuatan MPASI sebelum kamu gunakan.

Baca Juga:   50 Nama Bayi Perempuan 3 Kata dan Artinya

Hal ini bertujuan untuk mencegah kuman dan bakteri menempel pada makanan, yang bisa menyebabkan masalah pencernaan.

Berikut ini rekoemdasi alat penyimpanan disinfeksi untuk peralatan makan dan masak yang bisa kamu gunakan.

lemari disinfeksi
Klaz 48 Ltr Lemari Disinfeksi

Beli di sini

uv sterilizer
Kels Lenora 10 Ltr Uv Sterilizer Dengan Pengering

Beli di sini

3. Tentukan teknik memasak MPASI

Dalam memasak bahan makanan untuk MPASI, seperti sayuran, sebaiknya kamu matangkan dengan cara mengukus hingga lembut daripada merebusnya.

Hal ini karena teknik mengukus tidak akan mengurangi nutrisi yang terdapat di dalam makanan. Sedangkan bila kamu merebusnya, justru akan membuat nutrisinya berkurang.

Namun, untuk bahan makanan daging, kamu bisa menggunakan teknik merebus sampai menjadi lembut  karena daging cenderung lebih keras jika dikukus.

Nah, berikut ini  kami punya rekomendasi  peralatan masak untuk membuat MPASI, mulai dari food processor,pengukus makanan, slow cooker dan blender.

slow cooker
Bear Slow Cooker 500 Ml

Beli di sini

baby blender
Bear Blender Serbaguna 3in1

Beli di sini

4. Hindari menggunakan bahan-bahan yang dilarang

Tidak semua makanan bisa kamu berikan kepada si kecil. Meskipun dia sudah bisa makan makanan padat, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak diberikan buat si kecil, seperti kismis, anggur utuh, kacang, dan masih banyak lagi.

Selain itu, hindari menambahkan madu ke dalam makanan MPASI karena mengandung spora Clostridium botulinum ,yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Begitu pula dengan makanan yang mengandung pemanis buatan, seperti gula dan sirup.

Baca Juga:   5 Alasan Bayi Tidak Boleh Tidur Dengan Bantal

Makanan manis ini bisa membuat si kecil mengalami obesitas sejak dini. Kamu bisa menganti makanan manis dengan membuat jus buah dan sayur segar.

Agar lebih mudah dalam membuat jus, kamu bisa menggunakan slow juicer berikut ini.

slow juicer
Hurom Slow Juicer H-300e – Abu-abu

Beli di sini

5. Perhatikan cara penyajian MPASI

Penyajian MPASI harus berada pada tekstur kepadatan yang sesuai dengan kemampuan si kecil saat menguyah, tidak terlalu encer ataupun terlalu padat.

Untuk melumatkan makanan padat, kamu bisa memberinya sedikit ASI atau air putih. Sebaiknya, hindari menambahkan susu sapi untuk anak di bawah 1 tahun.

6. Pelajari teknik menyimpan dan menghangatkan MPASI

Bila kamu membuat MPASI dalam porsi yang cukup banyak, maka kamu perlu menyimpannya dengan baik. Cara menyimpan MPASI yang tepat adalah dengan meletakkannya di dalam wadah dan taruh di freezer agar beku.

Pastikan wadah tersebut benar-benar kedap udara sehingga bisa menghindari penumpukan mikroba dari udara.

Saat menyajikan makanan beku, kamu bisa memanaskannya ke dalam wajan dengan nyala api kecil sambil terus diaduk. Tidak perlu menghangatkan makanan hingga suhu 100° untuk makanan anak, cukup hingga 70° agar tidak mengurangi nutrisi dalam makanan.

tips membuat MPASI
Sumber: Freepik

Itu tadi beberapa tips membuat MPASI yang perlu para ibu ketahui, jangan sampai salah lagi, ya. Jadi, si kecil bisa mendapatkan nutrisi yang seimbang.

Bagi kamu yang sedang mencari perlengkapan makan si kecil, kamu bisa temukan berbagai produknya, seperti rekomendasi berikut, hanya di Ruparupa.com..

piring bayi untuk MPASI
Okiedog Freckles Feeding Set Dog A00101dg

Beli di sini

sendok bayi untuk MPASI
Edison Mama Set Sendok Makan Bayi My First Spoon 2 Pcs

Beli di sini