7 Tips Mudik Membawa Bayi Menggunakan Mobil

0
17800
mudik membawa bayi
Sumber: Unsplash/Alexander Grey

Menjelang lebaran, pasti kamu ingin pulang kampung atau mudik. Biasanya, arus mudik ini diisi oleh para perantau yang keluar daerah asalnya untuk mencari nafkah, mengikuti keluarga, dan harus tinggal menetap.

Umumnya, mudik di bulan Ramadan dilakukan menggunakan berbagai moda transportasi, seperti pesawat terbang, kapal laut, kereta, bus, hingga kendaraan pribadi. Tentunya, saat mudik, kamu bakal mengajak serta keluarga untuk ikut pulang ke kampung halaman.

Ruparupa Banner

Namun, bagaimana jika kamu memiliki bayi yang berusia dibawah 3 tahun dan harus mudik dengan mengendarai mobil? Pasti akan ada banyak persiapan yang harus kamu lakukan.

Lantas, Apa Saja Persiapan Mudik Saat Membawa Bayi?

Persiapan mudik membawa bayi tentu harus diperhatikan dengan baik. Ada banyak perlengkapan bayi yang perlu kamu bawa dan sediakan di dalam mobil. Apalagi, bayi bisa merasa tidak nyaman ketika melakukan perjalanan cukup panjang.

Nah, berikut ini beberapa hal penting saat mudik membawa bayi yang harus kamu lakukan agar mereka bisa duduk dengan tenang.

1. Pastikan anak sehat dan siapkan P3K

mudik membawa bayi
Ataru Kotak Obat 6 Slots – Abu-abu putih

Jika ingin mudik membawa bayi, kamu harus memastikan kesehatan si kecil sebelum berangkat. Hindari memaksakan diri untuk tetap mudik jika anak tidak dalam kondisi sehat.

Kamu bisa membawanya ke dokter terlebih dahulu untuk memeriksa kesehatannya, sekaligus meminta daftar vitamin dan obat-obatan yang harus dibawa dalam perjalanan. Dengan begitu, kamu dapat mengantisipasi jika si kecil tiba-tiba kurang sehat.

Selain obat-obatan, kamu juga perlu membawa termometer suhu tubuh karena bayi bisa saja demam karena kelelahan, lho! Jadi, lebih baik persiapkan P3K yang lengkap untuk bayi kamu, ya.

Ini dia beberapa rekomendasi alat kesehatan yang bisa kamu bawa dan simpan di dalam mobil.

Tactix Kotak P3k 6 Ltr - Merah
Tactix Kotak P3k 6 Ltr – Merah

Beli di sini

Sowell Termometer Telinga Sdt-350
Sowell Termometer Telinga Sdt-350

Beli di sini

2. Siapkan pakaian nyaman

mudik membawa bayi
Sumber: Unsplash/Tim Bish

Tahukah kamu kalau pakaian bayi yang tidak nyaman bisa membuatnya menangis? Selain itu, hal ini juga bisa membuat tubuh bayi mengalami kemerahan dan terasa gatal, lho! 

Baca Juga:   6 Tips Membersihkan Dapur saat ART Mudik

Untuk itu, kamu perlu memberikan pakaian yang nyaman dan lembut untuk si kecil. Pastikan bahan pakaian tersebut juga sejuk sehingga si kecil tidak merasa panas dan gelisah. Dengan begitu, kamu dapat lebih tenang saat mudik membawa bayi.

3. Bawa selimut dan baju hangat

Dalam perjalanan jauh menggunakan mobil, bayi bisa saja merasa kedinginan. Hal ini juga tidak baik bagi kesehatannya, lho!

Jadi, pastikan kamu selalu membawa selimut dan baju hangat, yang bisa ia kenakan saat suhu dalam mobil terlalu dingin. Namun, pastikan selimut bayi juga lembut, ya. 

Bila kamu masih menyusui, kamu juga bisa membawa selimut yang dilengkapi dengan lubang leher sehingga mudah digunakan.

Informa 150x200 Cm Hyun Selimut Microfiber Print
Informa 150×200 Cm Hyun Selimut Microfiber Print

Beli di sini

4. Siapkan perlengkapan bayi

Saat bepergian jauh, kamu perlu menyiapkan semua perlengkapan bayi. Masukkan di dalam satu tas khusus yang berisi popok, kantung plastik kecil, botol susu, tisu kering dan basah, popok bayi, alas popok, krim gatal, dot, dan mainan bayi.

Hal ini bertujuan agar ketika si kecil buang air besar, muntah, atau buang air kecil, kamu bisa tetap menjaga kebersihan tubuh mereka.

Kamu dapat membagi semua perlengkapan tersebut di dalam dua tas. Pada tas pertama, akan berisi barang-barang yang tidak begitu dibutuhkan saat perjalanan. Untuk tas kedua, kamu bisa memasukkan benda-benda darurat yang akan digunakan si kecil.

Nah, berikut ini kami punya beberapa rekomendasi perlengkapan bayi. 

mudik membawa bayi
Hygien Tisu Basah Antiseptik 50 Lembar

Beli di sini

Nuby Twist N Feed Pinkpurple Nb238
Nuby Twist N Feed Pinkpurple Nb238

Beli di sini

mudik membawa bayi
Okiedog Diaper Freckles Kitty Blue 61050

Beli di sini

5. Sediakan mainan saat mudik membawa bayi

Jika merasa bosan, bayi cenderung akan menangis dan rewel. Untuk itu, kamu perlu menghiburnya dan mengajak si kecil bermain dengan mainan-mainan gemas.

Kamu perlu membawa setidaknya 3-5 jenis mainan yang berbeda. Namun, berikan satu per satu. Jadi, saat mereka sudah bosan, kamu bisa menggantinya dengan mainan lain. Hal ini bisa meminimalisir kerewelan mereka saat mudik menggunakan mobil.

Baca Juga:   20 Ucapan Idulfitri 1444 H untuk Teman dan Keluarga

Berikut beberapa rekomendasi mainan bayi yang dapat kamu berikan.

Fisher Price Rattle Gift Set Nb Animal Friends
Fisher Price Rattle Gift Set Nb Animal Friends

Beli di sini

mudik membawa bayi
Playgro Teether Felix Fox Friend 124331

Beli di sini

6. Gunakan baby car seat saat mudik membawa bayi

Biasanya, mudik menggunakan mobil akan membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan bisa lebih dari 5 jam perjalanan. Pastinya kamu akan kelelahan jika harus menggendong bayi mereka selama itu, bukan? 

Oleh karena itu, pastikan kamu memberikan tempat duduk khusus untuk si kecil dengan memakai baby car seat. Tipsnya, pilih baby car seat berkualitas, yang memiliki dudukan empuk dan berbagai fitur keamanan agar si kecil tidak rewel dan tetap nyaman.

Berikut kami memiliki rekomendasi baby car seat yang bisa kamu berikan untuk si kecil.

 

Ailebebe Zutto Baby Car Seat 3 Style - Hitam
Ailebebe Zutto Baby Car Seat 3 Style – Hitam

Beli di sini

Ailebebe Kurutto Baby Car Seat - Cokelat
Ailebebe Kurutto Baby Car Seat – Cokelat

Beli di sini

7. Pilih stroller yang praktis dan bisa dilipat

Saat mudik, kamu biasanya tetap akan membawa bayi untuk jalan-jalan, bukan? Kalau terus menggendongnya, pasti tangan bisa terasa pegal dan membuat kamu lebih cepat lelah.

Untuk itu, kamu perlu membawa stroller atau kereta bayi yang praktis dan dapat dilipat agar mudah disimpan di dalam bagasi mobil, kabin pesawat, dan kereta. Selain itu, pilih stroller yang memiliki kanopi dan tempat penyimpanan agar bisa lebih multifungsi.

Berikut ini beberapa rekomendasi stroller praktis yang bisa kamu bawa saat mudik membawa bayi.

 

mudik membawa bayi
Cbx Stroller Etu – Merah

Beli di sini

Little Giggles Stroller Octo - Hitam
Little Giggles Stroller Octo – Hitam

Beli di sini

Itulah dia tips mudik membawa bayi menggunakan mobil yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan sebelum pergi. 

Kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan dan mainan bayi lainnya hanya di ruparupa.

Dapatkan perlengkapan mudik
Hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja online ini juga menjual berbagai keperluan anak, perabot, dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama, yaitu Toys Kingdom, ACE, Krisbow, INFORMA, SELMA, ATARU, hingga Pet Kingdom. 

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.