6 Tips Belanja Hemat Satu Minggu di Bulan Ramadan

0
2899

Pasti kamu suka membuat daftar belanja mingguan untuk membeli kebutuhan sehari-hari, seperti bahan makanan dan peralatan rumah tangga, bukan? Bila tidak ada daftar tersebut, bisa-bisa kamu justru jadi lebih boros, terutama di bulan puasa.

Padahal, bulan Ramadan masih panjang dan banyak juga keperluan lain yang dibutuhkan pun masih banyak. Untuk itu, kamu harus buat strategi belanja mingguan agar pengeluaran tetap stabil sampai akhir bulan.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Belanja Hemat Seminggu?

Pertanyaan ini mungkin sering berada di dalam benak kamu. Sebenarnya, belanja hemat untuk satu minggu bukanlah perkara yang sulit, kok. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, seperti membuat daftar prioritas hingga berbelanja di pasar tradisional.

Nah, kali ini, kami punya beberapa tips belanja hemat yang bisa kamu lakukan dalam seminggu.

1. Tentukan Bujet Selama Seminggu

Agar kamu bisa berbelanja lebih hemat, kamu perlu menentukan bujet yang boleh dikeluarkan selama satu minggu. Kemudian, buatlah daftar prioritas berisi keperluan apa saja yang perlu kamu beli segera untuk kebutuhan rumah.

Sebisa mungkin tetaplah disiplin dalam mengikuti daftar yang sudah kamu buat ya.

belanja hemat satu minggu
Sumber: Pexels.com

2. Bawa Uang Secukupnya Saat Belanja

Memegang uang berlebihan bisa membuat kamu tergoda untuk membeli barang-barang yang ada di depan mata. Jadi, bawa uang secukupnya saja sesuai dengan bujet yang sudah kamu tentukan.

Baca Juga:   Resep Nasi Goreng Ayam Spesial Praktis, Cuma 20 Menit

Jika kamu belanja 2 kali dalam seminggu, maka bagilah uang dari bujet yang ada untuk belanja di hari pertama dan kedua.

Misalnya, kamu memiliki bujet belanja mingguan sebesar Rp100 ribu, maka di hari pertama kamu bisa belanja Rp50 ribu, dan hari berikutnya Rp50 ribu. Jadinya, kamu pun tetap mengikuti anggaran belanja tersebut.

3. Buat Rencana Menu Masak untuk Seminggu

Tidak hanya keperluan rumah tangga, kamu juga perlu merencanakan menu apa saja yang akan kamu masak, terutama untuk sahur, takjil, dan hidangan berbuka di bulan puasa ini. 

Selain menghindari pengeluaran berlebih, daftar menu ini juga akan membantu kamu untuk mempersiapkan bahan makanan sehingga lebih mudah ketika memasaknya.

4. Manfaatkan Bahan Makanan Semaksimal Mungkin

Usahakan untuk mengolah bahan makanan dengan maksimal agar tidak ada yang terbuang. Kamu bisa mencoba berkreasi untuk membuat menu makanan baru dari bahan-bahan yang ada.

Dengan ini, kamu bisa menghemat pengeluaran saat berbelanja dan menggunakannya untuk membeli kebutuhan yang lain.

5. Belanja di Pasar Tradisional

Memang berbelanja sayuran di pasar tradisional jauh lebih murah dibandingkan supermarket. Selain itu, bahan makanan yang ditawarkan juga tidak kalah segar, lho.

Jika tempat tinggal kamu dekat dengan pasar tradisional, tidak salahnya mencoba untuk berbelanja di sana sesekali agar belanja mingguan jadi lebih hemat. Supaya bahan makanan tahan lama, kamu bisa menyimpannya dalam wadah berikut ini.

Baca Juga:   Asal Usul Ketupat, Sajian Wajib Saat Lebaran
belanja hemat satu minggu
Ataru Wadah Makanan Lemari Es Double Drawer – Putih

Beli di sini

6. Manfaatkan Diskon yang Ada

Kalau tempat tinggal kamu jauh dari pasar, ada cara lain untuk mendapatkan bahan makanan dan kebutuhan lain secara murah, yakni dengan memanfaatkan diskon yang ada.

Misalnya, jika kamu ingin belanja alat masak elektronik praktis dengan lebih hemat, kamu bisa mengunjungi situs belanja ruparupa.

miliki peralatan dapur hemat hingga 50%
klik di sini

Di sini, kamu juga bisa membeli perlengkapan home living dan kebutuhan lifestyle dari merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu INFORMA, ACE, SELMA, ATARU, Krisbow, Pendopo, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.

Kami juga mempunyai rekomendasi peralatan masak elektronik dengan kualitas terbaik, seperti berikut ini.

belanja blender hemat
Philips 2 Ltr Blender Kaca Hr2222/30 – Hijau

Beli di sini

Kels 35 Ltr Dayton Oven
Kels 35 Ltr Dayton Oven Dengan Rotisserie

Beli di sini

Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer
Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer – Hitam

Beli di sini

belanja toaster hemat
Kris Toaster Sandwich 2 Slice – Putih

Beli di sini

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera kunjungi ruparupa dan jangan lewatkan penawaran menarik lainnya!

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.