Di sela-sela kesibukan dan jadwal yang padat, setiap orang membutuhkan waktu untuk rehat sejenak dari segala aktivitas agar dapat mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran. Kebanyakan orang sering menunda bahkan melewatkan waktu untuk beristirahat. Padahal ini dapat mempengaruhi performa kerja, daya tahan tubuh serta dapat mengganggu hubungan Anda dengan orang lain. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Sama halnya dengan kendaraan, tubuh pun memerlukan waktu istirahat agar organ-organ di dalam tubuh yang bekerja selama 24 jam tidak mengalami kerusakan karena dipaksa untuk terus-menerus bekerja.

Memang tidak mudah menyediakan waktu untuk beristirahat sejenak dari rutinitas yang begitu padat. Jangankan untuk berlibur ke luar kota, terkadang untuk sekadar menikmati akhir pekan dengan tenang dan santai pun sulit. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar menyiasatinya dengan mencuri waktu relaksasi dengan teknik relaksasi yang tepat. Waktu relaksasi ini bisa Anda gunakan untuk tidak hanya sekedar beristirahat, namun juga untuk relaksasi otot dan relaksasi pikiran dengan teknik relaksasi yang benar. Relaksasi adalah cara yang paling cepat dan manjur untuk menghilangkan stres dan mengembalikan kesegaran tubuh.

Teknik relaksasi yang paling mudah dan dapat Anda praktikan adalah dengan menghirup udara segar sejenak sebelum memulai atau mengakhiri aktivitas.

Tarik napas dalam-dalam dengan tenang, kemudian sambil menurunkan bahu, hembuskan secara perlahan dari mulut. Rasakan aliran udara yang keluar masuk dan fokuskan pikiran Anda ke sana. Tarik napas, dan rasakan perut dan dada mengembang. Kemudian buanglah napas dan rasakan bahu menurun dan perut kembali mengecil. Ulangi bernapas seperti itu 10-15 kali dan pikiran akan menjadi lebih rileks setiap waktunya.

Di saat tekanan ataupun emosi memuncak, hentikan sejenak kegiatan apapun yang sedang Anda lakukan. Segeralah temukan tempat yang tenang untuk duduk atau bahkan berbaring. Lakukan teknik relaksasi dan bantu dengan mendengarkan musik relaksasi. Musik dapat menenangkan detak jantung yang keras, juga pikiran. Jika tekanan sudah memuncak, cobalah untuk menyisihkan waktu mendengarkan musik dengan tempo yang ringan, atau dengarkan lagu yang bisa membuat rileks. Itulah mengapa musik sering digunakan dalam terapi relaksasi.

Sambil duduk-duduk santai, Anda juga bisa melakukan teknik relaksasi dengan minum teh hangat. Teh hangat merupakan resep tradisional yang mampu menenangkan pikiran dan menurunkan stres. Selain baik untuk kesehatan, teh mampu menurunkan level cortisol atau hormon stres dalam tubuh. Sambil meminum teh, pikirkan segala hal yang baik dan positif dan nikmatilah alam sekitar. Selain itu, Anda juga perlu menciptakan ruangan yang tepat untuk Anda mencuri waktu relaksasi. Ciptakan taman kecil yang asri di rumah Anda, berikan kursi yang empuk serta siapkan lilin aromaterapi yang akan sangat mampu mengubah mood dan menenangkan pikiran Anda. Beberapa barang penunjang yang Anda butuhkan telah tersedia di sini.

Ingatlah, bahwa dengan mencuri sedikit waktu untuk relaksasi, Anda dapat meningkatkan kinerja dan kreativitas. Jadi, tunggu apa lagi? Curi waktu relaksasi, yuk!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here