Strategi Catur Hitam Biar Tidak Kalah!

0
2850
chess

Setiap pecatur harus memiliki strategi pertahanan catur untuk hitam dalam membalas beberapa serangan brutal putih di pembukaan. Saat memiliki bidak putih, kalian biasanya tidak perlu khawatir akan kalah dalam waktu kurang dari 20 gerakan. Namun, bermain hitam berarti kalian harus sangat siap. Jika tidak, kalian dapat dengan mudah mendapatkan tekanan yang parah saat membuka.

Kemenangan dengan memainkan bidak hitam tidak akan terwujud jika kalian tidak percaya diri bermain dengan bidak Hitam. Oleh karena itu, pada awalnya, sangatlah penting untuk mengerti strategi yang baik untuk catur hitam. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Strategi Catur Dutch Defense

dutch defense
sumber: YouTube

Strategi ini merupakan pertahanan yang cukup aktif, terutama melawan 1.d4. Dengan Pertahanan Belanda, hitam bertujuan untuk mengontrol kotak e4 sementara posisinya tidak seimbang. Seiring berjalannya permainan, hitam akan memperkuat serangan di sisi raja putih.

Elemen strategis utama adalah bahwa kotak lemah biasa hitam (f7) menjadi target yang lebih besar. Putih biasanya akan fokus sepenuhnya untuk menargetkan kelemahan itu. Sebagai respons, hitam akan memiliki beberapa bidak aktif yang tidak sempit dan akan menawarkan serangan menarik lawan putih.

Putih biasanya fianchetto uskup raja menuju g2 bertujuan untuk menempatkan beberapa dukungan di kotak e4 yang sedang hitam serang. Black mungkin akan melakukan fianchetto pada uskupnya juga karena menambahkan tekanan ke kotak gelap. Karena hitam dan putih memiliki berbagai strategi, mayoritas permainan cukup aktif dengan Pertahanan Belanda.

Jika kalian adalah salah satu pemain yang sering menghadapi 1.d4 dan tidak suka memainkan Queen’s Gambit, strategi pertahanan ini memberikan banyak opsi serangan balik dan merupakan alternatif yang cukup baik untuk catur hitam.

Strategi Catur Alekhine Defense

strategi catur alekhine defense
sumber: commons.wikimedia.org

Strategi ini adalah pertahanan hypermodern lain melawan bukaan e4 putih. Hitam memperbolehkan putih untuk mulai mengejar ksatria miliknya di seluruh papan dengan tempo mendapatkan gerakan bidak yang akan membantu putih mendapatkan kendali tengah papan.

Sementara itu, warna hitam akan merusak bidak putih yang terlalu panjang. Satu hal yang harus bidak hitam ingat adalah bahwa begitu ksatria kalian dikejar-kejar di sekitar papan, hitam tidak memiliki pilihan untuk bermain secara pasif. Ini penting bahwa kontrol pusat serangan hitam putih, atau putih akan mendapatkan kemenangan.

Putih biasanya memiliki tiga garis utama untuk dipilih. Namun, biasanya dimulai dengan 1.e4 Nf6 2.e5 Nd5 3.d4 d6. Di sinilah segalanya mulai berubah berdasarkan varian yang dipilih. Putih memiliki opsi untuk memilih dari garis agresif empat serangan bidak, di mana putih akan menempatkan empat pion tengahnya di dekat tengah.

Putih juga dapat memainkan variasi pertukaran yang mengikuti serangan bidak. Namun, pion terakhir yang akan ditukar adalah pion d6. Hitam memiliki opsi untuk memainkan garis tajam untuk ditangkap dengan pion rajanya. Ia juga dapat memilih strategi yang sangat agresif dan mengasyikkan, menangkap dengan pionnya sendiri.

Strategi Catur Benoni Defense

strategi catur benoni defense
sumber: commons.wikimedia.org

Strategi ini adalah strategi yang sangat agresif yang dapat warna hitam mainkan sebagai respons terhadap pembukaan d4 umum putih. Sementara banyak strategi pertahanan bertujuan untuk mendapatkan hasil imbang dan menutup diri dari pembukaan pion queen, Pertahanan Benoni memberikan banyak peluang kepada hitam untuk tidak hanya menyamakan kedudukan, tetapi juga mendapatkan keuntungan untuk mulai bermain demi kemenangan.

Dengan Benoni Defense modern, fokus utamanya adalah kendali tengah putih atas kotak terang, dengan bidak utama pada d5, dan kendali tengah hitam pada kotak gelap. Hitam bertujuan untuk melakukan fianchetto pada uskup sisi rajanya menuju g7, untuk menambahkan dukungan pada kotak gelap.

Sebagai pemain bidak putih, kalian ingin mempertahankan tekanan konstan pada kotak d5, menggunakannya untuk mengatur pos terdepan untuk potongan kecil dan untuk memberi lebih banyak tekanan pada hitam. Sebagai pemain bidak hitam, kalian ingin mencegah putih menekan kalian dan mencegah mereka mendapatkan pos terdepan di kotak c6 dan e6.

Strategi Pertahanan Benoni biasanya terbuka setelah gerakan pembuka. Ini menunjukkan bahwa uskup memiliki kekuatan yang lebih besar daripada ksatria. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk berhati-hati dalam hal perdagangan uskup. Hitam akan mendapatkan banyak permainan balik dan akan bisa memainkan permainan yang hebat, begitu banyak hal mulai terbuka di tengah permainan.

Grunfeld Defense

strategi catur grunfeld defense
sumber: commons.wikimedia.org

Strategi ini adalah pertahanan hypermodern lainnya. Ini berarti bahwa hitam tidak mencoba mengendalikan pusat dengan bidak-bidaknya pada awalnya. Sebaliknya, ia berfokus pada menyerang tengah dari samping, memanfaatkan potongan-potongan kecil. Setelah membangun pondasi, kontrol pusat putih mulai rusak.

Ada tiga garis utama dalam strategi pertahanan ini. Garis utamanya adalah variasi pertukaran, dan itulah tujuan mayoritas pemain ketika mereka mendekati Pertahanan Grunfeld. Hitam memungkinkan putih mendominasi seluruh bagian tengah dengan bidak-bidaknya, memfokuskan energinya sendiri pada kotak d4.

Alih-alih memanfaatkan keunggulan khususnya di tengah, putih harus bereaksi terhadap ancaman ini dengan memfokuskan energinya untuk mempertahankan pion d4-nya. Dengan semua bidak dan bidak putih di tengah, dan tidak ada strategi lain yang dapat diandalkan, segalanya berubah menjadi putih jika mulai kehilangan fokus.

Untuk pemain putih yang tidak suka bertahan dan lebih suka menyerang lebih banyak, variasi Rusia meminta mereka untuk melepaskan pion center yang kuat dan melibatkan ratu, untuk menekan hitam. Sejak pembukaan d4 putih mendapatkan popularitas dari Grand Master setiap tahun, tidak mengherankan bahwa banyak yang menggunakan strategi Pertahanan Grunfeld secara teratur dalam permainan. Ini menjadi sangat mematikan ketika digunakan dengan baik dan bahkan dapat menghentikan pemain d4 yang berpengalaman.

Budapest Gambit

strategi catur budapest gambit
sumber: commons.wikimedia.org

Strategi ofensif ini adalah langkah yang paling tidak populer. Namun, ini adalah permainan yang cukup menarik untuk bidak hitam. Misalnya, di baris utama, putih dapat jatuh ke dalam jebakan dengan mudah mengarah ke skakmat awal.

Hitam, pada langkah kedua, bertujuan untuk melepaskan pionnya di e5, dan mulai mengembangkan bidaknya untuk menambah tekanan pada bidak e5. Karena itu, putih tidak akan bisa menahan pion ekstra. Oleh karena itu, ia harus berkali-kali melepaskan pionnya dan terus mengembangkan bidak tanpa khawatir mencapai keunggulan bidak.

Itulah beberapa strategi catur hitam yang dapat kalian lakukan agar tidak mudah kalah melawan bidak putih. Bagi kalian pecinta catur, yuk simak rekomendasi produk berikut.

Kopi

kopi brazil
Acepresso Blend Heritage Kopi Brazil Colombiawest Java 200 Gr

Permainan catur biasanya memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, agar tetap fokus saat bertanding, kalian bisa membuat kopi sebagai pendamping permainan kalian. Tingkat keasaman yang rendah dan rasanya yang ringan menjadikan kopi ini cocok untuk setiap orang.

Jam Digital

jam digital
Jam Weker Digital 10×6.6 Cm Dengan Speaker Bluetooth C1

Permainan catur yang lama terkadang membuat orang menjadi lupa waktu. Oleh karena itu, sediakan jam digital di dekat kalian agar dapat mengetahui waktu yang kalian sudah habiskan untuk catur. Jam ini juga sudah memiliki fitur bluetooth speaker dengan 2 slot untuk USB charger.

Kalian bisa dapatkan produk rekomendasi tersebut hanya di Ruparupa. Ruparupa menjual produk berkualitas dengan harga yang ramah untuk kantong kalian. Tunggu apalagi? Yuk segera beli!