Sedia Alat Pemadam Api Sebelum Kebakaran Terjadi

0
8319
Mengenal Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Alat pemadam api atau biasa disebut APAR (Alat Pemadam Api Ringan) adalah alat pemadam kebakaran portabel, karena hanya berbentuk tabung berukuran kecil hingga sedang dengan berat 1-9 Kg. Ciri umum APAR adalah mudah dibawa kemana pun. Sedangkan fungsi utamanya adalah menguasai titik api atau kebakaran yang masih dapat terkontrol.

Ketahui Penyebab Kebakaran Menurut Kelasnya:
1. Kelas A
Adalah kebakaran disebabkan oleh bahan mudah terbakar, seperti kertas, plastik, dll.
2. Kelas B
Adalah kebakaran dengan reaksi berantai yang bersumber dari cairan atau gas yang mudah terbakar yang meliputi bensin, minyak, propana, atau gas alam.
3. Kelas C
Adalah kebakaran yang dipicu oleh non-konduktor, seperti percikan api pada peralatan listrik hidup.

Ruparupa Banner

Secara sederhana, cara kerja APAR adalah memecah reaksi berantai kebakaran itu dengan melapisi permukaan api dengan material yang terkandung di dalamnya. Nah, material APAR ada beberapa jenis. Kenali terlebih dahulu, agar tidak tertipu saat membeli APAR secara online:

1. Dry Chemical Powder / Serbuk Kimia kering

Dapat mencegah kebakaran kelas A, B, dan C, tetapi dapat meninggalkan residu yang merusak alat elektronik

2. Carbon Dioxide / Co2

Hanya dapat mencegah kebakaran kelas B dan C, namun tidak meninggalkan residu yang merusak alat elektronik

3. Foam AFFF / Cairan Busa

Hanya dapat mencegah kelas kebakaran A dan B. Perlu diingat bahwa APAR berisi foam AFFF tidak boleh digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas C atau akibat korsleting listrik, karena foam AFFF bersifat menghantarkan aliran listrik

Baca Juga:   5 Cara Memastikan Rumah Aman Saat Liburan

4. Hallon Free / Pengganti Hallon

Dapat mencegah kebakaran kelas A, B, dan C dan tidak meninggalkan residu pada saat digunakan. Plus materialnya aman, tidak dapat menghantarkan listrik

Saat ini Alat Pemadam Api Ringan sangat mudah di dapat secara online, termasuk di Ruparupa. Yuk, lihat pilihan produknya di sini:

Elide Fire Ball Bola Pemadam Kebakaran

Elide Fire Ball Bola Pemadam Kebakaran (Apar)Bola ini hanya akan aktif ketika terjadi kontak langsung dengan nyala api. Keunggulan Elide Fire Ball Bola, diantaranya:
– Mudah digunakan oleh siapa saja, karena memiliki berat hanya 1.3 Kg
– Cocok untuk memadamkan kebakaran kelas A, B, C, dan E
– Saat bola digunakan, maka akan memancarkan suara alarm
– Bola tidak memerlukan pemeliharaan selama 5 tahun, sebelum digunakan
– Materialnya terbuat dari serbuk kimia kering 94% MAP, yang aman untuk digunakan sekitar manusia dan hewan

Servvo Alat Pemadam Api A,B,C Powder

Servvo Alat Pemadam Api Abc Powder - CrAlat Pemadam Api dari Servvo menggunakan material nitrogen (N2) dan serbuk kimia kering PC ABC 90% (UL). Keunggulan utama Alat Pemadam Api ini adalah:
– Desain tabungnya berbentuk silinder tanpa las dengan waktu semprot 11.2 detik dan jarak semprot 2-9 M
– Serta dapat memadamkan api bersuhu -20 s.d 60 derajat celcius

Baca Juga:   3 Ide Sistem Pengamanan Rumah yang Cantik Namun Canggih

Servvo Alat Pemadam Api A,B,C Powder juga tersedia dalam tiga ukuran tabung dengan nozzle mulai dari 1 Kg, 3 Kg, dan 6 Kg, plus Servvo ukuran 1 Kg dengan bracket penggantung

Tabung Pemadam Portabel Fire Stop

Tabung Pemadam Portabel Fire StopMerupakan alat pemadam api darurat berbentuk spray dengan isi hanya 400 Ml. Materialnya menggunakan formula yang tidak beracun dan ramah lingkungan. Sehingga Tabung Pemadam Portabel Fire Stop cocok ditempatkan pada mobil, van, caravan, tenda, atau perahu Anda

Setelah membeli alat pemadam api ringan, pastikan membaca terlebih dahulu instruksi penggunaannya agar Anda tidak panik dan lebih siap saat terjadi kebakaran.

Cara Penggunaan APAR:
1. Tarik pin pengaman yang berbentuk seperti kunci pada bagian APAR
2. Peganglah tabung dan arahkan selang pada titik api
3. Tekan tuas pegangan/katup, yang biasa terletak di atas tabung, untuk mengeluarkan isi tabung
4. Semprotlah dari sisi ke sisi dengan gerakan seperti menyapu. Selalu ingat, semprotkan APAR ke sumber api, bukan ke lidah api

Jangan Panik! APAR memang bersifat hanya sebatas memadamkan api pada awal kebakaran kecil dan dalam waktu tidak lebih dari 3 menit untuk bahan cair dan gas, serta tidak lebih dari 10 menit untuk bahan padat. Segera hubungi pemadam kebakaran terdekat untuk penanganan kebakaran lebih lanjut.