Mobil mungkin sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari akitivitas Anda sehari-hari. Aktivitas yang mengharuskan Anda untuk ke kantor, meeting, hang out akan terbantu dengan adanya mobil. Dengan mobil, Anda tidak perlu repot berdesak-desakan naik angkutan umum atau pun menunggu kendaraan dalam waktu yang lama. Sebagai pemilik mobil yang setiap harinya menggunakan kendaraan ini untuk beraktivitas sudah sewajibnya melengkapi dengan perlengkapan darurat untuk di mobil.

Apa saja yang harus selalu tersedia di dalam mobil?

Seperti yang kita ketahui resiko berkendara sangat besar, bahkan mungkin sebagian dari Anda ada juga yang pernah mengalami kejadian mobil mogok di tengah jalan, ban bocor, mesin panas, dan masih banyak lagi masalah yang sering ditemui oleh pengguna mobil. Kejadian-kejadian tersebut tentunya terjadi tanpa direncanakan. Oleh karena itu, membawa perlengkapan darurat untuk di mobil penting untuk membantu Anda apabila keadaan tersebut terjadi.

Berikut adalah 2 peralatan otomotif yang menjadi perlengkapan darurat untuk di mobil:

1. Dongkrak dan kunci roda

dongkrak mobil
Dongkrak Mobil

Masalah yang paling sering terjadi saat berkendara adalah ban bocor. Kontur jalan yang tidak rata dan rusak menjadi penyebab terbesar terjadinya ban bocor atau malah sobek. Belum lagi kejahatan yang dilakukan oleh oknum dengan menyebarkan paku di jalan. Dongkrak dan kunci roda merupakan alat wajib yang harus ada di mobil Anda karena dongkrak mobil dan kunci roda merupakan perlengkapan utama untuk membantu Anda membuka dan mengganti ban bocor Anda dengan ban cadangan.

2. Kabel jumper

kabel jumper
Kabel Jumper Aki

Masalah kedua yang banyak terjadi adalah mobil mogok. Biasanya penyebab terjadinya mobil mogok adalah adanya masalah di accu. Kabel jumper berfungsi untuk mengalirkan listrik dari kendaraan lain. Jadi saat Anda mengalami masalah di jalan, Anda bisa meminjam listrik dari mobil lain untuk membantu menghidupkan kembali mobil Anda. Tak ada salahnya untuk selalu menyimpan kabel jumper di bagasi Anda, akan sangat bermanfaat bagi Anda dan orang lain.

3. Tali derek

tali derek mobil
Tali Derek

Jika cara nomor 2 sudah dilakukan tapi mobil Anda masih belum bisa menyala maka kemungkinan ada masalah lain di mesin yang menyebabkan mobil mogok. Untuk mengetahui penyebab dan memperbaikinya maka mobil Anda harus dibawa ke bengkel atau dibawa pulang ke rumah. Agar lebih mudah, pastikan Anda memiliki tali derek yang bisa dipakai untuk menarik mobil Anda.

4. Kotak perkakas untuk mobil

Kotak ini berisi peralatan seperti kunci pas, kunci inggris, obeng, tang, lakban, dan lain-lain. Dengan adanya alat ini Anda bisa mengatasi apabila terjadi masalah kecil pada mobil Anda.

A photo posted by Ruparupa (@ruparupacom) on

5. Senter

Alat ini akan sangat berguna apabila Anda mengalami masalah saat malam hari. Senter akan membantu Anda saat harus mengganti ban di malam hari, sebagai penerangan saat mencari barang di daerah yang tidak terjangkau oleh lampu mobil, bahkan untuk memberikan signal darurat di malam hari.

Jika perlengkapan darurat untuk di mobil sudah tersedia di mobil Anda, pastikan Anda tahu cara menggunakannya. Jangan sampai peralatan itu hanya akan menjadi penghias mobil Anda saja. Untuk Anda yang masih belum mempunyai perlengkapan darurat di mobil, segera lengkapi mobil Anda dengan peralatan tersebut.

Temukan  beragam pilihan kebutuhan otomotif Anda disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here