Ini Cara Pakai Masker Double yang Benar Saat Pandemi

0
1589
cara pakai masker dobel
Sumber : Unsplash.com

Meningkatnya kasus penularan Covid-19 varian Omicron mengharuskan kita untuk menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Bagi kamu yang perlu melakukan WFO, sangat penting untuk tetap menjaga jarak dan memakai masker double atau ganda.

Lantas, bagaimanakah cara pakai masker double yang tepat untuk mendapatkan tingkat efektivitas yang paling tinggi? Yuk, simak berikut ini.

Ruparupa Banner

Cara Pakai Masker Double atau Ganda yang Benar

Selama masa pandemi, kita harus terus menggunakan masker saat bepergian untuk mencegah penyebaran virus melalui droplet.

Pemerintah pun menganjurkan ada 3 jenis masker yang dapat digunakan oleh masyarakat, yakni masker KN95, masker medis, dan masker kain.

Selain itu,  masyaraka juga disarankan untk menggunakan masker double guna meningkatkan efektivitas masker. Namun, penggunaan masker ganda ini tidak boleh sembarangan.

Biasanya, masker double digunakan dengan cara memakai masker medis, lalu pada lapisan atasnya baru memakai masker kain. Penggunaan masker ganda ini dapat memberikan perlindungan hingga 96,4%. 

jenis masker yang dianjurkan
Sumber : Unsplash.com

Masker kain yang berada di atas masker medis dapat menutup celah-celah longgar yang ada saat kita hanya memakai masker medis sehingga dapat meningkatkan perlindungan diri.

Hal yang perlu kamu ingat adalah penggunaan masker double ini hanya untuk kombinasi masker medis dan masker kain ya, Ruppers. Hindari merangkap masker medis dengan masker medis. 

Sedangkan untuk masker KN95, kamu tidak perlu mengombinasikannya dengan masker lain. Soalnya, masker ini sudah memiliki tingkat proteksi dan penyaringan udara yang baik. 

Baca Juga:   Traveling di Tengah Pandemi, Cek Perlengkapannya di Sini

Agar pemakaian masker double lebih tepat, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

1. Gunakan masker medis sebagai lapisan pertama terlebih dahulu. Tekanlah bagian kawat masker medis mengikuti bentuk hidung untuk menutup celah pada bagian atas masker.

2. Pasang master kain dengan 3 lapisan di atas masker medis. Lalu, pastikan masker kain pas dengan wajah sehingga mampu menutupi celah dari masker medis.

3. Sebagai percobaan, kamu bisa menghembuskan napas. Tujuannya adalah untuk memeriksa apakah ada udara dari sisi atas dan samping masker. Apabila masih ada, kamu bisa mengatur ulang kembali posisi masker.

4. Pastikan masker nyaman digunakan. Jadi, kamu masih bisa membuat bernapas dan tidak menutup penglihatan.

Cara Meningkatkan Efektivitas Masker

meningkatkan efektivitas masker
Sumber : Unsplash.com

Nah, kamu juga bisa melakukan cara-cara berikut ini untuk meningkatkan efektivitas dari masker yang digunakan.

1. Gunakan masker 3 lapis untuk memberikan perlindungan yang lebih tinggi

2. Tambahkan filter pada masker kain untuk menyaring virus dan bakteri lebih baik.

3. Ikat tali pengait masker pada telinga di sisi tepi masker hingga membentuk simpul di dekat masker

4. Gunakan mask fitter atau mask braces untuk menyangga dan menekan masker medis guna menutup celah pada masker.

Tips Melepaskan Masker Double

Setelah kembali ke rumah, kamu bisa membuka masker tersebut. Namun, pertama-tama pastikan kamu sudah mencuci tangan sampai bersih.

Baca Juga:   Ini Efek Samping Vaksin Booster yang Perlu Kamu Tahu

Lalu, buka lapisan pertama masker terlebih dahulu. Kamu bisa langsung mencuci dan merendam masker kain dengan air panas bersuhu 50-60 derajat.

Setelah itu, gosok masker kain secara perlahan dan bilaslah masker kain dengan deterjen. Bila sudah bersih, kamu bisa mengeringkannya di bawah sinar matahari dan menyetrikanya, sebelum menggunakan kembali.

Untuk masker medis, hindari melepaskannya melalui bagian depan karena akan membuat virus dan kotoran berpindah ke tangan. 

Lepaskanlah melalui bagian tali di belakang telinga atau kepala dan rusak masker dengan cara menggunting tali atau penutupnya. Kemudian, buanglah ke tempat sampah, lalu cuci tanganmu dengan sabun dan air mengalir.

Nah, itu dia cara menggunakan masker dobel yang perlu kamu ketahui. Tetaplah waspada dan ikuti langkah-langkah di atas agar bisa mengurangi risiko tertularnya virus Covid-19 ya, Ruppers.

Kamu bisa mendapatkan beragam jenis masker untuk perlindungan diri melalui Ruparupa.com, seperti rekomendasi berikut ini.

masker disposable 50 pcs
S Sip Set 50 Pcs Masker Anti Virus 3 Lapis Disposable dapatkan hanya di Ruparupa.com
Disposable face mask 50 pcs dengan kemampuan filtrasi 90% untuk melindungi tubuh dari paparan virus dan bakteri.

Beli di sini

masker KN95
Krisbow Set 5 Pcs Masker Pelindung Kn95 dapatkan hanya di Ruparupa.com
Masker KN95 dengan 5 lapisan untuk melindungi dari penularan virus, bakteri, dan penyakit lainnya.

Beli di sini

 

masker kain 3 lapis
Set 3 Pcs Masker Kain 3 Lapis dapatkan hanya di Ruparupa.com
Masker kain 3 lapis terbuat dari bahan katun berkualitas sehingga lembut di wajah dan dapat dicuci.

Beli di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai alat kesehatan dari merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, Krisbow, dan masih banyak lagi ,yang wajib kamu miliki dalam situasi pandemi saat ini. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi ruparupa.com sekarang juga!