Pohon Gaharu, Pohon Termahal di Dunia

0
26656
pohon gaharu

Mungkin kita sudah sering mendengar pohon jati, meranti, dan ulin. Pohon-pohon tersebut memang sudah umum digunakan sebagai bahan furnitur. Tetapi apakah kalian pernah familiar dengan pohon gaharu? Pohon gaharu termasuk jenis pohon yang cukup langka sehingga kayu dari pohon ini memiliki gelar sebagai kayu termahal di dunia.

Pada tahun 2010, pohon ini memiliki harga US$ 100,000/kg atau setara dengan Rp 1,4 miliar. Di tahun 2015, 1 kilogram kayu gaharu berkisar antara Rp 650.000 sampai dengan Rp 400 juta, tergantung dari kualitas kayunya. Nah, Ruppers, sudah penasaran belum dengan gaharu? Yuk lihat fakta dan manfaat dari pohon gaharu!

Ruparupa Banner

Sekilas info tentang pohon gaharu

pohon gaharu
sumber: flickr.com

Gaharu adalah pohon dari genus atau marga Aquilaria yang umumnya tumbuh di daerah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Awalnya, pohon Aquilaria merupakan pohon yang sehat. Inti dari pohon itu tidak memiliki bau, berwarna pucat sehingga tidak ada yang spesial dari pohon itu. Namun, pohon tersebut bisa terluka karena kulitnya yang terkelupas atau ada dahan yang patah sehingga menyebabkan munculnya infeksi jamur Phialophora parasitica di pohon tersebut.

Sebagai sistem pertahanan, pohon tersebut menghasilkan suatu senyawa fitoaleksin. Senyawa tersebut menghasilkan resin aromatik yang diinduksi stres yang disebut aloes, yang berwarna gelap dan lembab. Selama beberapa tahun, aloes perlahan-lahan tertanam di inti kayu untuk membuat gaharu. Apabila infeksi menang atas sistem pertahanan pohon, maka gaharu tidak akan terbentuk.

Baca Juga:   7 Bunga Ungu untuk Mempercantik Hunian

Manfaat dari Pohon Gaharu

Pohon Gaharu Sebagai Bahan Pembuatan Parfum

essential oil
sumber: pixabay.com

Minyak gaharu sejauh ini merupakan minyak atsiri paling berharga di dunia, dengan harga mencapai US$ 50.000 hingga US$ 80.000 per liter. Industri perisa dan wewangian sangat banyak menggunakan gaharu. Sebagian besar perdagangan internasional gaharu adalah untuk produksi parfum yang bertujuan untuk kebutuhan estetika dan religius. 

Gaharu memiliki aroma yang benar-benar unik yang tidak dapat dibandingkan dengan wewangian lainnya. Aroma gaharu memiliki eksotis yang dalam, kaya, manis, hangat, kayu, tembakau madu, aroma bersahaja dengan nada musky kebinatangan. Minyak oud merupakan dasar dari parfum Arab legendaris yang terkenal sebagai Oud.

Pohon Gaharu Bermanfaat Sebagai Obat-obatan

gaharu bermanfaat sebagai obat-obatan
sumber: commons.wikimedia.org

Gaharu memiliki banyak manfaat dalam dunia perobatan. Di Asia Timur, gaharu berfungsi sebagai pereda nyeri dan meredakan asma. Di Malaysia, orang-orang mencampurkan gaharu dengan minyak kelapa sebagai obat gosok. Lalu gaharu juga berfungsi menyembuhkan penyakit kuning. Di Mesir, Arab dan di seluruh bagian timur laut Bangladesh, gaharu memiliki peran sebagai stimulan, tonik jantung dan obat menghilangkan kembung. 

Baca Juga:   10 Tanaman Rambat Berbunga dan Cara Merawatnya

Gaharu Banyak Menjadi Aromaterapi

Aromaglow Minyak Aromaterapi Rustic Pine

Saat digunakan dalam aromaterapi, minyak gaharu dapat membantu mengatasi kecemasan, stres, depresi, dan gangguan sistem saraf lainnya.

Gaharu Sebagai Bahan Untuk Kebutuhan Religius

incense
sumber: pixnio.com

Di Timur Tengah, mereka menggunakan gaharu sebagai attar dan dupa agar-agar dan minyaknya juga berfungsi sebagai bahan dasar parfum dan formulasi minyak atsiri.

Buat Kulit Menjadi Awet Muda

face massage
sumber: pixnio.com

Daun gaharu juga bisa sebagai anti penuaan kulit. Teh daun kayu gaharu bermanfaat untuk menghilangkan merkuri dalam tubuh, sehingga menurunkan risiko gangguan saraf merkuri dan dapat mencegah penuaan kulit. Teh daun kayu bisa menghilangkan toksik merkuri dalam tubuh kita. Oleh karena itu, kulit bisa menjadi sehat dan bebas noda atau penuaan kulit.

Itulah manfaat-manfaat yang gaharu bisa berikan. Bagi kalian yang ingin membuat ruangan menjadi harum dan segar, kalian bisa beli minyak aromaterapi dan lilin aromaterapi yang berkualitas hanya di Ruparupa. Yuk beli dan dapatkan promo-promo yang menarik!