Pertolongan Pertama dengan Kompres Gel

0
395
kompres gel

Sejak dulu kompres sudah digunakan sebagai salah satu pertolongan pertama terbaik untuk meredakan rasa sakit. Dalam menangani beragam penyakit, ada dua macam penggunaan kompres yang bisa Anda gunakan, yaitu kompres hangat dan kompres dingin. Perlu diketahui bahwa penanganan penyakit yang berbeda akan sangat mempengaruhi penggunaan jenis kompresnya, begitu pula dengan efek yang nantinya akan ditimbulkan.

Selain demam, kompres juga dapat membantu meringankan gejala penyakit lain. Umumnya menjelang menstruasi, sebagian besar perempuan mengalami nyeri dan kram perut. Kompres hangat dapat meredakan nyeri dan kram karena membantu melancarkan peredaran darah. Untuk keluhan lain seperti memar atau bengkak akibat cedera fisik, rasa sakit dapat diredakan dengan bantuan kompres dingin. Suhu dingin dapat meminimalisir pembengkakan di sekitar cedera dan membantu mengurangi rasa sakit.

Dahulu kompres hanya menggunakan selembar kain yang direndam air dingin untuk kompres dingin atau direndam air hangat untuk kompres hangat. Setelah itu muncul kompres berbentuk wadah dari bahan karet yang dapat diisi air dingin maupun air hangat, dan wadah tersebut dapat menahan suhu dingin maupun hangat selama beberapa saat sehingga tidak perlu bolak-balik mengisinya dengan air hangat atau dingin. Kompres wadah karet lebih praktis dari pada kompres kain, namun bentuknya cukup besar sehingga tidak mudah dibawa-bawa.

Seiring kemajuan teknologi, kini hadir kompres gel yang semakin mudah digunakan dan dapat dibawa kemana saja.

Galena Gel Kompres Terapi merupakan salah satu kompres gel yang terbuat dari bahan berkualitas dan dapat digunakan untuk mengompres hangat maupun dingin. Cara pemakaiannya pun mudah. Untuk mendapatkan kompres dingin, masukkan kompres gel ke dalam lemari pendingin beberapa saat, lalu letakkan pada bagian tubuh yang perlu dikompres. Sedangkan untuk mendapatkan kompres hangat, masukkan kompres gel ke dalam microwave atau rendam ke dalam air hangat beberapa saat sebelum digunakan.

Sebagai pertolongan pertama, penggunaan kompres gel harus dilakukan dengan hati-hati pula. Konsultasikan kepada dokter langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mengompres. Gunakan suhu yang tidak terlalu ekstrem (tidak terlalu panas untuk kompres hangat, dan tidak terlalu dingin untuk kompres dingin) agar tidak melukai jaringan kulit maupun memperparah kondisi yang dialami. Jika kondisi berlanjut atau memburuk, segera temui dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih menyeluruh.

Bagi Anda yang membutuhkan kompresĀ gel sebagai pertolongan pertama untuk keluarga di rumah, Anda bisa menemukannya di Ruparupa.com.

Ruparupa.com menyediakan Galena Gel Kompres Terapi yang mampu menghantarkan suhu panas atau dingin sesuai kebutuhan Anda. Selamat mencoba!