Cara Mudah Membuat Permen Dalgona ala Squid Game

0
1003
cara membuat permen dalgona

Serial Squid Game sedang viral dan menjadi omongan orang-orang saat ini. Bagaimana tidak? Drama Korea dengan genre survival thriller ini mampu membuat orang terpukau dengan aksi-aksi dan jalan ceritanya yang menarik. Squid Game memperkenalkan permainan anak-anak dari Korea Selatan, yang salah satunya adalah permen dalgona atau ppopgi. Permen dalgona atau dalgona candy ini masuk menjadi salah satu tantangan bagi para peserta untuk lolos dari permainan Squid Game ini. 

Dalam episode 3 film ini, para peserta diberikan permen dalgona dengan berbagai cetakan dan mereka harus memotongnya menggunakan jarum kecil. Mereka harus memotong permen tersebut dengan sempurna tanpa boleh ada yang patah. Jika ada yang patah, pasukan Squid Game yang mengawasi akan langsung menembaknya. 

memotong permen dalgona
Sumber : carvingajourney.com

Kamu tertarik mencoba memotong permen dalgona ini ? Cara membuatnya sangat mudah. Kamu juga tidak memerlukan banyak alat dan bahan, gunakan saja yang ada di rumahmu. Tentunya kamu penasaran kan bagaimana cara membuat permen maut dari serial Squid Game ini? Yuk simak resep berikut !

Resep Dalgona Candy

Bahan : 

  • 1 sdm gula pasir 
  • ⅛ sdt baking soda

Alat :

  • Sendok stainless atau panci anti lengket
  • Sumpit logam
  • Alat press atau bisa juga menggunakan mangkok stainless dengan bagian bawah datar
  • Cetakan kue
  • Alas kue silikon
  • Loyang
membuat permen dalgona
Sumber : mitziemee.com

Cara Membuat Permen Dalgona

  1. Panaskan sendok stainless atau panci anti lengket di atas api
  2. Tuangkan 1 sdm gula pasir ke atas sendok atau panci anti lengket tersebut, panaskan dengan api kecil agar tidak gosong
  3. Aduk gula menggunakan sumpit hingga larut dan menjadi berwarna keemasan
  4. Tambahkan ⅛ sdt baking soda, aduk secara kuat selama 5 sampai 10 detik hingga rata dan berbuih tanpa ada gumpalan
  5. Angkatlah dan tuang adonan tersebut ke atas loyang atau alas kue silikon, kemudian pipihkan menggunakan bagian bawah mangkok yang datar
  6. Sebelum permen mengeras sepenuhnya, segera cetak sesuai bentuk yang kamu inginkan dengan menekan cetakan selama 5 sampai 10 detik.
  7. Diamkan dalgona hingga mengeras sepenuhnya sekitar 2 sampai 3 menit
  8. Permen dalgona kamu siap untuk langsung dimakan atau dipotong sesuai bentuk cetakannya.

Saat memotong bentuk permen dalgona, jangan lupa untuk selalu berhati-hati agar potongannya tidak patah. Butuh kesabaran tinggi untuk dapat memotongnya dengan sempurna tanpa mematahkannya. Jangan sampai patah ya, Ruppers. Pasukan squid game mengawasi kamu loh. Kamu dapat mencoba trik dari film Squid Game untuk dapat memotong permen dalgona dengan mudah, yaitu dengan menjilatnya dari bagian belakang hingga tipis, kemudian memotongnya. Tetapi tidak masalah jika kamu ingin langsung memakannya tanpa harus memotongnya terlebih dahulu. 

Tips membuat dalgona candy

Pastikan kamu menggunakan peralatan yang berkualitas, seperti panci anti lengket dan cetakan kue yang bervariasi. Dengan menggunakan panci anti lengket, hasil dari dalgona candy kamu akan lebih cantik dan mudah diaduk. Selain itu, agar permen kamu tidak lengket saat di tekan, olesi sedikit minyak pada alat press yang kamu gunakan. Ingatlah untuk tidak meletakkan permen dalgona kamu di atas api terlalu lama ya, karena hal tersebut dapat membuatnya menjadi gosong. 

Kamu dapat membeli panci anti lengket berkualitas, cetakan kue bervariasi, dan juga alat-alat lain untuk membuat permen ini di Ruparupa.com. Berikut adalah beberapa rekomendasi produk dari Ruparupa.com yang dapat kamu beli untuk membuat permen dalgona ala serial Squid Game ini :

Wiltshire Set 8 Pcs Cetakan Kue
Wiltshire Set 8 Pcs Cetakan Kue beli di Ruparupa.com.
Cetakan kue ini memiliki banyak variasi seperti pada serial Squid Game.
Tasty 16 Cm Panci Masak Anti Lengket Dengan Tutup Kaca
Tasty 16 Cm Panci Masak Anti Lengket Dengan Tutup Kaca beli di Ruparupa.com.
Panci anti lengket ini dapat membantu kamu membuat permen dalgona yang bagus tanpa khawatir akan lengket.