Permen Dalgona Squid Game Penentu Kehidupan

0
3179

Drama korea Squid Game sukses menjadi perbincangan hangat warganet. Secara singkat, drama bergenre thriller ini mengisahkan tentang 456 orang yang putus asa akibat terlilit hutang dan akhirnya memutuskan untuk mengikuti 6 babak permainan anak-anak. Eittss.. Bukan sekedar permainan biasa, namun setiap babak dalam permainan ini akan mengeliminasi peserta dengan nilai yang setara dengan nyawa mereka. Pada akhirnya, permainan berbahaya ini hanya akan terdapat satu juara utama yang memperoleh 45.6 milliar won.

Salah satu sesi permainan yang paling menarik perhatian adalah tantangan memotong permen dalgona sesuai dengan bentuk yang sudah ditentukan. Bukan hanya sekedar memotong, namun mereka wajib memanfaatkan jarum untuk membentuk potongan tersebut. Jika peserta gagal dan merusak bentuk cetakan dari permen tersebut, maka akan dianggap kalah dan dieliminasi dari permainan dengan kematian.

Ruparupa Banner

Apa itu permen dalgona

bentuk permen dalgona squid game
Sumber: netflix.com/@squidgame

Permen dalgona atau ppopgi merupakan permen khas traditional asal Korea Selatan. Jajanan tradisional ini terbuat dari 2 bahan utama, yaitu gula dan baking soda. Cara membuat permen dalgona ini juga tergolong cukup mudah. Kamu cukup melelehkan gula pada suhu kecil dengan menggunakan wajan antilengket. Setelah gula mencair, kamu dapat menambahkan sejumput baking soda. Tak lama, ketika adonan mulai berbuih, kamu tinggal menuang adonan tersebut ke permukaan yang rata dan kamu cetak sesuai keinginanmu.

Baca Juga:   Film Minggu Ini 4 - 10 MARET

Baca juga Cara Mudah Membuat Permen Dalgona ala Squid Game

Kunci keberhasilan dari permen dalgona ini adalah suhu api dan penggunaan wajan antilengket agar gula yang meleleh tidak membekas dan merusak wajan.

Sejarah permen dalgona

sejarah permen dalgona squid game
sumber: foodnetwork.com

Permen dalgona ini telah populer sejak tahun 1960-an di kota Busan. Pada masa dahulu, popularitas permen ini menjadi hiburan kecil bagi masyarakat Korea. Seperti ala challenge, kala itu penjual akan memberikan permen dalgona gratis kepada para pembeli yang berhasil memotong permen mengikuti bentuk cetakan dengan menggunakan jarum. Namun, lambat laun permen ini semakin tidak diminati dan kini menjadi jajanan tradisional pada pusat wisata ataupun pinggir jalan di Korea Selatan.

Fakta menarik permen dalgona squid game

permen dalgona squid game 001
Sumber: netflix.com/@squidgame

Game yang terlihat asik dan menantang ini membuat warganet merasa tertantang untuk mencoba dan membagikan hasil eksperimen mereka di media sosial. Namun, rupanya permen dalgona ini memiliki tiga fakta menarik, loh. Ini dia tiga fakta menarik permen dalgona yang belum banyak diketahui.

Permen manis jajanan kaki lima Korea Selatan

Permen dalgona atau ppopgi ini rupanya telah hadir cukup lama sebagai cemilan sekaligus permainan masa kecil sejak tahun 1960-an. Rasanya yang manis serta asiknya tantangan permainan berhadiah ini membuatnya semakin digemari. Tak mengherankan lagi bila masyarakat Korea sudah menganggap ppeopgi sebagai makanan nostalgia masa kecil mereka.

Baca Juga:   Film Pekan Ini 9-15 Desember 2017

Tahun lalu juga sempat viral

Tidak hanya hadir dalam bentuk permen, pada masa awal pandemi Covid-19 tahun 2020, permen dalgona sendiri dikreasikan menjadi beragam dessert, salah satunya adalah es kopi dalgona kocok. Ide pembuatannya sendiri terinspirasi dari permen dalgona namun konsep yang diterapkan adalah dengan mengaduk espresso dalam waktu yang lama hingga mengembang menghasilkan gumpalan foam kopi.

Tekstur yang rapuh

Berbeda dengan tekstur permen pada umumnya. Permen dalgona ini memiliki tekstur yang rapuh dan juga renyah. Hal ini dikarenakan penggunaan pengembang sebagai salah satu bahan baku utama yang tidak digunakan pada permen lainnya. Maka dari itu, pada saat permainan berlangsung, para peserta Squid Game terlihat panik karena mereka harus memanfaatkan jarum yang berujung tajam untuk memotong bentuk permen tersebut.

Bagiamana? Kira-kira kamu tertarik untuk mencoba permainan yang satu ini di rumah tidak? Berikut merupakan sejumlah rekomendasi produk yang dapat kamu gunakan untuk mencoba membuat permen dalgona ala Ruparupa.com.

Dapatkan wajan antilengket kualitas terbagus hanya di Ruparupa.com
Cetakan kue 8 pcs hanya di Ruparupa.com