8 Rekomendasi Alat Makan Bayi yang Wajib Ibu Miliki

0
498
alat makan bayi
Sumber: Freepik

Menyambut kelahiran si kecil, tentu banyak hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari perlengkapan sampai alat makan bayi harus kita miliki di rumah.

Apalagi, seiring perkembangan bayi, pola makannya pun akan ikut berubah. Bila bayi berusia 0-6 bulan biasanya hanya minum susu, maka ketika ia sudah memasuki 7 bulan, mereka pun sudah bisa mengonsumsi MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Ruparupa Banner

Inilah yang kerap membuat kita bingung, sebenarnya perlengkapan bayi apa saja yang sebenarnya harus kita miliki di rumah? Lalu, apa saja peralatan makan bayi yang cocok untuk si kecil?

Daftar Perlengkapan dan Alat Makan Bayi

Tenang saja, untuk menjawab pertanyaan kamu tersebut, kami sudah memiliki beberapa daftar pelengkapan dan alat makan bayi yang perlu kamu siapkan. Apa saja itu?

1. Botol minum

Untuk memastikan kebutuhan cairan si kecil tetap terjaga, kamu harus rajin memberikan minuman. Apalagi, ketika bayi sudah mulai mengonsumsi MPASI.

Namun, tidak seperti orang dewasa, terkadang para bayi masih kesulitan untuk minum langsung menggunakan gelas.

Botol minum ini juga bisa kamu gunakan untuk jus buah, susu, dan minuman lainnya untuk kebutuhan si kecil. Tipsnya, gunakan botol minum yang memiliki sedotan untuk memudahkan si kecil untuk minum, seperti rekomendasi produk berikut.

botol minum bayi
Botol Minum Okiedog Freckles Tritan Sippy Cup Butterfly Yellow – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

2. Slader silikon

Perlengkapan makan bayi berikutnya yang harus dimiliki adalah celemek bayi atau yang lebih dikenal dengan sebutan slader.

Celemek bayi adalah alat yang bisa kamu gantungkan di leher bayi saat mereka sedang makan. Tujuan menggunakan slader silikon adalah untuk mencegah noda makanan jatuh ke pakaian si kecil.

alat makan bayi
Sumber: Freepik

Untuk memudahkan dalam membersihkan noda di slader, sebaiknya kamu gunakan slader yang berbahan silikon yang tidak menyerap kotoran, seperti produk berikut ini.

3. Sendok dan garpu

Kamu juga perlu mengajarkan si anak untuk berkembang dengan memberi mereka alat makan sendiri, terutama bila bayi sudah memasuki usia 9 bulanan.

Nah, perlengkan makan bayi berbentuk sendok dan garpu biasa tidak tajam dan berbahaya, seperti produk berikut.

alat makan bayi
Edison Mama Set Alat Makan Bayi – Biru – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

sendok dan garpu bayi
Edisonmama Set Alat Makan – Pumpkin Carrot – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Meski bayi bakal makan secara berantakan, tetapi cara ini bisa melatih motorik si kecil dan bisa membuatnya jadi lebih mandiri.

Tipsnya, tahan diri untuk tidak memarahi anak ketika dia menumpahkan makanan. Sebagai gantinya, kamu bisa memberikan mereka semangat dengan mencontohkan hal yang benar.

4. High chair

Kursi makan untuk bayi biasanya memiliki bentuk yang tinggi. Hal ini untuk memudahkan orang tua saat menyuapi makanan.

Selain itu, high chair juga berguna untuk menjaga kenyamanan saat si bayi duduk karena si kursi menjaga agar bayi duduk tegak sehingga tidak mudah tersedak.

alat makan bayi
Sumber: Freepik

Kami memiliki berbagai pilihan kursi makan bayi dengan bahan berkualitas dengan desain elegan, seperti produk berikut ini.

baby high chair
Shawn Kursi Makan Bayi – Putih – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

 

kursi makan bayi
Babyloo Kursi Makan Bayi Telescopic Legs – Biru – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

5. Mangkuk dan piring takar

Mangkuk dan piring takar berguna untuk memastikan takaran makanan yang akan diberikan kepada di bayi. Biasanya, piring takar terdiri dari beberapa sekat, yang akan memudahkan kamu saat memisahkan beberapa jenis makanan.

Selain itu, pastikan kamu memberikan takaran makanan yang tepat karena bayi belum bisa mencerna makanan dengan volume berlebihan. Selain tidak baik untuk pencernaan, makanan berlebihan juga bisa menyebabkan obesitas dini.

Nah, kamu dapat menggunakan mangkuk dan piring bayi yang berwarna-warna dengan gambar lucu, seperti berikut ini.

 

6. Sapu tangan

Sangat wajar jika si kecil makan secara berantakkan. Meski begitu, untuk mencegah kuman menempel pada makanan di wajah, ada baiknya kamu segera melap wajah dan mulut di kecil menggunakan sapu tangan.

Cukup basahi sapu tangan dengan air agar tidak menyakiti kulit bayi, ya. Kamu juga bisa membawa sapu tangan setiap kali berpergian untuk menjaga kebersihan si kecil.

7. Wadah camilan

Wadah camilan akan sangat memudahkan bagi para ibu, terutama saat mengajak anak berjalan-jalan. Kamu bisa meletakkan camilan sehat, seperti buah, sayuran rebus, atau snack khusus bayi.

Namun, hindari memberikan makanan ringan yang mengandung minyak tinggi, seperti gorengan, keripik, dan masih banyak lag,i karena tidak sehat untuk bayi.

Kamu bisa menemukan wadah camilan untuk bayi, seperti produk rekomendasi berikut ini hanya di sini.

wadah camilan
Skip Hop Wadah Camilan Zoo Ladybug – Temukan hanya di Ruparupa.com

8. Twist and feed

Twist and feed adalah inovasi baru yang sangat berguna untuk membantu bayi dalam mencerna makanan, terutama yang belum bisa mereka gigit.

Contohnya, sang bayi belum bisa memakan jeruk dengan benar, karena dia tidak bisa memisahkan biji yang ada di dalamnya.

Kamu bisa menggunakan twist and feed yang memiliki bentuk seperti dot. Biasanya, alat makan ini memiliki ruang untuk memasukan buah-buah, yang kemudian akan disedot sarinya oleh si kecil.

Kamu juga bisa membeli twist and feed untuk bayi kamu, seperti produk rekomendasi di bawah ini, loh.

alat makan bayi
Nuby Twist N Feed Blue Nb238 – Beli hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

dot bayi
Nuby Twist N Feed Pinkpurple Nb238 – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Nah, itu tadi beberapa perlengkapan dan alat makan bayi yang wajib para ibu miliki untuk menambah kenyamanan makan si kecil.

Kamu bisa menemukan berbagai produk di atas hanya di Ruparupa.com. Situs e-commerce yang menyediakan produk home living dari brand terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.