Perbedaan Dua Jenis Kursi Makan Bayi, High Chair dan Booster Seat

0
727
kursi makan bayi

Saat bayi Anda akan mulai memasuki fase MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu), Anda sebagai orang tua mungkin akan berpikir penting atau tidaknya memiliki kursi makan bayi. Apakah bayi akan betah duduk di atas kursinya? Apakah kursi tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang?

Pada bayi yang sudah mulai makan, beberapa aturan makan seperti makan tidak boleh lebih dari 30 menit, tidak ada distraksi seperti televisi atau mainan serta harus dibiasakan duduk di kursi makan adalah hal-hal yang idealnya diterapkan oleh orang tua di rumah saat membersamai buah hatinya makan.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli kursi, Anda harus memastikan bahwa bayi Anda benar-benar sudah bisa duduk mandiri di kursi agar tidak membahayakan dirinya jika belum dapat duduk dengan sempurna. Bayi yang terbiasa makan sambil duduk di kursi makan bayi sejak dini akan lebih disiplin dan selalu bersedia untuk makan di atas kursinya di kemudian hari.

Saat ini, banyak sekali jenis kursi yang tersedia. Namun, secara garis besar kursi makan bayi terbagi dua yaitu high chair atau kursi tinggi dan booster seat. Meskipun keduanya sama-sama merupakan produk kursi untuk digunakan oleh bayi makan, ada banyak perbedaan di antara keduanya yang dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh Anda sebelum memutuskan untuk membeli kursi jenis apa.

Perbedaan Dua Jenis Kursi Makan Bayi

1. Kursi Makan Tipe High Chair

Hauck High Chair Snacky

High chair merupakan jenis kursi yang memiliki desain yang tinggi karena memiliki kaki-kaki kursi yang panjang. Bayi Anda akan didudukkan di atas high chair yang biasanya memiliki pengaman baik pengaman pinggang maupun pengaman badan.

Keunggulan dari kursi tipe high chair adalah sebagai berikut :

  • Memiliki kaki kursi yang cukup tinggi sehingga dapat membuat high chair sejajar dengan meja makan keluarga. Bayi Anda dapat ikut merasakan suasana makan bersama keluarga di meja makan.
  • Disusun dari rangka yang terbuat dari material yang cukup kokoh sehingga banyak yang mengatakan kalau high chair akan lebih awet dan tahan lama.
  • Dilengkapi dengan meja yang cukup lebar sehingga Anda dapat meletakkan piring makan dan gelas minum untuk bayi Anda di atas high chair sekaligus.
  • Dilengkapi dengan pengaman badan dan pengaman pinggang sehingga bayi tidak mudah terjatuh dari atas high chair.
  • Pada beberapa merk high chair, dudukan yang tersedia sangat nyaman dan memfasilitasi untuk bayi-bayi yang baru belajar duduk mandiri.

Selain kunggulan, tentunya high chair juga memiliki kekurangan, antara lain :

  • Berat dan ukurannya kurang pas untuk dibawa bepergian.
  • Bayi membutuhkan bantuan orang dewasa agar bisa duduk di atas kursinya.
  • Sesaat setelah dibeli, Anda harus merakit high chair terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya.
  • Bentuknya yang lumayan lebar serta ukurannya yang cukup besar membuat high chair cukup memakan tempat di rumah Anda.
  • Harganya relative lebih tinggi jika dibandingkan dengan kursi makan bayi tipe booster seat.

2. Kursi Tipe Booster Seat

Apramo Meja Makan Bayi Mobil Flippa – Hijau

Kursi yang memiliki tipe booster seat merupakan jenis kursi bayi yang portable, kursi jenis ini dapat dibawa-bawa karena ukurannya yang kecil dan dapat dilipat. Booster seat juga memiliki tali sambung yang dapat dipasangkan pada kursi makan dewasa sehingga bayi Anda juga dapat merasakan dan ikut makan bersama dengan keluarga.

Keunggulan yang dimiliki oleh booster seat antara lain adalah sebagai berikut :

  • Portable sehingga mudah untuk dibawa ketika bepergian
  • Dapat digunakan di lantai jika Anda dan anggota keluarga lainnya makan secara lesehan, dapat pula disambungkan ke atas kursi makan orang dewasa sehingga bayi Anda bisa ikut makan bersama di meja makan.
  • Ukurannya minimalis sehingga tidak akan menghabiskan banyak tempat di dalam rumah Anda.
  • Saat diletakkan di bawah, anak Anda dapat berjalan dan duduk secara mandiri di atas booster seat tanpa bantuan orang dewasa.
  • Harganya terjangkau.

Kekurangan dari booster seat adalah sebagai berikut :

  • Meja yang melengkapi kursi pada booster seat memiliki ukuran yang cukup kecil dan sempit
  • Tidak banyak pilihan model yang ditawarkan
  • Sistem pengaman hanya mengandalkan pengaman perut, tidak ada pengaman badan seperti yang terdapat pada high chair.
  • Dudukan yang terdapat pada kursinya tidak terlalu empuk.

Kursi makan bayi tersebut dapat Anda temukan di ruparupa.com. Di sana ada banyak penawaran kursi makan bayi dengan kualitas dan harga yang terbaik. Ruparupa sudah terpercaya melayani pelanggan dan mendapatkan tanggapan positif dari konsumennya.

Semoga Anda dapat segera menentukan pilihan kursi makan bayi Anda.