7 Alat Berkebun yang Wajib Kamu Punya Di Rumah

0
384

Apakah kamu suka berkebun? Atau mungkin baru tertarik mempelajari dunia bercocok tanam? Bila ya, ternyata membuat taman di rumah cukup mudah, lho. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa alat berkebun.

Apalagi, berkebun tak hanya bisa membuat rumah tampak lebih segar dan asri, tetapi juga bisa menjaga kesehatan jiwa raga.  Selain itu, berkebun bisa jadi sarana olahraga agar tubuh aktif bergerak.

Ruparupa Banner
peralatan essensial untuk berkebun
Sumber: unsplash.com

Lalu, Alat Berkebun Apa Saja yang Wajib Kita Miliki di Rumah?

Nah, agar kamu lebih mudah saat merawat tanaman di rumah, kamu perlu memiliki beberapa alat berkebun berikut ini. 

1. Sarung Tangan

Agar tangan tidak tertusuk duri dari tanah, akar tanaman, atau benda tajam lainnya, pastikan kamu menggunakan sarung tangan saat berkebun.

Pilih ukuran sarung tangan yang pas agar lebih nyaman saat digunakan. Kamu bisa memilih sarung tangan yang punya ruang untuk keluar masuk udara agar tangan tidak mudah berkeringat.

Selain itu, pastikan sarung tangan tahan air dan agak panjang supaya pergelangan tangan tidak mudah terluka dan tanah tidak masuk ke dalam. Nah, berikut rekomendasi sarung tangan buat berkebun yang bisa kamu gunakan di rumah.

alat berkebun wajib ada
Yardsmith Sarung Tangan Berkebun Pria Ukuran 8 – Hijau

Beli di sini

perlengkapan berkebun sarung tangan
Yardsmith Sarung Tangan Berkebun Dengan Cakar – Hijau

Beli di sini

2. Gunting Dahan

Agar tanaman hijau di rumah terlihat cantik, kamu perlu rutin memangkas dahannya. Nah, pastikan kamu memakai gunting dahan, yang ukurannya lebih besar dan berbentuk bengkok.

Baca Juga:   8 Olahraga Kardio Terbaik yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Gunting ini memang diciptakan untuk memudahkan kamu saat memangkas dahan tanaman. Agar hasil potongan dahan tetap rapi, pastikan kamu menggunakan gunting yang tajam, seperti di bawah ini.

alat berkebun
Krisbow Gunting Dahan 8.3/8 Inci

Beli di sini

alat berkebun
Krisbow 20 Cm Gunting Dahan

Beli di sini

alat berkebun

3. Garpu Taman

Peralatan berkebun berikutnya yang wajib kamu punya adalah garpu taman. Sama seperti namanya, garpu taman memiliki bentuk yang mirip dengan garpu makan, tetapi bentuknya lebih besar.

Garpu taman digunakan untuk menggali tanah yang padat, mencampur tanah, dan masih banyak lagi. Berikut rekomendasi garpu taman yang bisa kamu gunakan di rumah.  

alat berkebun
Garpu Taman Plastik

Beli di sini

alat berkebun garpu taman
Garpu Taman Nylon

Beli di sini

4. Sekop Tangan

Sekop berfungsi untuk memudahkan kamu saat memindahkan tanaman, mengambil, atau menggali tanah. Namun, pastikan ukuran sekop pas di genggaman tangan. Kamu bisa menggunakan bahan sekop dari baja yang anti karat supaya lebih tahan lama.

Berikut rekomendasi sekop berbentuk persegi yang bisa kamu gunakan di rumah.

alat berkebun sekop taman
Krisbow Sekop Persegi S501

Beli di sini

alat berkebun sekop
Krisbow Sekop Taman D Handle

Beli di sini

5. Alat Semprot Tanaman

Salah satu cara merawat tanaman adalah rutin menyiramnya dengan baik. Nah, kamu bisa memakai alat semprot tanaman yang terbuat dari plastik. 

Selain lebih ringan, alat semprot tanaman plastik juga lebih murah. Tipsnya, pilih alat semprot tanaman dengan ukuran yang sesuai kebutuhan kamu. Nah, berikut ini rekomendasi alat semprot tanaman yang bisa kamu gunakan di rumah.

6. Selang Taman yang Bisa Disesuaikan

Selain memakai semprotan tanaman, kamu juga bisa menggunakan selang taman. Biasanya, selang taman memiliki nozzel untuk mengatur tekanan air dan radius semprotannya.

Tips membeli selang taman yang perlu kamu perhatikan adalah mengetahui ukuran luas taman agar kamu bisa menemukan panjang selang yang tepat. Hindari membeli selang yang terlalu pendek karena tidak bisa menjangkau semua bagian taman.

Nah, berikut ini rekomendasi selang taman yang bisa kamu gunakan di rumah.

Selang Taman All Season 5/8 Incix7.62 M

Beli di sini

alat berkebun buat menyiram tanaman
Yardsmith Kepala Selang Adjustable Nozzle

Beli di sini

 

7. Pot Tanaman

Agar tanaman di rumah tampak lebih cantik, kamu bisa menggunakan pot. Bahan pot tanaman cukup beragam, mulai dari keramik, magnesia, hingga plastik. Pastikan kamu memilih ukuran dan pot yang sesuai dengan pertumbuhan tanaman.

Jadinya, tanaman kamu pun bisa tumbuh subur di dalam pot tersebut. Nah, berikut rekomendasi pot tanaman yang bisa kamu gunakan di rumah.

pot tanaman
Kris Garden Pot Tanaman Keramik Isabella 16 Cm

Beli di sini

pot tanaman
Pot Tanaman Dengan Stand Alpecca 28 Cm

Beli di sini

Itu dia alat berkebun essensial yang wajib ada di rumah kamu.

KLIK DI SINI untuk menemukan Perlengkapan berkebun dengan harga terjangkau.

Situs belanja ruparupa.com  juga menyediakan banyak perabot rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

#BerawalDariRumah yang asri dan sejuk, kebahagiaan pun bisa kita rasakan. Selamat berkebun!